Sudah ganti ban motor di Planet Ban?

Mengganti ban motor di Planet Ban merupakan pilihan yang tepat untuk para pengguna sepeda motor. Planet Ban menyediakan banyak varian ban untuk setiap jenis motor. Ban harian untuk motor matic dan bebek, ban motor untuk motor sport, hingga ban motor offroad untuk motor trail.

Ban motor yang tersedia di Planet Ban berasal dari berbagai merek dan tipe ban berkualitas. Planet Ban menghadirkan ban Michelin, Pirelli, Aspira Premio, Battlax, Corsa, Maxxis, Swallow, Zeneos, FDR dan IRC serta produk ban motor esklusif seperti Planeto, Freak, Ecomax dan B-Track. Tentunya, ada banyak pilihan ban untuk semua jenis sepeda motor.

Menggunakan ban motor yang sesuai untuk kebutuhan berkendara, sangat dianjurkan. Menggunakan ban yang tidak sesuai dengan kondisi jalan yang dilalaui dapat membahayakan pengendara sepeda motor. Oleh sebeb itu, pastikan ban yang Anda pilih harus kompatibel dengan medan jalan. Menggunakan ban offroad tidak dianjurkan dijalanan aspal, begitu juga dengan penggunaan ban slick di jalanan berlumpur yang dapat membuat motor tergelincir.

Kebutuhan Motor Selain Ban

Sepeda motor merupakan rangkaian mesin beroda dua yang bisa ditunggangi sebagai alat transportasi. Di dalamnya, ada mesin penggerak yang mampu memutar roda belakang untuk melaju dari satu tempat ke tempat lain. Mesin-mesin penggerak tersebut menggunakan energi bahan bakar dan klistrikan. Dibutuhkan juga pelumas untuk mempermudah kinerja mesin agar mampu bekerja dengan baik.

Tidak hanya ban, sepeda motor juga perlu penyegaran pada bagian mesin. Menjaga mesin sepeda motor tetap awet dan prima merupakan hal yang penting. Namun, melakukan perawatan full service di bengkel tentunya akan memakan biaya yang tidak sedikit. Padahal untuk membuat performa mesin tetap tejaga, Anda cukup melakukan langkah sederhana.

Rutin Mengganti Oli Mesin

Mengganti oli mesin adalah langkah yang sederhana untuk merawat mesin. Kandungan oli mesin yang berkualitas juga dapat mempengaruhi permorma motor.

Planet Ban menghadirkan X-Ten Ester Synthetic Oil, oli mesin berkualitas dengan kandungan Ester yang merupakan base oil grup tertinggi saat ini. Oli X-Ten ini dibuat dalam 6 varian sesuai jenis motor yang banyak digunakan.

Oli X-Ten memiliki beragam keunggulan, diantaranya: Degradasi minim dan waktu penggantian 2x lebih lama dari oli biasa; Mesin akan tetap prima pada suhu tinggi dan menjaga Akselerasi dan Engine Power yang sangat baik; Membentuk lapisan pelindung dinding silinder untuk mwlindungi dari gesekan piston sehingga umur mesin menjadi lebih panjang; Kemampuan cleansing tinggi, dapat membersihkan bagian mesin dari sisa pembakaran yang akan mengganggu performa mesin.

Ganti Aki Yang Soak

Tidak hanya oli mesin, mesin sepeda motor juga dipengaruhi oleh tegangan listrik dari aki, terlebih untuk sepeda motor injeksi. Pada sepeda motor injeksi, aki motor memiliki peran besar, dimana sepeda motor, bahkan tidak bisa menyala tanpa adanya aki.

Kelistrikan yang dihasilkan dari aki memiliki fungsi utama untuk menyalakan mesin. Tegangan yang listrik yang tinggi, umumnya dibutuhkan untuk menyalakan mesin dengan electric starter. Meski demikian, kick starter juga tetap membutuhkan tegangan litrik dari aki.

Selain starter mesin, aki juga megaliri tegangan listrik untuk menyalakan lampu. Sejumlah motor injeksi terkini memiliki desain dimana lampu depan akan menyala permanen. Hal ini menarik tegangan listrik selama mesin menyala. Oleh sebab itu, jika kunci berada dalam posisi on, maka mesin harus dinyalakan agar aki kembali terisi.

Aki juga berfungsi untuk aksesoris motor lain seperi klakson. Klakson perlu digunakan saat berada di jalanan menikung untuk memberi tanda agar pengendara dari arah berlawanan tidak mengambil jalur terlalu tengah. Semakin bagus kualitas aki, maka bunyi kelakson akan lebih keras dalam memberi tanda.

Planet Ban menyediakan aki Bosch dengan teknologi ultra-gel dan bergaransi 24 bulan! Selain itu, ada juga aki kering X-Power untuk beragam sepeda motor Anda!

Mengganti Komponen Pengereman

Untuk menahan laju kendaraan, komponen juga harus diperhatikan. Kampas rem berkualitas dapat membantu mengurangi percepatan motor dengan baik. Jika kampas rem sudah menipis, umumnya akan menimbulkan suara yang mengganggu saat melakukan pengereman.

Agar pengereman lebih aman, Anda perlu mengganti kampas rem motor Anda yang mulai menipis. Di Planet Ban, tersedia kampas rem berupa brake shoe dan disk pad dari Aspira dan RCA untuk rem motor Anda.

Dalam pemasangannya, Planet Ban akan membersihkan sela-sela sekitar komponen rem motor agar bersih dari debu yang mengganggu. Daerah sekitar komponen rem harus bersih sebelum dipasang kampas rem baru agar tidak menimbulkan bunyi decitan karena debu.

Cegah Kebocoran Ban

Penggunaan ban tubeless lebih diunggulkan karena mampu menunda kempes dibantingkan ban tubetype. Jika tertusuk benda tajam, ban tubeless tidak langsung kempes, namun masih bisa dilakukan untuk perjalanan hingga beberapa kilometer menuju bengkel terdekat. Namun, bagaimana jika ban tubeless Anda tertusuk benda tajam sehingga bocor dan tidak menemukan jasa tambal ban terdekat?

Planet Ban menawarkan solusi berupa cairan antibocor X-Guard untuk mencegah kebocoran pada ban tubeless. Mengisi ban tubeless dengan X-Guard, membuat lubang akibat benda tajam yang menusuk ban langsung tertutup sehingga nitrogen dalam ban tetap terjaga. Lebih praktis!

Planet Ban memberi banyak solusi untuk kebutuhan sepeda motor Anda. Kebutuhan ban dan perawatan ringan berupa penggantian oli mesin dan aki, bisa dilakukan di Planet Ban terdekat. Tentunya, gratis untuk semua pemasangan ban, ganti oli, aki atau kampas rem.

Kunjungi Planet Ban terdekat di kota Anda untuk memenuhi kebutuhan sepeda motor!