Terkadang, penggantian oli gardan untuk pelumas CVT (Continuously Variable Transmission sering kali terlupakan. Padahal, penggantian oli gardan, sama pentingnya dengan penggantian oli. Jika terlewatkan, maka kerusakan komponen transmisi bisa terjadi. Komponen CVT akan mengalami keausan jika penggantian oli gardan tidak dilakukan secara rutin.

Fungsi Oli Gardan

Oli gardan memiliki fungsi serupa dengan oli mesin, yaitu untuk melumasi kinerja transmisi otomatis pada motor matic. Jika sudah terlalu lama tidak diganti, maka kerusakan akan timbul dengan ditandai dengan getaran saat tarikan mesin dan disertai bunyi yang berisik pada box CVT. Jika hal tersebut terjadi, maka besar biaya yang dikeluarkan untuk penggantian transmisi otomatis motor matic Anda.

Kapan Harus Ganti Oli Gardan?

Oli gardan merupakan pelumas yang dibutuhkan sepeda motor matik untuk melumasi sistem transmisi. Sama seperti oli mesin, oli gardan juga perlu diganti secara berkala dengan masa pakai yang lebih lama dibanding oli mesin. Agar tarikan motor tetap nyaman, oli gardan perlu diganti setiap dua kali pergantian oli mesin.

Penggantian oli gardan sendiri idealnya setiap 2 kali penggantian oli mesin. Pada dasarnya, sepeda motor perlu penggantian oli mesin setelah menempuh jarak 3000km. Maka, setelah 6000km, sepeda motor matic perlu penggantian oli gardan untuk menjaga kualitasnya tetap baik untuk digunakan. Meski keausan akan ditandai dengan bunyi yang berisik saat skutik berjalan atau getaran saat tarikan akselerasi, sebaiknya oli gardan sudah diganti.

Untuk pengecekan kualitas CVT sendiri bisa dilakukan di bengkel resmi. Penggantian CVT juga perlu dilakukan agar motor matic bisa tetap digunakan dengan nyaman. Idealnya, setelah menempuh jarak 30.000km, CVT diganti dengan yang baru.

Ganti oli gardan, bisa di Planet Ban juga loh. Gunakan X-Ten Oli Gear Matic! X-Ten Oli Gear Matic diformulasikan khusus dengan teknologi generasi baru untuk transmisi pada sepeda motor tipe matic (AT), yang menjamin kinerja roda gigi transmisi lebih tahan lama!

Ganti oli gardan? Planet Ban Aja!