Dua Jenis Pembuatan Ban

Sedikitnya ada lebih dari 100 bahan yang diperlukan untuk membuat sebuah ban motor. Bahan-bahan tersebut berperan penting dalam pembuatan ban meliputi keselamatan, efisiensi bahan bakar, performa, dan kualitas yang ramah lingkungan. Komponen ini dibagi dalam beberapa kelompok:

Karet alami dan karet sintetis yang menjadi komponen utama dari lapisan tapak

Karbon hitam dan silika sebagai bahan penguat untuk meningkatkan daya tahan

Kabel penguat tekstil dan metalik untuk membentuk kerangka ban yang membuat bentuk geometri dan memberikan sifat kaku.

Bahan-bahan kimia untuk komponen campuran yang berfungsi untuk resistansi gulir rendah atau daya cengkeram ultra tinggi

Proses tersebut kan melahirkan dua jenis ban motor, yaitu ban motor tubetype dan tubeless. Ban motor tubetype adalah ban motor konvensional yang terdiri dari 2 komponen: ban luar dan ban dalam. Ban luar adalah ban dengan permukaan yang langsung menyentuh aspal sementara ban dalam adalah lapisan ban dengan karet yang lebih tipis untuk menampung udara dan berada di dalam ban luar melapisi velg.

Penggunaan ban pada sepeda motor, terbagi atas 2 jenis, yaitu ban tubetype dan ban tubeless. Ban tubetype merupakan ban yang menggunakan ban dalam (innertube) dan umumnya digunakan pada sepeda motor dengan velg jari-jari. Sedangkan ban tubeless adalah ban tanpa ban dalam yang biasanya digunakan pada sepeda motor dengan velg racing.

Ban tubeless adalah ban motor yang lebih sederhana dan praktis. Umumnya ban tubeless digunakan pada velg racing yang lebih rapat tanpa celah dibandingkan velg jari-jari. Ban tubeles hanya berupa ban luar yang bersentuhan dangan aspal dan bisa menampung udara. Pada ban tubeless, idelanya menggunakan gas nitrogen agar lebih optimal dalam berkendara.

Sudah tau perbedaan ban tubetype dengan ban tubeless? Jika dilihat langsung, memang tidak terlihat berbeda antara ban tubetype dan ban tubeless. Namun jika melihat velg motor yang digunakan, umumnya baik pengguna maupun penjual ban sudah mengetahui kebutuhan ban motornya.

Pernahkah Anda bertanya, apa perbedaan ban motor biasa dengan ban motor balap sekelas MotoGP? Apakah keduanya menggunakan ban yang sama? Secara umum, keduanya menggunakan ban tubeless. Namun secara teknis, ban yang digunakan di kejuaraan MotoGP tentunya adalah ban khusus untuk berkendara dengan kecepatan tinggi.

Ban tubeless sendiri juga terbagi dari dua tipe, yaitu ban Bias dan ban Radial. Lalu, apakah perbedaan ban Bias dan ban Radial?

Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak digunakan. Ban tubeless dengan struktur bias umumnya menjadi ban standar dalam berkendara harian. Struktur Bias dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka (frame) dari ban. Ban dengan struktur bias cenderung lebih mudah ditemui di toko-toko otomotif yang menjual ban sepeda motor.

Pada dasarnya, ban bias dibuat dengan susunan dua benang atau lebih yang melingkar dari bead ke bead dengan membentuk sudut 40 derajat hingga 65 derajat terhadap garis tengah lingkaran ban.

Perbedaan Pola Konstruksi

Ban radial memiliki konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban.

Bagian dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan "Breaker" atau "Belt". Sabuk ban radial terbuat dari baja dengan tapak lebih kaku, lebih tahan guncangan, dan tidak cepat aus. Itulah yang menjadikan ban dengan struktur radial lebih sering digunakan oleh pengendara sepeda motor yang berkendara dengan kecepatan tinggi dan melintasi jarak tempuh yang jauh.

Ban jenis ini memiliki sedikit deformasi dalam bentuknya dari gaya sentrifugal, walaupun berputar pada kecepatan tinggi dan dalam waktu yang lama akibat jarak tempuh yang panjang. Meski kerap digunakan melaju dalam kecepatan tinggi dan jarak yang jauh, ban radial ini memiliki "Rolling Resistance" yang kecil sehingga meringankan konsumsi bahan bakar.

Melihat banyaknya perbedaan struktur dan daya tahan, kedua ban ini juga memiliki perbedaan harga. Ban tubeless dengan konstruksi bias lebih mudah ditemukan dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Sedangkan ban radial memiliki harga yang jauh lebih tinggi.

Ban bias bisa ditemukan di sejumlah merek dan tipe ban. Karena merupakan ban yang umum digunakan, ban bias memiliki harga yang lebih murah dibandingkan ban radial. Harga ban radial cenderung lebih mahal karena biasanya ban jenis ini diproduksi untuk motor sport yang biasa melaju dengan kecepatan tinggi.

Butuh ban radial atau ban bias untuk motor Anda? Tentunya bisa Anda temukan di Planet Ban sebagai pusat ban motor. Berbagai merek dan type ban motor, tersedia di Planet Ban! Ayo ganti ban motor Anda di Planet Ban terdekat di kota Anda!