Salah satu ketakutan saat berkendara di jalan adalah ketika sepeda motor yang dikemudikan mendadak mati mesin. Terlebih lagi jika jalur yang dilewati adalah jalanan kecil yang jauh dari bengkel dan tidak ada yang dapat membantu.

Kejadian seperti ini mungkin pernah Anda alami. Jika belum, sebaiknya Anda lebih peduli dan memperhatikan kondisi sepeda motor Anda. Motor yang mendadak mati, umumnya disebabkan oleh kondisi motor yang kurang prima. Sejumlah komponen mesin telah bekerja terlalu lama hingga akhirnya mengalami penurunan fungsi.

Bahan Bakar

Kendaraan bermotor membutuhkan bahan bakar untuk bekerja. Jika mesin motor mati secara tiba-tiba padahal mesin terawat dengan baik dan rutin melakukan perawatan di bengkel resmi, maka bisa jadi bahan bakar adalah penyebab utamanya.

Jenis bahan bakar yang digunakan berpengaruh besar pada proses pembakaran setiap motor. Oktan yang rendah akan menimbulkan jumlah timbal yang lepas menyumbat klep sehingga motor mendadak mati. Menggunakan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi, bisa menjaga kualitas mesin motor dan mencegah mati mesin.

Salah satu penyebab mesin motor mati mendadak juga disebabkan karena terjadi penyumbatan pada saluran bahan bakar bensin yang masuk ke karburator. Penyumbatan ini bisa disebabkan karena ada kotoran dibagian selang bensin menuju karburator sehingga bensin tidak normal atau bahkan tidak dapat mengalir.

Termasuk juga filter udara.

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar agar tidak bercampur dengan kotoran dan debu sehingga campuran udara dan bensin lebih sempurna. Jika kondisi filter udara kotor maka akan berakibat pada tarikan gas motor jadi berat dan motor akan mendadak mati atau mogok.

Overheat Mesin

Penyebab overheat pada mesin motor karena sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat. Ring piston menjadi kering sehingga motor akan mendadak mati. Suhu panas tersebut muncul dari sistem pembakaran atau dari gesekan-gesekan yang terjadi antra piston dan liner boring. Panas tidak mampu diredam dengan pelumas membuat suhu cepat naik, akibatnya piston memuai dan macet pada liner boring.

Oli mesin pada sepeda motor bisa berkurang karena digunakan untuk perjalanan jarak jauh yang bisa berakibat oli menguap melalui pori-pori endapan mesin. Oli mesin berkurang karena lemahnya ring piston yang mengakibatkan motor mengeluarkan asap karena oli ikut terbakar. Dengan begitu oli akan berkurang terus sehingga disaat mengendarai motor pada suhu yang panas mengakibatkan motor mati mendadak.

Pengapian

Sistem pengapian motor Juga terdiri dari spul, kiprok, CDI, dan ignition coil. Spul dan kiprok menjadi komponen utama untuk suplai arus listrik pada sistem kelistrikan motor. JIka arus listrik bermasalah, maka api dari busi tidak menyala dan pembakaran tidak kan terjadi. Kalau pembakaran tidak terjadi maka motor tidak akan bisa dihidupkan.

Lakukan Servis Rutin

Dalam kondisi tertentu api busi yang terlalu kecil juga bisa menyebabkan mesin motor mati. Mesin motor yang brebet menjadi gejala awal mogok. Ketika suara mesin motor Anda mulai brebet, pembakaran tidak terjadi secara sempurna. Akibatnya, power menjadi rendah untuk melalukan kompresi dan langkah piston akan terhenti. Hal ini lah yang menyebabkan mesin motor mati secara mendadak.

Pastikan Anda selalu malakukan servis pada mesin motor Anda di bengkel resmi secara berkala. Lakukan servis rutn setiap 2 bulan sekali agar kondisi sepeda motor tetap sesuai dengan standar pabrik.