Sepeda motor yang telah digunakan selama lebih dari 2 tahun secara rutin, maka akan banyak perubahan yang terjadi. Beberapa part di dalamnya akan mengalami penurunan kualitas dan bahkan harus mulai diganti.

Setelah pemakaian selama 2 tahun secara rutin, rem motor mulai berbunyi atau berdecit sehingga menggangu saat berkendara. Hal ini akan sangat mengganggu saat berkendara di tengah hujan atau dalam keadaan padat lalu lintas yang mengharuskan Anda sering mengerem.

Rem pada sepeda motor adalah bagian yang mengatur kecepatan motor saat melaju. Rem dalah kunci keselamatan dan keamanan selama berkendara. Sayangnya, banyak pemilik motor yang tidak mengetahui penyebab dari timbulnya bunyi berdecit pada sepeda motor sehingga lebih memilih untuk membiarkannya. Padahal suara berdecit pada rem merupakan tanda bahwa ada yang tidak beres dengan kondisi kampas rem.

Meski terlihat tidak berbahaya, namun ini bisa menjadi sumber masalah selain bunyinya yang mengurangi fokus saat melakukan pengereman. Bunyi berdecit pada rem muncul karena kampas rem kemungkinan sedang bermasalah. Ada beberapa hal yang dapat membuat rem motor berdecit, bisa dari kampas rem, teromol, piringan atau cakram.

Baca Juga: Tips Memilih Motor Sesuai Kebutuhan

Hal-hal yang membuat bunyi berdecit pada rem, di antaranya adalah:

1. Kampas Rem Yang Kotor
Melalui jalanan saat berdebu akan membuat kotoran masuk ke dalam sela-sela kampas rem. Bisa juga ada cipratan lumpur yang masuk saat berkendara dijalanan basah karena hujan. Saat melintasi jalan, kotoran dan debu perlahan-lahan menempel pada bagian kampas rem.

2. Kampas Rem Yang Mulai Habis
Bunyi decit pada rem juga terjadi akibatkan sering menunda mengganti kampas rem yang sudah tipis. Gesekan logam kampas rem yang sudah sangat tipis atau bahkan habis dengan piringannya menimbulkan suara decitan.

3. Kontaminasi Cairan Kimia
Sejumlah pengendara sepeda motor yang meyakini bahwa penggunaan minyak rem akan membuat kinerja rem menjadi lebih baik. Minyak rem atau oli yang digunakan dapat mengakibatkan kampas rem gosong dan lisin saat pengereman.

4. Kampas Rem Slip
Fungsi rem memang untuk mengurangi percepatan dari sepeda motor. Namun jika selalu menekan tuas rem secara terus menerus, material kampas kopling menjadi keras sehingga rem menjadi kurang pakem dan berbunyi.

5. Disc Brake Yang Tidak Rata
Bunyi berdecit saat pengereman juga bisa diakibatkan karena piringan tidak rata diakibatkan pernah kehabisan kampas rem atau tetap dibiarkan dalam rentan waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Oli

Sebagai komponen penting pada sepeda motor, rem juga bisa dirawat agar bisa lebih awet dan tahan lama untuk digunakan. Kualitas rem yang awet sebetulnya hanya berdasarkan pada penggunkan rem yang baik. Saat berkendara, usahakan jarak dengan kendaraan Anda dengan kendaraan lain tidak terlalu dekat. Hal ini untuk menghindari penggunaan rem yang terlalu sering.

Sebaiknya, Anda juga berkendara dalam kecepatan yang stabil dan tidak ngebut bahkan ugal-ugalan. Jika Anda melakukan pengereman secara terus – menerus maka akan mengakibatkan kampas rem menjadi cepat tipis. Hindari juga melintasi jalanan basah yang berlumpur agar kotoran tidak menempel pada piringan cakram yang dapat mengakibatkan gesekan kasar saat pengereman.

Jika terdengar bunyi berdecit saat melakukan pengereman dan tarikan/injakan tuas rem terasa lebih dalam, maka segera cek rem motor Anda. Selain stelan rem yang kendur akibat seringnya mengerem, hal tersebut bisa juga dikarenakan kampas rem yang sudah menipis. Hal ini jelas berbahaya karena Anda akan kesulitan mengatur kecepatan kendaraan.

Jika Anda membutuhkan kampas rem baru untuk sepeda motor dan proses penggantian yang cepat, ke Planet Ban Aja!

Baca Juga: Pentingnya Cek Tekanan Angin Ban Motor

Selain menyediakan ban motor, Planet Ban juga menyediakan kampas rem untuk rem tromol dan rem cakram. Planet Ban menyediakan kampas rem dari Aspira dan RCA untuk berbagai jenis dan tipe sepeda motor. Beli kampas rem Aspira atau RCA di Planet Ban, Anda bisa melakukan pemasangan secara gratis di Planet Ban.

Tidak hanya itu, setiap pembelian produk apapun di Planet Ban senilai Rp 50.000, Anda bisa mendapat 1 nomor undian untuk ikutan undian berhadiah Planet Ban Nyawer 2 Miliyar periode 2 yang akan diundi pada Januari 2019. Menangkan hadiah utama senilai 250 juta rupiah!

Tunggu apa lagi? Beli kampas rem dan kebutuhan sepeda motor lainnya, hanya di Planet Ban!