Aki adalah salah satu komponen pendorong mesin yang memiliki peran penting bagi sepeda motor. Selain menjadi kunci utama agar starter motor Anda dapat dinyalakan, aki juga berfungsi untuk menyalakan komponen kelistrikan lainnya, seperti lampu utama, lampu sign, dan klakson.

Aki memiliki batas masa pakai hingga 24 bulan. Dalam beberapa kasus, kualitas aki bisa menurun lebih cepat karena kebanyakan sepeda motor modern memiliki lampu standar yang menyala selama mesin motor bekerja. Selain lampu, penggunaan starter elektrik dan klakson juga turut menarik tenaga aki. Kebanyakan pengendara motor, khususnya perempuan lebih memilih untuk menyalakan mesin dengan menggunakan starter listrik saat pertama kali menyalakan mesin motor.

Agar tidak cepat soak, aki juga membutuhkan perawatan. Ada beberapa kinerja yang sebaiknya Anda lakukan terhadap sepeda motor untuk menjaga kinerja aki. Berikut adalah tips kami untuk merawat aki motor anda:

1. Perhatikan Penggunaan Aksesoris Pada Motor Anda

Sebaiknya Anda tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan pada motor. Misalnya mengganti lampu dengan yang membutuhkan suplai listrik lebih tinggi, penambahan perangkat audio, atau mengubah tipe klakson motor melebihi standar pabrikan.

2. Jangan Memaksa Starter Elektrik

Starter elektrik yang menggunakan aki sebagai sumber dayanya. Namun jika tidak bisa digunakan, sebaiknya langsung gunakan starter manual (engkol). Jika dipaksakan, aki akan cepat soak dan akan terus menurunkan daya aki.

3. Panaskan Mesin Sebelum Melakukan Perjalanan

Seiring berjalannya waktu, sel-sel yang terdapat di dalam aki akan menjadi mati (kering). Maka untuk mencegahnya, Anda perlu memanaskan mesin motor setidaknya 8-10 menit sebelum perjalanan. Gunakan starter manual untuk menyalakan motor dan jangan pernah memaksakan penggunaan starter elektrik apabila motor Anda susah dinyalakan.

4. Pastikan Seluruh Lampu Mati

Saat mematikan mesin motor, usahakan agar komponen kelistrikan lainnya seperti head lamp dan lampu sign dalam kondisi mati. Hal ini bertujuan agar pada saat motor akan dinyalakan kembali, konsumsi aki yang dibutuhkan (beban aki) tidak terlalu besar.

7. Periksa Kondisi Kiprok

Kiprok berfungsi sebagai regulator untuk menyuplai listrik ke dalam aki terutama pada tahap pengisian. Jika terdapat indikasi seperti lampu motor yang redup atau menyala dengan tidak stabil, ada kemungkinan salah satu penyebabnya terletak pada kiprok yang mulai rusak dan harus segera diganti.

8. Pastikan Tidak Ada Kebocoran Pada Aki

Jika memang terjadi kebocoran, segera ganti aki lama Anda dengan aki baru yang dijual di bengkel resmi pabrikan motor Anda. Aki yang bocor mengandung bahan yang beracun dan mudah meledak.

Jangan tunggu mesin mati! Segara cek kondisi aki dan pastikan aki motor Anda dalam kondisi yang baik. Jika sudah menunjukan tanda-tanda soak, segera ganti dengan Aki Bosch berteknologi ultra-gel yang dijual secara esklusif. Hanya di Planet Ban!