Hari raya Idul Fitri tinggal sebentar lagi. Untuk Anda yang mudik naik motor, apakah sudah melakukan pengecekan di bengkel terdekat?

Setiap tahunnya, ada sekitar 90.000 kasus kecelakaan dalam satu tahun. Lebih dari 50% adalah kecelakaan sepeda motor. Oleh sebab itu, sebelum melakukan perjalanan, pengemudi sepeda motor harus dalam kondisi yang prima. Begitu juga dengan sepeda motornya; mesin yang baik dan kondisi ban yang baik dapat mempengaruhi keamanan berkendara.

Mengendarai sepeda motor dinilai cukup efisien untuk mobilitas Anda dalam mencapai tempat tujuan. Menggunakan sepeda motor lebih memungkinkan Anda untuk melewati jalan-jalan kecil maupun menyalip kendaraan lain saat macet. Namun, jika Anda mengendarai sepeda motor dalam keadaan terburu-buru, kemungkinan Anda mengalami kecelakaan cukup besar. Faktanya, sebagian kasus kecelakaan sepeda motor disebabkan oleh pengendara yang ugal-ugalan dalam kondisi ngebut.

Cukup Istirahat Sebelum Berkendara

Mengendarai sepeda motor membutuhkan ketahanan fisik yang baik. Baik perjalanan jauh ataupun dekat, Anda harus memiliki daya tahan tubuh yang baik jika hendak berkendara. Tidak jarang, meskipun tubuh segar bugar, namun bahaya kecelakaan masih bisa mengintai.

Rasa kantuk adalah kondisi yang paling sulit dilawan. Anda sangat tidak disarankan untuk berkendara saat mengantuk. Mengendarai sepeda motor saat mengantuk dapat mengurangi fokus berkendara dan dapat mengakibatkan kecelakaan.

Biasakan Anda telah beristirahat dengan cukup sebelum berkendara. Jika Anda merasa ngantuk saat bekendara, sebaiknya Anda menepi sejenak untuk berisitirahat. Idealnya, Anda harus beristirahat setiap 2 jam sekali agar stamina tubuh tetap terjaga selama berkendara.

Faktor Eksternal

Tidak hanya rasa kantuk. Ada juga daktor eksternal yang mengkibatkan kecelakaan saat tengah mengendarai sepeda motor.

Mungkin Anda tengah berada dalam kondisi yang segar bugar untuk berkendara. Begitu pula sepeda motor Anda yang sudah siap sedia dalam keadaan prima. Namun, kondisi lalu lintas sedang padat oleh banyaknya pengendara.

Mengendarai sepeda motor di jam-jam lalu lintas yang padat dibutuhkan keterampilan yang baik. Jarak yang sempit membuat ruang gerak cukup terbatas sehingga sulitnya mendapat celah jalan. Belum lagi jika kendaraan di depan Anda berhenti mendadak, bisa-bisa terjadi tabrakan. Meski tidak merusak bodi motor, tapi setidaknya tabrakan ringan bisa memancing keributan.

Tidak hanya itu, bila kendaraan yang ditumpangi mengalami kelebihan penumpang atau barang bawaan dapat mempersulit keseimbangan saat berkendara. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab kecelakaan.

Cek Kondisi Motor Dan Ban

Menggunakan motor yang dimodifikasi atau yang menggunakan onderdil lama tanpa pernah diganti atau diperbaharui, bisa merepotkan Anda saat berkendara. Bahkan, kendaraan yang tidak layak digunakan juga bisa menjadi salah satu penyebab kecelakaan. Adanya sparepart yang tidak bekerja dengan baik dapat mengekibatkan kendaraan berjalan dengan tidak stabil.

Tentunya kondisi sepeda motor juga dapat menentukan keamanan berkendara agar terhindar dari kecelakaan. Yang paling utama, adalah ban motor. Ban adalah komponen motor yang bersentuhan langsung dengan aspal jalan.

Ban yang licin bisa menjadi pemicu kecelakaan sepeda motor. Permukaan ban yang sudah botak membuat ban menjadi tidak bisa mencengkram aspal dengan baik. Oleh sebab itu, rem mendadak justru membuat motor Anda tergelincir.

Untuk menghindarinya, perlu dilakukan penggantian ban baru yang lebih bagus agar tidak mudah tergelincir saar rem mendadak.

Saat mengganti ban untuk sepeda motor, pastikan Anda memilih ban yang ukurannya sesuai dengan velg motor Anda. Pilih juga ban dengan tekstur karet yang baik agar nyaman digunakan. Alur ban juga harus diprtimbangkan. Hal ini akan berpengaruh pada kelicinan ban saat digunakan berkendara.

Untuk mengganti ban motor, kunjungi toko Planet Ban terdekat. Planet Ban menyediakan ban motor dari berbagai merek dan tipe untuk berbagai jenis speda motor. Dengan kualitas yang terjamin, Planet Ban juga memeberi layanan jasa penggantian ban secara gratis. Anda juga bisa melakukan pengecekan oli, aki dan isi ulang nitrogen secara gratis. Untuk mengetaui harga ban motor di Planet Ban, Anda bisa cek di www.planetban.com.

Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

Untuk menghindari kecelakaan, Anda bisa melakukan sejumlah hal berikut:

Perhatikan Barang Bawaan
Jika Anda membawa barang bawaan, pastikan barang-barang Anda tidak mengganggu posisi Anda saat bekendara. Jangan sampai barang bawaan Anda membuat posisi duduk menjadi tidak nyaman dan mengganggu posisi pijakan kaki.

Fokus Berkendara
Selalu fokus dengan kondisi jalan raya. Jika hendak menyalip kendaraan, pastikan tidak ada kendaraan lain yang menghalangi Anda sebelum berpindah jalur.

Atur Spion
Spion berfungsi untuk melihat kondisi kendaraan yang berada di belakang agar Anda tidak ditabrak dari belakang saat hendak berpindah jalur. Atur spion pada posisi yang pas sebelum berkendara. Pastikan kaca spion bisa membuat Anda melihat lalu lintas si belakang. Tujuannya agar Anda dapat lebih mudah berpindah jalur tanpa menghalangi kendaraan lain dari belakang.

Gunakan Perlengkapan Berkendara
Gunakan Perlengkapan Safety Riding Gunakan helm, jaket, sarung tangan, celana yang cukup tebal dan sepatu saat berkendara. Selain untuk menjaga kondisi tubuh dari angin, perlengkapan tersebut juga dapat mengurangi resiko cedera dan luka parah jika terjadi kecelakaan.

Pastikan Anda berkendara dengan aman dan tidak ugal-ugalan. Tetap patuhi aturan lalu lintas dan hargai sesama pengguna jalan.