Pengguna sepeda motor tentunya paham bahwa ban motor perlu diganti jika sudah mencapai batas wajar pemakaiannya. Mengganti ban motor, tidak hanya karena lapisan ban sudah mulai menipis. Ada juga sejumlah faktor yang harus diketahui agar tidak telat mengganti ban. Kualitas ban motor dapat mempengaruhi keselamatan dan kenyaman berkendara.

Idealnya, pemakaian ban motor adalah 1:2, yang artinya, penggantian ban depan 2 kali lebih lama dari ban belakang. JIka idealnya ban belakang harus sudah diganti setelah pemakaian rutin selama 10-12 bulan, maka ban depan bisa diganti setelah pemaian rutin setelah 18-24 bulan.

Penyabab Ban Motor Harus Diganti

Ban motor dibuat dengan desain yang kuat dan stabil sesuai standar keamanan dan kebutuhan pengendara sepeda motor. Jalanan yang tidak merata, trotoar, lubang atau benda tumpul dapat menyebabkan kerusakan pada ban. Ban motor, umumnya tahan terhadap benturan-benturan, namun, permukaan ban motor yang terbuat dari karet bisa bocor akibat tertusuk benda tajam.

Selain tertusuk banda tajam, tentunya lapisan ban yang sudah mulai menipis juga mengharuskan Anda mengganti ban. Ketika alur ban yang sudah mulai mencapai batas dasarnya, makam ban sudah harus diganti. Jika alur ban sudah tidak terlihat, maka akan sangat berbahaya.

Ketangguhan setiap ban akan berbeda-beda karena formula khusus yang dicampurkan pada ban. Meski sama sekali belum pernah digunakan, atau jarang digunakan, ban juga dapat menunjukkan tanda-tanda penuaan. Ada banyak faktor dapat mempengaruhi umurnya: kondisi cuaca, penyimpanan dan pemakaian, beban, kecepatan, tekanan ban, perawatan, hingga gaya berkendara.

Ban Motor Berkualitas

Mencari ban motor yang tetap, memang gampang-gampang susah. Ada banyak sekali varian dari setiap merek ban. Apakah Anda tahu, ban seperti apa yang Anda butuhkan untuk berkendara?

Pada dasarnya, semua ban motor terbuat dari bahan karet. Setiap merek ban motor tentunya menggunakan jenis karet ban yang sama sesuai dengan standar kualitas ban motor. Karet ban yang digunakan memiliki tekstur yang tidak terlalu keras sehingga fleksibel ketika melewati berbagai medan jalan. Tingkat ketebalan ban motor juga dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

Seperti yang Anda ketahui, alur pada ban motor memang beragam, namun fungsinya bukan untuk mempercantik tampilan motor tersebut. Alur ban berfungsi untuk memberikan daya cengkram antara ban ke jalanan, terutama saat jalanan basah atau ketika melewati jalanan yang berlumpur. Semakin banyak pola pada alur ban, maka ban akan semakin nyaman digunakan saat musim hujan. Namun bukan berarti ban dengan pola alur yang sedikit itu tidak layak digunakan.

Sebaiknya, Anda lebih teliti dalam memilih ban agar motor selalu aman dikendarai, terutama saat melewati jalanan yang basah dan berlumpur yang cendrrung licin. Ban motor yang berkualitas dan dapat dijangkau dengan mudah, tentu dapat dijadikan pilihan. Itu berarti, ban motor tersebut memiliki standar kegunaan yang juga umum digunakan oleh pengguna motor lainnya. Pertimbangkan pemilihan ban dari segi merek juga memungkinkan dijadikan pilihan, khususnya ban-ban premium untuk motor-motor khusus seperti motor sport atau motor trail.

Ban Motor Murah

Selain kualitas yang bagus dan nyaman untuk digunakan, tentunya Anda juga menginginkan ban motor dengan harga terjangkau. Lalu, apakah ada ban motor berkualitas dengan harga yang murah dan terjangkau?

Di sejumlah bengkel ban pinggir jalan umumnya menyediakan ban motor. Beberapa merek dan tipe ban yang disediakan umumnya hanya tersedia dalam jumlah terbatas dan kualitasnya bisa meragukan. Bisa jadi, ban tersebut adalah stok lama yang masih di pertahankan dengan tahun produksi yang sudah lewat masa penggunaannya.

Mencari an motor yang cenderung murah dengan kualitas yang terjamin, tentunya sulit ditemukan. Anda harus pintar mencari “celah” toko penjualan ban yang menjual ban motor dengan harga terjangkau. Umumnya, sejumlah marketplace menawarkan ban dengan harga murah. Namun Apakah Anda yakin dengan toko online tersebut?

Planetban.com: Solusi Ban Berkualitas Dengan Harga Terjangkau

Planet Ban telah menjadi pioneer toko ban motor modern yang menediakan ban motor dari berbagai merek dan berbagai tipe. Anda bisa mendapatkan ban motor berkualitas mulai dari Rp 89.000!

Tidak hanya itu, Planet Ban juga memberi jasa pemasangan ban secara gratis. Setiap pembelian ban motor, Anda juga akan mendapat kartu member Planet Ban yang bisa digunakan untuk isi ulang nitrogen, cek kualitas oli mesin dan cek aki motor secara gratis di seluruh toko Planet Ban.

Dengan perolehan penghargaan Top Brand di tahun 2016 dan 2017, membuat Planet Ban menjadi toko ban motor terpercaya. Beragam produk ban motor berkualitas, tersedia di Planet Ban. Sejumlah produk unggulan dan juga produk esklusif dengan harga terjangkau, bisa Anda temukan di toko Planet Ban.

Tidak sempat mengunjungi toko Planet Ban? Klik www.planetban.com untuk menikmati diskon harga dan dapatkan ban motor berkualitas pilihan Anda! Dapatkan diskon hingga 25%, bahkan untuk produk ban motor Premium!

Ada banyak pilihan ban motor berkualitas impor yang bisa Anda dapatkan dengan pemesanan via planetban.com. Setiap pembelian ban motor via planetban.com, tetap berlaku pemasangan secara gratis di seluruh toko Planet Ban, dan bebas antri! Anda juga tetap mendapatkan kartu member Planet Ban untuk isi ulang nitrogen secara gratis di seluruh toko Planet Ban selama masa pemakaian ban.

Segera dapatkan ban motor berkualitas dengan harga terjangkau, hanya di Planet Ban!