Setiap pengendara motor pasti pernah mendengar suara berdecit saat melakukan pengereman. Meski awalnya tidak terasa mengganggu, namun cukup mempengaruhi kenyamanan saat berkendara. Yang lebih parah lagi, ternyata dapat berpengaruh pada keselamatan karena bunyi tersebut bisa saja menjadi pertanda adanya masalah pada rem motor anak.

Ada beberapa penyebab rem berdecit. Kebanyakan pengendara sepeda motor berpikir bahwa kampas remnya sudah tipis dan aus. Keausan kampas rem sering kali terjadi lebih cepat karena terlalu sering menginjak rem.

Tidak selalu disebabkan oleh kampas rem yang menipis. Penyebab bunyi berdecit saat mengerem bisa saja terjadi meskipun kampas masih tebal. Hal tersebut karena kotoran yang menempel di kampas rem. Bisa juga disebabkan karena kampas yang terlumuri minyak dari seal yang bocor. Terkadang saat mengganti kampas rem, ruang pemasangan kampas rem tidak sekaligus dibersihkan. Hal ini membuat komponen rem tetap berdecit meski kampas masih baru.

Disamping kampas yang sudah menipis dan minyak seal yang bocor, penyebab rem berdecit juga diakibatkan karena campuran tembaga dalam kampas rem. Semakin banya campuran tembaga, maka kemungkinan munculnya bunyi berdecit akan lebih besar.

Biasakan untuk selalu memperhatikan kondisi komponen rem Anda. Hal ini sangat penting karena dapat mempengaruhi keselamatan terutama saat melaju terlalu kencang. Pastikan juga Anda menggunakan komponen rem sesuai standar pabrikan motor.

Untuk mendapatkan kampas rem yang berkualitas, dapatkan kampas rem tromol dan cakram dari Aspira dan RCA di seluruh toko Planet Ban terdekat di kota Anda!