Merawat sepeda motor memang bukan perkara mudah, terlebih lagi bukan perkara yang murah. Dalam 1 tahun, setidaknya 3-4 kali kunjungan ke bengkel untuk servis. Umumnya, sekali servis motor bisa langsung habis sekitar 300-600rb lho. Hal tersebut umumnya karena banyak sparepart yang diganti, dan belom lagi harga servis dan pelayanannya yang cukup menguras kantong.

Sekiranya ada 5 bagian motor yang harus diganti secara rutin. Jika dilakukan satu-persatu, tentunya akan lebih murah. Toh, sepeda motor Anda gak harus turun mesin kan?

1. Ban Motor

Ban motor memiliki masa penggantian yang panjang. Bahkan bisa lebih dari 10 bulan dalam 1 kali pemakaian. Meski memiliki waktu penggantian yang lama, ban motor perlu diganti secara rutin sebelum botak agar Anda terhindar dari kecelakaan akibat ban licin.

2. Oli Mesin

Kinerja dan kualitas mesin harus dijaga agar usia motor bisa panjang dan performanya tetap nyaman. Mengganti oli mesin secara rutin, adalah kunci utamanya. Penggantian oli sebaiknya dilakukan setiap 2 bulan atau setelah menempuh jarak 2.000km.

3. Kampas Rem

Dalam mengatur kecepatan dibutuhkan rem motor dengan kondisi yang baik. Kalo sudah aus, bisa-bisa sulit mengurangi kecepatan dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Penggantian kampas rem bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali jika sepeda motor digunakan secara rutin dalam beraktifitas sehari-hari.

4. Fiter Udara

Filter udara pada motor memiliki masa pakai yang lumayan pendek. Lama dan seringnya motor digunakan membuat proses pembakaran dalam mesin menjadi lebih sering juga sehingga banyak udara yang dibutuhkan untuk mendukungnya. Oleh sebab itu, penggantian filter udara secara rutin setiap menempuh 5.000km sangat dianjurkan.

5. Busi

Meski terlihat sederhana, tapi jika busi motor sudah bermasalah, repot juga lho! Busi motor yang fungsinya memercikan api untuk memulai proses kerja mesin sangat disarankan untuk diganti secara rutin setiap menempuh jarak 20.000km.

Nah, semua komponen motor di atas tersedia di Planet Ban lho!

Untuk ganti ban baru, kampas rem, filter udara, busi dan oli mesin, bisa ke Planet Ban terdekat ya. Tersedia banyak pilihan ban untuk berbagai jenis sepeda motor. PLanet Ban juga menediakan kampas rem ,filter udara dan busi sesuai dengan tipe motor kamu.

Tidak hanya itu, di Planet Ban tersedia juga oli X-Ten Ester Synthetic yang 2X Lebih lama dari oli lainnya. Menjaga performa mesin tetap stabil, bebas overheat dan membersihkan mesin dari dalam. Harga mulai Rp 42.000 lho!

(RN)