Konsentrasi sangat diperlukan saat berkendara. Hal ini penting untuk tetap aman dalam berkendara. Saat mengendarai sepeda motor, kedua tangan harus memegang stang motor dengan sempurna. Hal tersebut penting untuk menjaga keseimbangan selama berkendara. Pandangan juga harus fokus pada situasi jalanan agar Anda tidak menabrak kendaraan lain.

Jika mengantuk dan fokus menurun, sangat disarankan agar berhenti dan menepi untuk beristirahat. Memaksakan diri untuk berkendara dalam keadaan mengantuk bis membahayakan diri Anda. Selain mengantuk, ada sejumlah hal lainnya yang sering dilakukan padahal dapat membahayakan diri dan pengendara lain saat berkendara. Kira-kira, apa saja? Ini dia daftarnya!

Info: Penting! Gunakan Ban Sesuai Ukuran Velg

1. Merokok Sambil Berkendara

Hal ini kerap ditemukan di jalanan. Ada saja pengedara sepeda motor yang berkendara sambil merokok. Saat berkendara, abu rokok tersebut akan tertiup angin dan sangat berpotensi mengenai pengendara di belakang. Hal ini bisa membahayakan pengendara lain jika abu rokok tersebut tepat mengenai mata pengendara dibelakangnya. Resiko kecelakaan, bisa terjadi!

2. Lupa Mematikan Lampu Sign

Saat hendak berbelok, Anda sebaiknya memberi tanda melalui lampu sign. Tujuannya agar pengendara di belakang bisa mengatur jarak agar tidak membatasi ruang gerak Anda saat berbelok. Namun, lampu sign sepeda motor tidak seperti mobil yang bisa mati secara otomatis setelah berbelok. Jika Anda lupa mematikan lampu sign, maka bisa membuat pengendara lain menjadi kagok.

Baca Juga: 5 Alasan Menjanjikan Bisnis Ban Motor

3. Penggunaan Earphone

Sejumlah pengendaramotor memilih untuk mendengarkan lagu agar tidak bosan saat menempuh perjalanan jauh. Tidak jarang juga, pengendara motor kerap menelpon seseorang sambil menggunakan earphone. Hal ini dapat mengurangi kepekaan telinga terhadap bunyi di sekitar saat kendaraan lain memberi tanda dengan membunyikan klakson.

4. Salip Mendadak

Mendahului kendaraan di depan memang bisa dialakukan dengan sejumlah ketentuan, di antaranya: melalui sisi kanan kendaraan, memastikan arah sebaliknya aman untuk mendahului, dan tidak berada di tikungan. Namun, jika kendaraan yang ingin didahului telah mengurangi kecepatan, sebaiknya Anda tidak langsung menyalipnya. Bisa jadi, kendaraan tersebut telah memberi jalan untuk orang yang menyebrang.

Baca Juga: Beda Ban Bias Dan Radial

Hindarilah melakukan hal-hal yang dapat membahayakan diri Anda dan orang lain saat berkendara! Berkendaralah dengan baik dan benar demi kenyamanan dan keamanan pengguna jalan lainnya. Pahtuhi juga aturan lalu-lintas selama berkendara agar terhindar dari tilang, dan lengkapi syarat-syarat berkendara.