Motor matic menjadi kendaraan roda 2 terbanyak yang digunakan di Indonesia. Penggunaannya yang mudah dan harga yang tergolong murah menjadikan motor matic sebagai kendaraan sejuta umat. Sebut saja Honda Beat dan Yamaha Mio M3; keduanya bersaing ketat dari segi penjualan.

Kemudahan pengoperasian motor matic menjadikannya sebagai transportasi wajib, khususnya bagi masyarakat perkotaan. Namun, meski banyak peminatnya, ada pula beberapa mitos tentang motor matic yang bikin jadi kepikiran: "whorthy gak sih?"

1. Motor Matic Bikin Jadi Gak Macho?

Ini jelas cuma mitos. Motor matic tidak dibuat secara spesifik untuk gender tertentu. Namun karena penggunaannya yang mudah, banyak perempuan yang juga turut menggunakan motor matic karena bobot motornya yang ringan.

2. Motor Matic Sulit Melaju Di Jalur Menanjak?

Bisa dibilang, ini adalah Fakta. Sejauh pantauan tim kami, motor tipe matic sedikit kesulitan di jalur menanjak jika dibandingkan dengan motor bebek. Sistem akselerasi tanpa transmisi/perpindahan gigi manual membuat mesin motor matic cenderung berat jika menanjak. Belum lagi jika ditambah dengan bobot berlebih seperti berboncengan dan membawa banyak barang.

3. Motor Matik Lebih Boros Bensin?

Tantunya bukan mitos. Meski mudah digunakan, motor matic cenderung lebih boros jika dibandingkan dengan motor manual. Hal ini karena putaran mesin pada motor matik lebih sulit terkontrol dibandingkan dengan motor manual yang memiliki tingkatan persneling.

4. Aki Motor Matic Lebih Cepat Aus

Mitos. Masa penurunan kualitas aki dipengaruhi oleh dorongan starter, bsesaran klakson, tipe dan jumlah lampu pada motor. Jika setelan kalistrikan motor matic tetap sesuai standar pabrikan, tantunya aki tidak akan cepat aus bahkan lebih dari 2 tahun.

5. Bensin Motor Matik Tidak Boleh Kering

Mitos. Memang sangat dianjurkan untuk tidak kehabisan bensin pada motor Anda. Karena jika bensinnya habis, maka motor Anda tidak akan bisa jalan. Namun jika bensin kering atau kosong secara total, tidak akan berpengaruh terhadap kesehatan motor. Sebaliknya, pengurasan bensin dibutuhkan juga untuk pembersihan tangki bensin.

6. Memiliki Desain Yang Monoton

Mitos. Terkait bagus atau tidaknya design motor matic, semua itu tergantung kepada selera penggunanya. Kenyataannya, setiap tahun selalu ada design model dan tipe terbaru untuk motor matic dan motor lainnya.

Demikian beberapa mitos atau fakta terkait motor matic. Kira-kira, mana dari poin-poin di atas yang sebelumnya pernah Anda dengar?