Setiap jenis sepeda motor mempunyai tipe ban yang berbeda-beda. Umumnya, ban motor yang digunakan tergantung dengan kebutuhan pengendara. Di antaranya, ada jenis ban sport atau semi slick, sport touring, touring, cruiser, scooter, off road, dan ban tipe kering atau basah.

Setiap pengguna sepeda motor tentunya ingin ban yang digunakannya memiliki masa pemakaian yang lama atau awet. Ban motor yang bisa digunakan dalam waktu lama dapat lebih menghemat pengeluaran uang untuk membeli ban baru.

Menjaga Ban Tetap Awet

Pentingnya memilih ban motor yang tepat untuk berkendara. Untuk musim hujan sebaiknya memilih ban yang terdapat garis pada bagian tengah ban motor. Tujuannya untuk memecah air saat melaju dijalan saat melintasi genangan air.

Selain alur di permukaan ban, tekanan angin juga sangat penting untuk diperhatikan karena dapat mempengaruhi penggunaan ban. Bila tekanan angin dalam ban telah sesuai, maka sepeda motor pun akan lebih nyaman dikendarai. Lebih baik menggunakan angin nitrogen, terutama untuk pengendara motor harian dan perjalanan yang jauh. Setiap seminggu atau dua minggu sekali, pastikan untuk memeriksa tekanan angin ban.

Bila ban motor dalam keadaan kempes, maka jangan dipaksakan untuk berkendara karena akan membuat ban menjadi tampak benjol atau bergelembung. Agar tetap awet, hindari berkendara di jalan yang dicor karena bisa menyebabkan permukaan ban motor cepat tipis.

Rawat Ban Motor Di Bengkel Khusus

Perlukah merawat ban motor?

Agar Anda tetap dapat bekendara dengan nyaman dan aman, tentunya Anda harus memiliki ban yang kualitasnya terjaga. Jika terasa oleng atau mengalami slip saat berkendara, penyabab utamanya berasal dari ban motor.

Hindari membawa beban yang melebihi kapasitas ketahanan motor karena akan membuat ban cepat rusak. Saat berkendara, hindari jalan berlubang atau menghentikan laju kendaraan secara mendadak yang membuat ban menjadi cepat aus.

Agar ban tidak mudah sobek atau mengalami retakan, hindari ban motor dari tumbahan bahan berminyak seperti bensin atau oli. Cairan berminyak dapat merusak elastisitas karet ban sehingga manjadi rentan sobek. Mencuci ban dengan air sabun secara berlebih dan dalam waktu yang lama, juga dapat merusak ban.

Sebagai sarana vital dari kendaraan bermotor, ban juga membutuhkan perawatan rutin. Selah satunya adalah dengan memeriksa secara berkala kondisi tekanan angin pada ban, maupun pentil. Periksi juga kedalaman alur ban dan tekstur permukaan ban.

Menggunakan Ban Motor Kualitas Terbaik

Di Planet Ban, tersedia beraneka tipe ban motor dari beragam merek yang sesuai dengan tipe motor. Setiap ban tersedia untuk berbagai ukuran ban dari mulai ring 10 hingga ring 18, baik itu ban bias hingga ban radial-tubeless maupun tubetype.

Tidak hanya ban motor harian dan ban motor sport, Planet Ban juga menyediakan ban offroad untuk pengguna motor X-Trail dan motor Cross. Varian yang lebih lengkap, bisa Anda temukan di www.planetban.com untuk mengetahui lebih banyak model, tipe, dan harga.

Anda bisa berbelanja ban motor pilihan Anda di seluruh toko Planet Ban terdekat di kota Anda. Dapatkan ban motor pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan gratis pemasangan langsung di toko Planet Ban. Anda juga akan mendapat kartu member Planet Ban dengan fasilitas gratis nitrogen selama masa pemakaian ban.

Untuk Anda yang tidak sempat berbelanja di toko Planet Ban karena kesibukan, klik www.planetban.com dan pesan ban motor pilihan Anda! Ban yang dibeli di www.planetban.com bisa diantar ke rumah atau ke toko Planet Ban terdekat untuk pemasangan gratis dan bebas antri! Gratis biaya pasang dan nitrogen selama masa pemakaian ban!

Beli Ban dan Ikut Undian Berhadiah

Tidak hanya merawat dan ganti ban berkualitas, di Planet Ban, Anda juga berpeluang mendapatkan hadiah uang tunai total 2 Miliyar rupiah!

Setiap pembelian ban motor, oli, aki atau produk apapun di Planet Ban senilai Rp 50.000, Anda akan mendapat 1 nomor undian Planet Ban Nyawer 2 Miliyar! Tentunya, berlaku kelipatan jika berbelanja lebih banyak.

Tidak hanya itu, khusus untuk produk sponsor, akan lebih untung! Beli produk Michelin atau Aspira Premio, Anda akan mendapat double nomor undian sesuai kelipatan. Dan jika berbelanja di www.planetban.com, Anda akan mendapat tambahan 1 nomor undian. Sangat besar kesempatan memenangkan hadiah total 2 Miliyar untuk Anda!

Tunggu apa lagi? Ayo ke Planet Ban sekarang juga! Ganti ban motor Anda dan menangkan hadiahnya!