Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi paling potensial di Indonesia. Dibandingkan kendaraan roda 4, sepeda motor lebih banyak “merajai” jalanan. Tidak heran, bengkel motor yang menjual sparepart dan aksesoris motor juga lebih banyak dibandingkan dengan mobil. 

Seiring berjalannya waktu, sepeda motor akan mengalami penurunan fungsi. Saat kilometer sudah mencapai angka 20.000km saja, sepeda motor sudah terasa lebih berat untuk digunakan. Bodi yang mulai lecet akibat bersenggolan dengan kendaraan lain, performa mesin yang sudah mulai aus, ban yang mulai botak, lampu yang meredup dan lainnya merupakan indikator bahwa motor Anda butuh peremajaan.

Solusinya? Tentu saja harus di service! Namun sayangnya, service tidak 100% mengembalikan kondisi motor seperti baru lagi. Biasanya, sepeda motor akan terasa lebih baik dalam kurun waktu sekitar 1 minggu. Lalu, seiring berjalanannya waktu, kinerja mesin motor akan kembali menurun. Tidak perlu khawatir. Hal ini adalah lumrah terjadi pada mesin kendaraan. Oleh sebab itu, ada yang namanya modifikasi.

Namun, modifikasi mesin sepeda motor tidak dianjurkan untuk motor yang digunakan dalam aktifitas berkendara harian. 

Service motor idealnya dilakukan setiap 3 bulan sekali, sementara penggantian oli mesin. Namun, untuk menjaga kualitas mesin tetap stabil, tidak cukup hanya dengan melakukan service motor saja. Cara berkendara yang baik juga sangat dianjurkan. Meningkatkan kecepatan secara bertahap dapat membantu mengurangi beban kerja mesin motor.

Di samping melakukan service motor, Anda juga wajib melakukan penggantian oli mesin secara bertahap dan rutin dengan waktu yang tepat. Idealnya, ganti oli mesin dilakukan setelah menempuh jarak 3000km. Gunakan oli mesin berkualitas dengan spesifikasi yang sesuai dengan mesin motor Anda. Di Planet Ban, tersedia Oli X-Ten dengan 6 varian spesifikasi untuk jenis motor yang berbeda.

Ganti juga aki motor Anda dengan aki yang baru setelah menempuh perjalanan sejauh 40.000km atau setelah penggunaan selama 2 tahun. Suplai listrik yang baik akan turut menjaga performa motor menjadi lebih tahan lama. Ganti aki motor Anda di Planet Ban terdekat.

Mengurus sepeda motor tidak hanya bergantung pada mesin. Ban motor akan juga perlu penggantian secara berkala. Jangan tunggu hingga ban motor menjadi botak licin untuk melakukan penggantian. Jika ban motor pernah mengalami bocor akibat tertusuk benda tajam, maka sebaiknya ban motor diganti dengan ban baru. Sisa bekas tambalan ban motor dapat merusak lapisan ban di sekitar lubang. 

Perhatikan kualitas performa ban motor Anda. Jangan lalai dalam melakukan peremajaan mesin melalui service dan ganti oli mesin untuk menjaga mesin motor tetap stabil dan nyaman digunakan.