Sepeda motor teknologi terbaru umumnya menggunakan sistem injeksi. Injeksi adalah sebuah metode pencampuran udara dengan bahan bakar dalam kendaraan bermotor untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Teknologi motor injeksi adalah teknologi penerus dari sistem karburator pada kendaraan bermotor.

Sistem Injeksi

Kinerja sepeda motor dengan sistem injeksi sangat bergantung pada aki. Selain untuk menyalakan lampu dan membunyikan klakson, aki menjadi sumber tenaga utama untuk menyalakan mesin dengan starter elektrik. Jika kualitas aki menurun dan bahkan soak, maka sepeda motor akan mogok dan tidak bisa dinyalakan meskipun dipaksakan.

Kebanyakan sepeda motor sekarang menggunakan starter elektrik sebagai suplai utama dibanding kick starter. Hal ini membuat daya aki lebih cepat cepat terkuras apalagi jika digunakan setiap kali mesin akan dinyalakan. Ditambah lagi jika jangkauan motor sehari-hari cukup singkat, membuat proses pengisian aki tidak maksimal.

Untuk mengantisipasi motor yang mogok mendadak akibat aki yang soak, Anda harus rutin merawat kondisi aki dan mesin motor. 

Menjaga Kualitas Aki

Cara sederhana untuk menjaga kualitas aki adalah dengan memanaskan mesin motor sebelum digunakan. Hal ini dapat membantu menjaga kondisi aki tetap prima. Lalu, apa saja yang dapat dilakukan ketika motor yang masih menggunakan karburator tiba-tiba mogok?

Anda bisa saja melakukan teknik mendorong motor yang mogok dengan memasukan gigi dua sambil menarik kopling dan mendorongnya hingga kecepatan tertentu kemudian kopling dilepas sehingga motor dapat hidup kembali. Anda juga bisa memiringkan motor untuk mengalirkan bahan bakar ke saluran bahan bakar. Aliran bahan bakar akan mengalir ke karburator mengikuti gaya gravitasi hingga kadar yang mencukupi untuk menyalakan mesin. Namun cara ini, tidak cukup efektif jika diterapkan pada motor injeksi.

Sementara untuk motor matik, Anda bisa melakukan kick starter secara berulang-ulang dengan posisi kontak Off agar bahan bakar memenuhi ruang bakar. Setelah itu, besar kemungkinan, motor akan menyala dengan kikck starter saat kontak pada posisi On. Sebenarnya cara ini dapat membantu mengisi kembali aki sedikit demi sedikit setelah beberapa kali di-kick starter.

Lalu, bagaimana jika aki benar-benar sudah tidak bisa dinyalakan?

Solusi Aki Mati

Tidak ada solusi lain jika aki motor Anda sudah benar-benar drop sehingga mesin motor sama sekali tidak bisa dinyalakan. Jika mesin motor yang mati mendadak akibat aki yang drop dan jauh dari bengkel motor, jangan panik! Planet Ban membuka Layanan Antar Aki Motor!

Layanan Antar Aki Motor dari Planet Ban ini bisa menjadi solusi jika aki motor Anda drop dan posisi Anda jauh dari bengkel motor. Anda bisa menghubungi customer service kami di nomor 0815-6055-605. Cukup sebutkan merek, tipe motor dan lokasi, maka tim kami dari Planet Ban akan tiba dalam waktu 30 hingga 60 menit dengan aki motor baru untuk motor Anda.

Layanan Antar Aki Motor ini, berlaku untuk wilayah Kota Depok dan sekitarnya, dan segera menyusul di kota-kota lainnya!

Pastikan kondisi aki tetap prima sebelum berkendara. Butuh aki baru saat darurat? Hubungi 0815-6055-605 untuk Layanan Antar Aki Motor berkualitas dari Planet Ban!