Baik pengguna maupun penghobi sepeda motor tentunya membutuhkan ban yang tepat, nyaman dan bergaya sesuai dengan riding style-nya. Banyak diantaranya yang merasa kesulitan menemukan ban untuk motor kesayangannya. Ban yang dibutuhkan, umumnya memiliki kualitas yang tahan lama, pattern yang menarik, dan nyaman di gunakan.

Menemukan ban yang sesuai dengan kebutuhan sekaligus keiginan memang tidak mudah. Selain untuk kenyamanan dan keamanan berkendara, ban motor juga akan mempengaruhi tampilan motor agar sedap dipandang.

Kriteria Ban

Keawetan merupakan hal terpenting bagi ban motor. Menggunakan sepeda motor dalam beraktifitas sehari-hari dan menempuh jarak puluhan kilo meter dapat mempengaruhi ketebalan ban. Semakin panjang jarak tempuh, maka ban akan semakin cepat menipis.

Selain itu, pattern juga memiliki peran penting untuk ban saat berkendara. Pattern ban berfungsi untuk memberi celah untuk air saat ban menyentuh jalan dengan genangan air. Hal ini akan mengurangi resiko ban tergelincir. Hal serupa juga berlaku di jalanan kering. Dengan pattern yang tepat dan sesuai untuk jalanan kering, ban motor akan terhindar dari slip, terutama saat melintasi jalanan menikung.

Elastisitas karet ban juga merupakan kualitas penting bagi ban motor. Ini bertujuan saat ban motor melintasi jalanan yang tidak merata. Elastisitas ban ini juga turut meringankan kinerja shockbreaker.

Tipe Ban

Sepeda motor yang hadir di Indonesia memiliki banyak varian. Dari mulai motor bebek bermesin 110cc, motor matic dengan tampilan khusus untuk ladybiker, motor sport berkapasitas mesin 150cc, bahkan motor sport dengan mesin 250cc. Banyaknya varian sepeda motor berbanding lurus dengan banyaknya tipa ban yang dihadirkan.

Mulai dari ban motor tipe tubetype yang merupakan ban motor dengan innertube (ban dalam). Ban motor tubetype umumnya digunakan untuk sepeda motor yang menggunakan velg jari-jari. Ban dalam pada ban tubetype bertujuan untuk menampung udara untuk mengisi ban.

Untuk motor dengan velg racing, ban tubeless lebih direkomendasikan. Ban tubeless adalah ban luar tanpa ban dalam. Meski begitu, ban tubeless mampu menampung udara dan tidak kan keluar melalui celah velg. Bahkan, meskipun tertusuk benda tajam dan terjadi kebocoran, ban tubeless tidak akan langsung bocor.

Ban tubeless juga tebagi dalam 2 jenis: ban bias dan ban radial. Ban bias dibuat dibuat dari banyak lembar cord yang menjadi rangka dari ban. Cord ini ditenun dengan pola zig-zag yang membentuk sudut 40 sampai 65 derajat terhadap keliling lingkaran ban. Ban jenis ini yang paling banyak digunakan. Sementara ban radial dibentuk dari lapisan serat yang menyilang pada lingkaran ban.

Selain ban harian, ada juga ban jenis offroad dengan pattern yang menonjol untuk jalanan tanah berlumpur. Umumnya ban ini oleh penghobi motor offroad. Karena penggunaannya yang khusus, umumnya ban offroad ini cukup sulit ditemukan di bengkel ban.

Tempat Mendapat Ban Motor Terlengkap

Planet Ban menyediakan ban motor terlangkap dari berbagai merek dan tipe yang bisa Anda dapatkan untuk sepeda motor Anda. Planet Ban menyediakan ban motor dari Michelin, Pirelli, Aspira Premio, Battlax, Corsa, Maxxis, Swallow, Zeneos, FDR dan IRC serta produk ban motor esklusif Planeto, Freak, Ecomax, dan B-Track.

Planet Ban menyediakan ban motor seusai kebutuhan pemotor yang di Indonesia. Planet Ban menghadirkan ban motor untuk berkendara harian yang nyaman digunakan untuk berkendara di jalanan perkotaan. Ada juga ban motor khusus untuk penghobi motor dengan tampilan yang khas dan stylish serta menunjang kenyamanan berkendara.

Aneka ban motor bebek dengan ring 17, bisa Anda dapatkan di sini!

Tidak hanya itu, untuk Anda yang berkendara menggunakan sepeda motor matic, Anda juga bisa mendapatkan ban dengan ring 14 di sini!

Planet Ban menyediakan ban motor untuk penghobi racing atau aktifitas balap motor. Ban motor racing kelas standar, slick, hingga ban radial yang aman untuk digunakan dalam berkendara dengan kecepatan tinggi. Kompon yang lebih menggigit untuk porsi berkendara di jalanan menikung tanpa khawatir slip.

Untuk penghobi motor trail yang senang beraktifitas di jalanan berlumpur, Planet Ban menyediakan ban offroad berkualitas untuk motor trail Anda. Grip yang lebih mencengkram di jalanan berlumpur memudahkan Anda untuk bisa tetap melaju tanpa dengan aman tanpa khawatir terjebak. Nyaman untuk aktifitas adventure di lintasan offroad di pegunungan.

Pengguna motor NMAX? Anda jugta bisa menemukan variasi ban motor ring 13 di sini!

Dapatkan ban motor yang Anda butuhkan, hanya di Planet Ban! Planet Ban merupakan pusat ban motor yang menjual ban motor dari berbagai merek dan tipe sesuai kebutuhan. Dengan lebih dari 600 toko, memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan ban motor Anda. Tidak hanya itu, Planet Ban juga menyediakan oli mesin, aki, kampas rem dan cairan antibocor untuk meningkatkan kinerja ban tubless. Bebas biaya pasang dan gratis nitrogen selama pemakaian ban!

Tidak sempat mengunjungi toko Planet Ban untuk beli dan ganti ban? Pesan ban motor secara online di www.planetban.com juga bisa! Pilih ban motor yang Anda mau, bayar, dan ban akan dikirim ke alamat rumah Anda atau ke Planet Ban terdekat untuk langsung dipasang. Tetap bebas biaya pasang dan gratis nitrogen selama pemakaian ban.

Mau lebih untung lagi?

Belanja kebutuhan sepeda motor Anda senilai Rp 50.000,- Anda berkesempatan ikutan Planet Ban Nyawer 2 Miliar dengan total hadiah mencapai 2 miliar rupiah untuk 1001 pemenang. Anda berkesampatan besar untuk menjadi salah satu pemenangnya!

Tunggu apa lagi? Ayo ke Planet Ban sekarang juga!