Sepeda motor memiliki bentuk, tipe, ukuran dan standar kegunaan. Sebelum membeli sepeda motor, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan.

Jenis Motor

Bagi pecinta otomotif, Anda mungkin mengetahui tentang beberapa jenis motor. Mulai dari tipe standar, hingga motor custom. Tapi, tidak sedikit juga di antara yang belum mengetahuinya, terutama bagi mereka yang ingin memiliki sepeda motor pertamanya. Kira-kira, apa saja jenis motor yang ada?

Bebek
Motor bebek merupakan tipe motor standar yang pertama hadir di dunia otomotif, khususnya di Indonesia. Tipe ini adalah tipe sepeda motor manual tanpa kopling yang memiliki Kapasitas silinder yang kecil. Dengan Motor jenis ini adalah motor yang paling banyak dipakai di Indonesia. Dengan kapasitas mesin yang tidak terlalu besar namun bandel, membuat motor ini menjadi andalan sebagian besar orang untuk menggunakannya untuk ativitas sehari-hari mereka.

Matic
Motor matic adalah tipe motor yang menggunakan transmisi otomatis dalam melakukan perpindahan gigi. Motor jenis ini sangat cocok untuk digunakan di jalanan yang padat dan sering mengalami kemacetan. Cukup menarik tuas gas dan menark rem saja. Motor matic merupakan motor yang sangat popular di Indonesia akhir-akhir ini. Awalnya, motor matic didisain khusus sebagai motor untuk pengendara wanita. Namun, ternyata motor matic juga juga diminati oleh pengendara pria. 

Sport
Motor sport adalah motor yang memiliki tenaga dan kecepatan yang besar dengan silinder yang besar. Umumnya silinder motor sport yang ada di Indonesia berkisar antara 150cc hingga 1000cc. Umumnya motor ini biasa digunakan untuk aktifitas balap. Namun, tidak sedikit juga yang menggunakannya untuk aktifitas berkendara harian. Dengan tampilan yang gagah, umumnya motor sport lebih diminati oleh pria penghobi motor.

Trail
Motor trail adalah motor khusus untuk jalanan berlumpur atau medan yang curam di lintasan gunung. Meski terkesan sangar dan extreme, motor trail memiliki torsi yang besar dengan bobot yang relatif ringan sehingga sangat nyaman untuk digunakan di jalanan yang penuh rintangan. Ban motor trail juga memiliki bentuk yang lain dan biasa disebut "ban tahu" dengan pola yang menonjol.

Beli Motor Sesuai Kebutuhan

Sebelum Anda membeli sepeda motor, tentukan dulu: untuk apa sepeda motor tersebut?

Berkendara Harian
Sepeda motor yang digunakan untuk berkendara harian haruslah simple dan nyaman digunakan. Sepeda motor untuk berkendara harian haruslah yang memiliki mesin yang awet dan tidak boros bensin. Hal ini penting, mengingat motor tesebut akan digunakan sehari-hari dengan jarak yang jauh maupun dekat. Dalam hal ini, motor bebek dan matic 110-125cc adalah pilihan yang tepat.

Motor untuk aktifitas sehari hari juga harus nyaman dan mampu melintas di jalanan sempit karena besar kemungkinan, pengendaranya akan melintas di jalur padat yang macet. Motor harian juga harus lincah dan gesit untuk menyalip kendaraan lainnya.

Hobi Touring
Melakukan perjalanan jauh untuk menikmati keindahan suatu tempat memang menyenangkan. Terutama jika perjalanan dilakukan di pagi hari dengan menggunkana sepeda motor. Namun, untuk perjalanan jauh diatas 50 kilo meter, membutuhkan motor yang nyaman untuk dikendarai dalam waktu lama. Suspensi yang nyaman, mesin yang tidak cepat panas dan mampu menahan beban cukup berat adalah pilihannya.

Sejumlah pabrikan motor menciptakan varian motor sport seri “naked” dengan silinder besar namun nyaman digunakan untuk perjalanan jauh. Dengan tangki bensin dibagian depan, memudahkan Anda dalam mengisi bahan bakar saat perjalanan.

Tidak hanya motor sport, beberapa pabrikan motor juga telah memproduksi motor matic ukuran besar alias “matic sport” dengan kapasitas silinder mesin 150cc. Baik motor sport “naked” dan “matic sport”, terbilang lebih nyaman untuk digunakan dalam perjalanan jarak jauh.

Akselerasi Tinggi
Meski dijuluki motor sport, namun tidak semua motor seri “Racing” benar-benar diciptakan untuk aktifitas balap. Meski memiliki tampilan racing, sejumlah motor dengan silinder 150cc, sebaiknya tidak dikendarai dalam kecepatan tinggi, terutama di jalan raya. Aktifitas balap, lazimnya dilakukan di sirkuit yang terafiliasi dengan IMI (Ikatan Motor Indonesia) dan berkaitan dengan event balap motor yang resmi.

Untuk Anda yang hobi dengan aktifitas balap atau tergabung dalam klub motor, ada kriteria khusus untuk motor yang bisa digunakan dalam aktifitas balap secara resmi. Idealnya, motor untuk balapan dengan akselerasi tinggi, memiliki besar silinder diatas 250cc. Dan umumnya, motor sport jenis ini juga tidak digunakan di jalan raya karena tarikan mesin yang kuat sehingga agak sulit untuk berjalan pelan.

Extreme Adventure
Bagi penghobi akselerasi di lintasan ekstrim seperti jalanan lumpur dan medan yang curam dan terjal, Anda sebaiknya menggunakan motor trail. Motor Trail diciptakan dengan bodi yang tangguh untuk “melompat” di lintasan yang tidak rata. Motor Trail juga cenderung flesibel untuk berbelok di tikungan curam. Dengan “ban tahu” yang menonjol, motor ini akan lebih menapak dijalanan dengan permukaan yang lembek dan berlumpur.

Demikian tips memilih sepeda motor sesuai kebutuhan berkendara. Pastikan Anda membeli motor yang tepat dan melakukan perawatan yang baik agar mesin motor tetap awet. Pilihlah motor yang lebih memungkinkan untuk digunakan secara rutin.