Saat bulan Ramadhan tiba, umat Islam akan menjalani ibadah puasa. Dimana dalam ibadah tersebut, Anda yang berpuasa harus menahan lapar dan haus, serta segala macam bentuk hawa dan nafsu. Bukan hal yang mudah untuk melakukannya, terutama jika tetap diiringi dengan padatnya rutnitas kerja.

Puasa Sambil Tetap Beraktifitas

Pada dasarnya, puasa bukanlah halangan untuk tetap berktifitas seperti biasa. Anda tetap bisa beraktifitas seperti biasa. Beberapa perusahaan, mungkin merubah atau mengurangi jam kerja selama puasa untuk meringankan beban puasa agar tidak terlalu lelah.

Saat puasa, Anda harus tetap menjaga asupan nutrisi dengan menjaga makanan yang dikonsumsi. Setelah berbuka puasa dan sahur, Anda harus mencukupi kebutuhan cairan agar tidak cepat dehidrasi. Selain itu, jam tidur Anda juga cenderung berkurang karena harus bangun sahur dan lansung bersiap-siap untuk berangkat kerja.

Asupan nutrisi dan jam tidur yang tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh dapat mempengaruhi kesehatan. Hal ini akan sangat terasa bagi Anda yang menggunakan sepeda motor dalam beraktifitas sehari-hari.

Mengendarai Motor Saat Puasa

Beraktifitas saat puasa membuat tubuh jadi lebih cepat lemas dan mengantuk. Hal ini juga dapat mengruangi konsentrasi sementara Anda harus mengendarai sepeda motor. Kurangnya konsentrasi pada saat mengendarai motor dapat berakibat fatal. Malah, Anda bisa mengalami kecelakaan.

Saat mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi, tubuh Anda akan diterpa angin akibat gerak laju kendaraan. Dalam keadaan yang cenderung lapar karena asupan makan yang kurang. Hal ini bisa membuat Anda “masuk angin” sehingga suhu tubuh menjadi naik dan perut mengalami kembung.

Kurangnya asupan nutrisi juga dapat membuat Anda mudah lelah. Sebaiknya, hindari berkendara sepeda motor dalam jarak jauh di siang hari. Selain dehidrasi dan perut kembung, Anda juga bisa kehilangan konsentrasi dan mudah lelah serta mengantuk. Hal ini dapat membahayakan Anda jika memaksa untuk berkendara.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat, pastikan Anda makan makanan dengan gizi yang seimbang saat sahur dan berbuka puasa. Cukupi asupan karbohidrat, protein dan serta vitamin. Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih agar tidak cepat dehidrasi. Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan tidur Anda selama berpuasa.

Tentunya, Anda bisa tetap beraktifitas seperti biasa sambil menjalankan ibadah puasa. Namun, jangan beraktifitas terlalu lelah dan berkendara terlalu lama karena tubuh Anda bisa kelelahan. Cukupkan istirahat di sela-sela beraktifitas. Jika Anda kelelahan saat berkendara jauh, maka menepilah untuk beristiahat.