Mudik merupakan aktifitas perjalanan pulang kampung untuk mengunjungi orang tua maupun saudara di luar kota. Tradisi perjalanan mudik ini selalu berlangsung setiap tahunnya, khususnya menjelang hari raya Idul Fitri. Mudik bisa dilakukan dengan transportasi umum, seperti kereta, bus pesawat hingga kapal laut, dan ada juga yang melakukannya dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor.

Servis Dan Persiapan

Mendekati hari raya Idul Fitri 1429 Hijriyah, sejumlah pengguna sepeda motor mulai disibukan dengan perawatan menjelang mudik. Meskipun akan menempuh pejalanan yang lebih jauh dan melelahkan, mudik dengan sepeda motor selalu menarik banyak peminat karena lebih irit ongkos. Umumnya pemudik menggunakan sepeda motor matic, motor sport dan bebek. Namun motor matik injeksi adalah jumlah terbanyak.

Untuk persiapan mudik, perlu sejumlah pengecekan terhadap sepeda motor, mulai dari infus injector, pemeriksaan kanvas rem dan minyak rem, oli mesin, rantai atau Continous Variable Transmission (CVT) serta vanbeltnya (motor matic) serta ban.

Khusus di Planet Ban, Anda bisa mendapatkan oli X-Ten dan sejumlah ban motor berkualitas untuk beragam jenis sepeda motor. Berbagai merek dan tipe ban motor untuk matic, bebek, sport dan trail, tersedia di Planet Ban. Harga ban motor di Planet Ban, tentunya terjangkau. Klik merek ban yang Anda butuhkan di kolom pencarian www.planetban.com untuk mengetahui harga ban tubeless atau harga ban tubetype di Planet Ban.

Tidak hanya ban, Planet Ban juga menghadirkan oli X-Ten untuk semua jenis sepeda motor. Ada juga aki dengan teknologi ultra-gel dari Bosch, kampas rem dan cairan antibocor untuk ban tubeless. Nikmati layanan gratis biaya pasang ban dan gratis isi ulang nitrogen selama pemakaian ban.

Barang Bawaan

Selain naik kereta api, bus, mobil, dan pesawat terbang, mudik naik motor adalah salah satu opsi mudik yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Perjalanan mudik dengan sepeda motor memberi kebebasan kepada pemudik untuk lebih fleksibel dalam perjalanan. Selain itu, motor yang dibawa pun berguna untuk proses silaturahmi lebaran di kampung halaman,

Lalu, barang apa saja sih yang diperlukan untuk perjalanan mudik naik motor?

Bekal Makanan
Pastikan Anda cukup makan saat sahur jika hendak melakukan perjalanan pagi. Begitu pula saat berbuka puasa jika Anda akan melakukan perjalanan malam. Meskipun Ada banyak warung atau tempat makan di jakur mudik, namun dikhawatirkan jika Anda terjebak di kondisi macet dan kesulitan mencari bekal.

Tas Baju Yang Fleksibel
Anda tentunya membawa baju untuk libur lebaran di kampung halaman. Namun, jika mudik dengan sepeda motor, Anda harus membawa tas pakaian dalam ukuran yang kecil dan fleksibel untuk dibawa. Jangan sampai barang bawaan Anda mengganggu kenyamanan berkendara

Jaket
Berkendara sepeda motor untuk jarak yang jauh membuat tubuh terpapar angin di sepanjang jalan. Maka dari itu, penggunaan jaket tebal sangat dianjurkan. Terlebih untuk jarak tempuh jarak jauh ketika mudik. Pastikan agar jaket yang dipilih nyaman, pas di badan, dan kalau perlu tahan air untuk keselamatan.

Rompi pelindung dada
Jaket saja tidak cukup untuk melindungi paru-paru Anda selama perjalan. Sebaiknya, Anda melengkapi jaket dengan rompi pelindung dada. Dengan bahannya yang tebal, akan membuat dada Anda aman dari hempasan angin saat berkendara, terutama dengn kecepatan tinggi.

Obat-obatan
Cuaca dan ketahanan fisik serta stamina selama perjalanan mudik tidak bisa diprediksi.
Oleh karena itu, selalu sediakan obat-obatan standar, seperti obat anti mabuk, obat pusing, demam, flu, serta obat masuk angin, lengkap dengan balsam dan koyo. Jangan lupa untuk membawa obat sebagai antisipasi untuk Anda yang memiliki penyakit tertentu seperti asma atau lainnya.

Jas hujan
Untuk mengantisipasi cuaca buruk dan hujan, sebaiknya Anda juga membawa jas hujan. Pastikan jas hujan tersebut bisa dibawa tanpa mengurangi ruang untuk kenyamanan berkendara Anda.

Sarung Tangan
Sarung tangan akan melindungi tangan Anda dari resiko belang karena sinar matahari. Selain itu, sarung tangan juga akan melindungi tanganmu dari benturan dan dapat mencegah keringat yang membasahi dan membuat tangan menjadi licin saat memegang setir.

Helm Yang Nyaman
Pastikan Anda berkendara dengan menggunakan helm yang sesuai standar. Gunakan helm yang nymaan dan pas di kepala agar tidak membuat leher pegal selama berkendara.

Masker
Penggunaan masker saat berkendara sangat baik untuk melindungi pernapasan Anda dari debu, bau, dan polusi di sepanjang perjalanan mudik. Terlebih saat macet yang mengharuskan Anda harus bergulat dengan asap kendaraan dalam jarak dekat dan waktu yang lumayan lama.

Gunakan Sepatu
Untuk berkendara jarak jauh, sebaiknya Anda menggunakan sepatu. Sepatu dapat melindungi kaki dari panasnya matahari dan basah saat hujan turun

Sejumlah barang bawaan yang dapat digunakan tadi adalah pelengkap untuk Anda selama berkendara. Pastikan Anda berkendara dengan baik, tidak ngebut dan ugal-ugalan dan tetap mematuhi peraturan lalu lintas.

Sebagai #TemanMudik2018, Planet Ban akan selalu bersedia melayani kebutuhan sepeda motor Anda selama di perjalanan. Anda bisa mengunjungi toko Planet Ban terdekat untuk ganti ban, ganti oli, aki dan kampas rem. Untuk pemilik kartu member Planet Ban, Anda bisa mengisi nitrogen gratis, cek oli dan cek kondisi aki secara gratis.

Jangan ragu untuk berkunjung ke Planet Ban selama mudik Lebaran 2018 ini. Untuk mengetahui harga ban di Planet Ban, Anda bisa cek di www.planetban.com.