Motor, kendaraan yang menemani setiap langkah perjalanan setiap hari ini tidak jarang hanya sebagai alat saja. Kita optimalkan fungsinya, pakai terus tidak kenal waktu, namun jarang sekali diperhatikan perawatannya. Maka, tidak jarang jika motor yang selalu dipakai namun kurang dirawat akan mengalami kerusakan secara tiba-tiba. Salah satu bagian yang seringkali mengalami kerusakan tiba-tiba karena kurangnya perhatian dalam perawatan adalah ban motor.

Penggunaan motor setiap hari tentunya dapat menjadikan ban semakin cepat gundul dan licin. Karenanya, ban sebaiknya rutin untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan diganti dengan yang baru. Pada dasarnya, ban memang adalah salah satu bagian yang paling penting bagi motor. Kalau tidak ada ban, motor tentunya tidak akan bergerak kemanapun, bukan?

Cara Merawat Ban Motor

Merawat ban motor agar tetap dalam kondisi terbaik sekaligus tahan lama memang tidak mudah. Namun, perhatian yang lebih pada ban motor akan semakin meningkatkan performanya selama digunakan untuk berkendara. Selain itu, ban motor yang baik kondisinya tentu akan mengurangi berbagai risiko buruk yang kemungkinan dapat dialami selama berkendara di jalan raya. Sebagai pengendara, kita harus memperhatikan hal ini. Jalan raya bukan hanya milik kita saja, tetapi juga milik semua pengguna lainnya, baik pengendara, penumpang, juga pejalan kaki.

Perhatikan dan lakukan perawatan pada ban motor dengan 10 cara ini, agar ban tetap dalam kondisi terbaik. Dari 10 cara perawatan ban motor ini, manakah yang sudah menjadi kebiasaan Anda selama ini? Tetap dipertahankan, ya!

1. Perhatikan Tingkat Keausan ban Motor. Semakin sering digunakan, maka ban motor akan semakin cepat aus. Karenanya, rutinlah untuk melakukan penggantian dengan ban motor yang baru.

2. Pilih Dan Gunakan Ban Motor yang sesuai dengan pelek motor. Jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil, pilihlah ukuran yang pas. Jika tidak menggunakan ukuran yang pas, dapat membahayakan saat digunakan berkendara.

3. Hindari mengendarai motor dengan beban yang berlebihan, melewati jalan berlubang, dan melakukan pengereman mendadak. Ketiga hal ini mampu merusak ban motor dengan lebih cepat.

4. Rutin bersihkan kotoran yang ada pada sela-sela ban motor. Penggunaan cairan pengkilap ban motor diperbolehkan, asalkan tidak mengandung zat yang bersifat bahan bakar, misalkan minyak tanah, bensin, solar, dan jenis lainnya.

5. Periksa kondisi pentil ban motor dan pastikan tidak mengganggu kualitas dari ban motor. Pentil ban motor yang buruk ataupun rusak dapat mengakibatkan angin dari ban motor merembes keluar. Akhirnya, ban motor pun akan kempes dan tentunya ini adalah hal yang berbahaya sekali.

6. Tidak perlu lagi memaksakan menggunakan ban motor yang telah berkali-kali ditambal, sebaiknya ganti saja dengan ban motor yang baru.

7. Pastikan dan rutinkan untuk mengecek kondisi bearing ban motor. Adanya goyangan pada leher ban motor mampu membuatnya menjadi lebih cepat tipis. Sehingga, keadaan ini pun harus selalu dihindari.

8. Rutin lakukan pengecekan tekanan angin pada ban motor, setidaknya setiap pekan. Sesuaikan tekanan angin pada ban motor dengan standar yang dimiliki ban dan juga motor.

9. Isi angin ban motor dengan nitrogen yang memiliki kemampuan untuk meredam panas. Adanya nitrogen sebagai angin ban dapat menjaga tekanan angin agar tetap ideal. Partikel gas nitrogen (N2) yang lebih besar dibandingkan oksigen (O2) dapat mencegah terjadinya kebocoran yang dapat menyebabkan tekanan gas pada ban motor semakin berkurang.

10. Motor memang sering digunakan untuk beraktifitas setiap hari, namun sebisa mungkin hindari ban motor dari paparan sinar matahari secara langsung. Jika terus terpapar sinar matahari, ban motor dapat mengalami kerusakan dengan lebih cepat.

Ternyata, memperhatikan dan melakukan perawatan pada ban motor tidak terlalu sulit, ya. Memang butuh perhatian dan kesabaran, namun dapat dibiasakan menjadi rutinitas harian, bulanan, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Selain itu, merawat ban motor tidak selalu dilakukan sendiri oleh pengendara ataupun pemilik motor. Pilihlah sahabat yang tepat untuk bersama menjaga ban motor agar dalam kondisi terbaiknya.

Biasanya, apa alasannya mengapa tidak rutin melakukan perawatan pada ban motor?

planetban.com: Plihan Tepat Untuk Ban Motor

Mungkin, Anda hanya belum terbiasa saja atau belum menemukan sahabat yang tepat. Mungkin juga, Anda belum berkunjung ke Planet Ban. Pelayanan tim Planet Ban yang memuaskan dan profesional, serta harga ban motor yang murah, seharusnya menjadi surga bagi yang ingin selalu menjaga motor dalam keadaan prima.

Kemudahan dan kualitas yang diberikan oleh Planet Ban tidak hanya di bengkel saja, lho. Jika ingin membeli ban secara online pun juga bisa dan mudah. Dengan kemudahan belanja online ban motor di e-commerce Planet Ban www.planetban.com, Anda dapat membeli ban motor dari aneka macam merek yang ditawarkan. E-commerce Planet Ban juga sangat informatif, termasuk informasi price list Planet Ban. Deretan pilihan ban motor dan harga ban motor murah berkualitas dapat dilihat dan dicek langsung di website.

Transaksi di website e-commerce Planet Ban dapat dilakukan cukup dengan 3 langkah mudah, yaitu pilih ban motor yang diinginkan, atur jadwal pemasangan di lokasi toko Planet Ban terdekat, dan diakhiri dengan memilih metode pembayaran. Mudah sekali, bukan? Asiknya lagi, pembayaran untuk belanja ban motor secara online di e-commerce Planet Ban bisa dilakukan secara tunai dan non-tunai. Pelayanan prioritas untuk jadwal pemasangan di toko Planet Ban pilihan juga bisa didapatkan.

Nah, sudah saatnya untuk memberikan perhatian lebih pada perawatan motor, termasuk perawatan ban motor. Dengan kebiasaan perawatan yang baik di rumah ditambah dengan kunjungan rutin ke Planet Ban, maka ban motor akan selalu terjaga kualitasnya. Tidak punya waktu banyak untuk ke bengkel? Rawat dan ganti ban berkualitas dengan harga murah di www.planetban.com saja. Dengan online, bukan berarti kualitasnya berbeda dan berkurang dibandingkan offline. Planet Ban tetap selalu memberikan Anda produk berkualitas, tim profesional, dan pelayanan terbaik.

Yuk, jaga, rawat, dan perhatikan ban motor kita!