Ban merupakan komponen penting dalam menjaga keselamatan berkendara sepeda motor. Kkarena bersentuhan langsung dengan jalan, tak heran jika ban menjadi bagian yang cukup vital saat berkendaraan di jalan raya. Terutama jika kondisinya masih sangat bagus dan terbentuk dari kompon yang tepat.  

Ban motor yang sudah aus, bisa membahayakan pengendara, terlebih jika kondisi ban sudah mulai terlihat aus atau botak. Tidak hanya saat setelah terjadinya kebocoran, Anda juga perlu untuk mengetahui dan memeriksa kondisi ban secara berkala. Lalu, indikator apa saja yang perlu diperhatikan ban motor sudah tidak layak dan perlu diganti baru?

 

Cek Kondisi Ban

Ketika ban sudah aus atau mengalami kebotakan, maka ban tersebut sudah terhitung “kritis” dan harus segera diganti. Selain itu, ada juga beberapa indikator yang dapat dijadikan patokan bahwa ban motor Anda sudah harus diganti dengan yang baru.

Pada bagian luar, bisa dilihat melalui tanda yang ada di bagian samping ban yaitu tanda segitiga yang disebut Tread Wear Indicators (TWI). Jika permukaan ban sudah menyentuh tanda ujung segitiga, ban motor harus segera diganti dengan yang baru. Anda bisa juga mengukur kedalaman patern/kembangan menggunakan koin. Jika kembangan sudah tidak dalam, sebaiknya ban diganti karena bisa licin jika digunakan.

Pada dasarnya, usia ban depan motor yang sering digunakan dalam keseharian biasanya tidak lebih dari 1,5 tahun. Sedangkan ban belakang sekitar 10 bulan. Pemakaian ban dalam juga perlu diperhatikan. Jika sudah pernah mengalami kebocoran hingga 3 kali, sebaiknya Anda mengganti ban dalam tersebut. Namun, umur ban dalam yang tidak pernah bocor bisa sampai setahun.

Ganti Ban Di Toko Ban Motor

Mengalami kebocoran atau sobekan pada ban saat berkendara sangat umum di alami oleh pengendara sepeda motor. Bila mengalami hal ini, biasanya pemilik motor akan panik dan ingin cepat, pilihannya adalah dengan mendatangi bengkel ban pinggir jalan yang menggunakan peralatan seadanya.

Proses membuka ban di bengkel ban biasa umumnya tidak menggunakan alat yang sesuai. Umumnya bengkel biasa melakukan bongkar pasang ban dengan cara mencungkil ban dari velg yang bisa berakibat rusaknya komponen velg dan bibir ban. Proses tersebut memungkinkan permukaan pelek akan mengalami lecet di beberapa bagian. Sering dilakukan, maka velg dan ban motor akan rusak.

Untuk menghindari kerusakan pasa velg dan ban sepeda motor saat penggantian, sebaiknya Anda memembeli dan mengganti ban motor Anda di Planet Ban. Selain produk ban berkualitas, proses penggantian ban di Planet Ban juga jauh lebih aman.

Penggunaan tyre changer di Planet Ban tentunya lebih direkomendasikan saat penggantian ban. Selain untuk mempercepat kinerja penggantian ban, penggunaan tyre changer tidak akan melukai pelek maupun ban motor.

Jangan Malas Ganti Ban

Meskipun digunakan dalam beraktifitas sehari-hari, namun sejumlah pengguna sepeda motor masih sering mengabaikan kondisi ban. Selama tidak bocor dan masih terasa aman untuk digunakan, maka ban tidak akan iganti meskipun kembangannya sudah mulai tipis bahkan botak.

Apakah Anda salah satu yang tidak terlalu peduli dengan kondisi ban? Hati-hati, mengganti ban tidak harus menunggu hingga terjadinya kecelakakaan.

Alasan lain yang membuat pengguna motor enggan mengganti ban adalah harga ban yang tidak murah. Padahal hampir semua ban motor terlihat sama saja. Perbedaan yang paling terlihat hanya pada kembangannya saja. Selain itu, jika sepeda motor sering digunakan membuat ban cepat botak sehingga terasa boros untuk mengganti ban.

Mengganti ban di Planet Ban tentunya tidak membuat kantong jebol karena harga yang selangit! Planet Ban menyediakan aneka tipe ban dari berbagai merek ternama dengan kualitas lokal hingga internasional. Harga ban di Planet Ban mulai dari Rp 89.000!

DiPlanet Ban, tersedia ban motor dari Michelin, Pirelli, Aspira Premio, Battlax, Corsa, Maxxis, Swallow, Zeneos, FDR dan IRC serta produk ban motor esklusif Planeto, Freak, Ecomax dan B-Track.Planet Ban menyediakan ban motor ukuran ring 10 hingga ring 19, tubetype dan tubeless, ban radial, hingga ban motor trail.

Setiap pembelian ban motor di Planet Ban, Anda akan mendapatkan pelayanan gratis biaya pasang ban dan gratis isi ulang nitrogen selama pemakaian ban. Anda juga akan mendapat kartu member untuk pengecekan aki motor dan oli mesin secara gratis.

Ganti ban motor? Planet Ban solusinya!