Mesin Sepeda Motor

Sepeda motor menjadi raja jalanan karena lebih mendominasi jalan raya. Selain karena harganya yang relatif lebih murah, motor juga merupakan kendaraan yang cukup praktis dan lebih fleksibel untuk digunakan kemana pun. Sepeda motor juga cukup bisa diandalkan untuk perjalanan jauh seperti lintas provinsi. Banyak motor yang dengan kapasitas mesin yang lebih besar dan juga menggunakan sistem pendingin seperti water cooler sehingga mampu untuk digunakan dalam jarak yang jauh.

Namun, terkadang pengendara motor masih kurang peduli terkait hal-hal penting pada sepeda motornya. Padahal motor injeksi hanya membutuhkan perawatan ringan untuk tetap nyaman dikendarai.

Jika Anda menginginkan mesin motor yang lebih awet, kualitas aki motor dan oli mesin adalah yang utama. Pengecekan tegangan aki dan ganti oli mesin harus rutin dilakukan agar mesin motor bisa menyala dan bekerja secara sempurna.

Aki Motor

Aki motor memiliki fungsi utama untuk starter mesin, terutama pada motor injeksi. Saat menghidupkan mesin, dibutuhkan tenaga penggerak awal untuk memutar poros engkol, sehingga piston dapat bergerak dengan sempurna agar terjadi pembakaran di dalam ruang bakar, sehingga mesin hidup. Untuk menjalankan sistem dynamo starter, maka dibutuhkan suplai listrik, dan suplai listrik ini diberikan oleh aki.

Selain itu, aki motor juga dapat menyimpan listrik. Pada saat mesin hidup, sumber listrik yang digunakan akan diproduksi oleh sepul. Selain digunakan untuk pengoperasian mesin, sebagian lainnya akan dikirim ke aki untuk disimpan. Aki menyimpan listrik agar selalu dalam kondisi penuh, karena jika tidak, maka jumlah listrik yang ada di aki akan terus berkurang seiring dengan digunakannya starter pada saat mesin akan dihidupkan.

Aki motor juga berfungsi sebagai stabilisator. Listrik yang dihasilkan oleh sepul atau alternator tidak memiliki jumlah yang konstan. Perputaran mesin yang naik turun merupakan akibat dari buka-tutup handle gas yang dilakukan saat berkendara. Akibatnya, cepat atau lambat putaran yang terjadi di alternator sesuai dengan putaran poros engkol. Ketika putaran mesin sedang tinggi, maka hasil listrik dari alternator juga akan tinggi, begitu pula sebaliknya. Pada sistem pengisian, kiprok dipasang untuk mengatur jumlah listrik yang dikirim ke pemakaian. Sedangkan kelebihan arus listrik akan disimpan di aki.

Banyak sekali beredar merk aki, tapi yang kita kenal ada beberapa merk. Pada sepeda motor, saat ini telah muncul aki bertipe kering untuk mempermudah melakukan perawatan. Aki memegang peranan yang sangat penting dalam kendaraan. Kondisi aki yang sudah mulai soak dan tidak berfungsi, sebaiknya segera diganti, agar tidak merusak komponen kelistrikan lainnya pada sepeda motor.

Mau Dapat Hadiah Total 2 Miliyar? Klik Di Sini!

Oli Motor

Selain aki motor, kebutuhan oli pada sepeda motor tentunya tidak dapat dipungkiri lagi. Cairan pelumas ini sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran kinerja mesin maupun komponen lainnya dalam motor. Cara menjaga kualitas mesin motor, tergantung dari perawatan motor tersebut. Hal paling sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan motor secara wajar, melakukan servis motor secara rutin, dan mengganti oli secara berkala.

Oli mesin memiliki fungsi utamanya yaitu sebagai bahan pelumas antar komponen mesin agar bekerja dengan baik dan bebas gangguan. Oli mesin dapat mengurangi gesekan antara komponen mesin motor satu dengan yang lain. Gesekan tersebut dapat menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus, mengurangi tenaga yang dihasilkan bahkan dapat menghasilkan kotoran dan panas. Agar gesekan pada komponen mesin yang berkaitan dapat dikurangi, maka bagian tersebut akan dilapisi oli pelumas.

Oli mesin pada motor juga berfungsi sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan proses pembakaran di dalam silinder dan panas yang dihasilkan dari gesekan antar komponen. Oli mesin dengan kualitas yang bagus tidak akan membuat mesin menjadi overheat saat digunakan menempuh jarak yang jauh.

Saat menggunakan sepeda motor untuk berkendara dalam jarak yang jauh, oli mesin akan menjadi perapat celah antara piston dengan silinder. Oli mesin juga dapat mengurangi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran dengan membuat lapisan oli yang mengisi celah antara piston dan silinder. Sisa pembakaran hasil gesekan antar komponen mesin juga akan dibersihkan oli oli mesin. Oli mesin akan membantu membawa kotoran tersebut sehingga bagian yang bergesekan tetap bersih.

Oli juga akan meredam getaran dan suara bising hasil benturan piston, batang piston dan poros engkol sehingga suara mesin lebih halus dan sebagai anti karat untuk melapisi bagian logam untuk menghindari kontak langsung dengan udara atau air.

Dalam jarak tempuh 2.000km, oli mesin sebaiknya diganti. Hal ini bertujuan untuk menjaga kinerja mesin tetap awet dan mengurangi kadar kotoran yang tertampung oleh oli mesin. Sebaiknya gunakan merek oli yang sama saat penggantian. Kadar kimiawi pada tiap-tiap oli mesin berbeda-beda. Jika sering mengganti oli dengan merek yang berbeda-beda, maka kandungan kimiawi akan mengendap dan dapat mengurangi fungsi mesin secara berkala.

Cari Ban Corsa Untuk Sepeda Motor? Klik Di Sini!

Dapatkan aki motor dan oli motor terbaik untuk sepeda motor Anda di Planet Ban. Kunjungi Planet Ban terdekat untuk mendapatkan aki motor dan oli motor yang sesuai dengan kebuituhan sepeda motor Anda. Gratis pemasangan setiap pembelian aki dan oli mesin untuk sepeda motor Anda!