Sepeda motor menjadi kenadaraan yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat di Indonesia. Berbagai pabrikan kendaraan roda dua ini menjadi alat transportasi paling laris di negara-negara berkembang. Penggunaan bahan bakar yang lebih irit, biaya perawatan yang murah dan efisiensi dalam penggunaannya membuat sepeda motor menjadi pilihan sebagai kendaraan harian.

Seiring berjalannya waktu, sepeda motor juga mengalami banyak inovasi. Berawal dari jenis sepeda motor bebek yang muncul di tahun 1950an, kini sepeda motor hadir dengan 3 tipe utama: bebek, matic dan sport. Memasuki tahun 2018 ini, motor bebek kelas 110cc mulai sepi peminat. Khusus di Indonesia, motor matic jauh lebih diminati sebagai kendaraan harian.

Di samping penggunaan harian, sepeda motor juga menjadi kendaraan untuk mereka yang hobi menjelajah tempat baru. Dibandingkan mobil, penikmat touring dengan sepeda motor jadi meningkat, setidaknya dalam 10 tahun terakhir. Kini, aktifitas touring, tidak melulu oleh mereka yang menggunakan motor sport. Motor jenis matic pun turut meramaikan aktifitas ini.

Aksi Balap Motor Di Indonesia

Kejuaraan MotoGP menghadirkan minat terhadap mereka yang menyukai dunia otomotif, khususnya roda 2. Setidaknya, Ada 3 pembalap MotoGP asal Italia yang tersohor namanya dan cukup ikonik hingga kini: Valentino Rossi, Marco Simoncelli dan Giacomo Agostini. Sebut saja nama “Rossi”, tanpa melihat pembalap dengan nomor urut 46 di motornya itu, Anda pasti akan merujuk pada kejuaraan MotoGP.

Meski tidak semegah MotoGP, Indonesia juga memiliki kejuaraan balap motor yang diatur ketentuannya oleh IMI (Ikatan Motor Indonesia). Ada 5 kejuaraan balap motor yang cukup sering diadakan di Indonesia, bahkan menjadi kejuaraan nasional: Drag Bike, Motoprix, Motocross, Supermoto, dan Indospeed Race Series (IRS). Untuk Drag Bike sendiri, terkadang sering diadakan secara ilegal oleh penikmat sepeda motor modifikasi untuk adu gengsi antar komuniatas atau bengkel.

Kejuaraan Motoprix cukup banyak digemari pecinta motor Indonesia. Motoprix yang merupakan balapan untuk motor bebek juga masuk dalam daftar populer. Bahkan balapan ini juga menjadi adu gengsi untuk dua pabrikan 2 motor yakni Yamaha dan Honda. Lewat ajang ini pula, kedua pabrikan asal Jepang itu sekaligus mencari bibit-bibit unggul pebalap muda Tanah Air.

Modifikasi Motor

Meski tidak digunakan untuk aktifitas balap motor, modifikasi motor juga kerap dilakukan untuk sekedar mempercantik tampilan sepeda motor. Mengganti warna atau bahkan “melukis” bodi motor dengan gambar atau pola yang menarik masih sering ditemukan hingga kini.

Tidak hanya untuk bodi, modifikasi mesin juga kerap dilakukan oleh pengguna sepeda motor. Mulai dari meningkatkan kapasitas mesin, mengganti dan menambahkan lampu, atau sekedar mengganti knalpot dengan bunyi yang nyaring juga masih sering dilakukan. Meski cenderung meningkatkan kerugian secara finansial, namun memodifikasi motor tetap berjalan sebagai hobi.

Motor Custom

Memasuki tahun 2015 lalu, tren sepeda motor custom menjadi “ombak” baru bagi penghobi otomotif. Motor yang dimodifikasi dengan aksen klasik hingga nyetrik mulsi mewabah di di tengah komunitas motor. Hadirnya motor-motor custom ini membuktikan bahwa motor tidak hanya sebagai alat transportasi, tapi juga bagian dari “fashion” di bidang otimotif roda dua.

Para pecinta motor custom di Indonesia juga kerap berkumpul dan mengadakan acara “riding” bersama pecinta motor custom lainnya. Kegiatan seperti Disgusting Gentleman's Ride, atau sekedar SunMoRi (Sunday Morning Ride) juga dilakukan oleh para pecinta motor custom. Tidak hanya motor custom, pemilik motor lainnya juga bisa melakukan aktifitas serupa bersama teman-teman dan komunitasnya.

Penuhi Kebutuhan Motor

Menggunakan sepeda motor juga harus berbanding lurus dengan perawatan. Untuk Anda yang menggunakan motor harian, sangat penting untuk merawat mesin motor agar kinerjanya tetap terjaga. Perawatan motor sebaiknya dilakukan di bengkel resmi agar kinerja motor tetap terjaga sesuai standar yang ditetapkan pabrikannya. Paling lama, setidaknya Anda melakukan perawatan di bengkel sekitar 3 bulan sekali.

Untuk pengguna sepeda motor modern atau injeksi, perawatan motor terbilang cukup sederhana. Jika Anda terlalu sibuk dan tidak sempat ke bengkel, setidaknya Anda bisa secara rutin mengganti oli mesin. Untuk penggantian oli mesin, bisa dilakukan setidaknya setiap 3.000km atau sekitar 2 bulan dalam intensitas penggunaan motor yang rutin.

Selain oli untuk melumasi mesin, Anda juga perlu untuk mengecek kondisi aki motor. Sepeda motor injeksi, biasanya memiliki starter elektrik untuk menyalakan motor. Starter tersebut membutuhkan suplai listrik yang lumayan besar untuk menyalakan mesin motor. Selain starter, lampu motor yang statis dan terus menyala sejak mesin dinyalakan juga membutuhkan suplai listrik. Tidak heran jika aki menjadi komponen penting bagi sepeda motor. Idealnya, sepeda motor membutuhkan aki baru setalah 2 tahun masa pemakaian motor.

Untuk Anda yang berkendara sepeda motor dalam beraktifitas sehari-hari, memungkin kan Anda berkendara dengan intensitas yang tinggi. Jalanan yang macet dan padat kendaraan membuat Anda sering melakukan tarikan gas dan rem mendadak. Demi keamanan, Anda tentunya harus rajin menecek komponen pengereman, seperti kualitas kampas rem.

Jika Anda kerap melakukan pengereman, imbasnya adalah tapak ban yang bergesekan dengan aspal juga akan mengalami penipisan secara perlahan. Semakin sering rem mendadak atau melintas di jalanan beton, membuat permukaan ban menjadi cepat aus. Sebaiknnya Anda rutin mengganti ban motor dengan rentan waktu 12 hingga 18 bulan sekali atau sesuai pemakaian.

Untuk memenuhi kebutuhan ban, oli mesin, aki dan kampas rem untuk sepeda motor, Anda bisa mendapatkannya di Planet Ban. Dengan lebih dari 600 toko yang tersebar di Indonsia, Planet Ban siap memenuhi kebutuhan primer sepeda motor Anda.

Untuk mempermudah Anda dalam memilih dan menentukan pilihan ban motor, Anda bisa mengunjungi www.planetban.com. Di www.planetban.cpm, Anda tidak hanya melihat dan memilih tipe ban yang dibutuhkan, namun juga bisa langsung membeli ban motor secara online. Ban yang dibeli via www.planetban.com bisa dikirim ke rumah atau toko Planet Ban terdekat untuk dipasang ke motor Anda.

Gratis pemasangan ban di toko Planet Ban dan gratis isi nitrogen selama pemakaian ban. Anda juga berkesempatan mengikuti undian Planet Ban Nyawer 2 Miliyar di tahun 2018 cukup dengan berbelanja minimal Rp 50.000 di Planet Ban.

Tunggu apa lagi? Ayo ke Planet Ban, sekarang juga!