Pernah mengalami masalah dengan ban motor? Atau ban motor Anda sudah memasuki masa penggantian akibat pemakaian yang sangat lama?

Idealnya, pengunaan ban motor bagian depan dan belakang memiliki masa penggantian yang berbeda. Jika sepeda motor digunakan secara rutin dalam beraktifitas, maka ban motor bagian belakang umumnya diganti pada bulan ke 10 atau ke 12. Sedangkan ban motor bagian depan diganti pada bulan ke 14 atau 18. Ban motor bagian depan cenderung memiliki penggantian lebih cepat karena mengangkut beban yang lebih berat.

Penggantian ban motor harus dilakukan sebelum ban motor belum benar-benar botak atau mengalami keretakan. Menggunakan ban yang botak atau retak dapat mengakibatkan kecelakaan. Ban yang botak akan mudah mengalami slip, terutama di jalanan basah dan jalanan berpasir. Sementara ban yang retak akan mudah mengalami sobekan dan pecah saat digunakan untuk berkendara.

Gunakan Ban Motor Berkualitas

Memilih ban motor untuk digunakan tidak bisa sembarangan. Kualitas ban motor adalah yang paling utama untuk dijadikan pertimbangan. Ada banyak sumber yang bisa dijadikan refrensi untuk mengetahui kualitas ban. Sejumlah website official produk ban menyediakan informasi mengenai ban motor yang ada butuhkan.

Ban motor yang dijual di berbagai toko ban, umumnya dibuat dengan standar keamanan yang sama. Namun setiap pabrikan ban memberikan keunggulan yang lebih untuk para pengguna sepeda motor. Keunggulan yang paling terlihat adalah dari alur bannya.

Alur pada ban motor memiliki fungsi utama dalam membelah arus air saat ban motor digunakan pada jalanan basar. Alur ban motor yang melintang secara utuh dapat membelah air dengan lebih baik. Oleh sebab itu, ban motor dengan alur melintang ini umumnya adalah ban depan.

Selain untuk fungsi utama, alur ban juga dapat meningkatkan tampilan ban motor. Sejumlah ban motor memiliki alur ban yang unik dan menarik sehingga membuat tampilan motor menjadi lebih kece. Ada juga ban motor yang memiliki alur sporty untuk meningkatkan tampilan motor menjadi lebih gagah. Umumnya alur ban sporty ini ada di ban-ban ukurab besar untuk motor sport.

Selain alur, kompon ban juga menjadi kualitas yang perlu dipertimbangkan. Umumnya ban motor yang ditawarkan memiliki kompon medium yang terbilang cukup awet dan tahan terhadap jalanan yang tidak merata sesuai dengan kontur jalan di Indonesia.

Khusus ban tubeless motor sport, tersedia jenis ban bias dan ban radial. Mengutip liputan6.com, ban bias dibuat dibuat dari banyak lembar cord yang menjadi rangka dari ban. Cord ini ditenun dengan pola zig-zag yang membentuk sudut 40 sampai 65 derajat terhadap keliling lingkaran ban. Ban jenis ini yang paling banyak digunakan. Sementara ban radial dibentuk dari lapisan serat yang menyilang pada lingkaran ban. Sabuk ban radial terbuat dari baja dengan tapak lebih kaku, lebih tahan guncangan, dan tidak cepat aus.

Ban Motor Yang Murah

Umumnya, harga ban motor tidaklah murah. Terutama ban motor impor yang kualitasnya diakui mancanegara. Meski demikian, ban motor lokal tidak kalah kualitasnya dan memiliki harga yang lebih murah.

Pengguna sepeda motor yang memilih ban motor impor umumnya adalah penghobi sepeda motor. Penghobi motor ini biasanya adalah penikmat aktifitas touring, adventure, dan race. Penghobi sepeda motor hanya menggunakan sepeda motor kesayangannya di waktu-waktu tertentu.

Berbeda dengan pengguna sepeda motor dalam aktifitas sehari-hari. Pengguna motor harian umumnya lebih memilih ban lokal untuk sepeda motornya. Ban lokal untuk berkendara harian umumnya adalah ban basah yang memiliki banyak garis alur sehingga nyaman digunakan saat jalanan sedang kering maupun basah akibat hujan. Disamping itu, ban motor lokal juga memiliki harga yang relatif murah dan terjangkau.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada promo dan diskon untuk sejumlah merek ban hingga 25%! Tentunya akan lebih hemat untuk mendapatkan ban berkualitas! Tidak hanya itu, Ada juga program udian berhadiah dan benefit menarik dari Planet Ban!

Tempat Beli Dan Pasang Ban Motor

Planet Ban menyediakan sejumlah ban motor berkualitas dari berbagai merek ternama. Berbagai tipe ban, tersedia di Planet Ban dari mulai produk ban motor impor maupun ban motor lokal. Planet Ban juga menyediakan aneka jenis ban tubetype, tubeless bias, tubeless radial, ban offroad hingga ban berkualitas premium.

Di Planet Ban, Anda tidak hanya membeli ban motor saja. Anda bisa langsung melakukan instalasi pemasangan secara gratis. Setiap pembelian ban, Anda akan mendapat kartu member Planet Ban dengan fasilitas pengisian nitrogen secara gratis di seluruh toko Planet Ban. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengecek kondisi oli mesin dan kualitas aki dengan kartu member Planet Ban tersebut.

Toko Ban Motor Yang Nyaman

Planet Ban sangat berorientasi terhadap kepuasan konsumen. Demi membuat konsumen merasa nyaman, Planet Ban menghadirkan display toko yang bersih dengan susunan rak ban motor yang dapat mempermudah konsumen dalam melihat dan memilih langsung ban motor.

Mekanik yang terlatih dapat membantu Anda dalam mendapatkan informasi mengenai ban yang sesuai dengan sepeda motor. Selain itu, Planet Ban juga menggunakan mesin tyre chenger untuk proses penggantian ban sehingga velg roda motor lebih terjaga dan terhindar dari lecet.

Setiap proses penggantian ban, akan diikuti juga dengan pembersihan rumah tromol. Hal ini untuk kembali meningkatkan kinerja pengereman, mengingat bagian tersebut sering dimasuki debu akibat pemakaian motor.

Khawatir dengan kebocoran? Planet Ban kini menyediakan Layanan Bantu untuk konsumen yang membutuhkan bantuan di jalan. Layanan Bantu Planet Ban dapat membantu Anda menanggulangi kebocoran ban ban tubeless, ganti ban dalam, ganti ban luar dan ganti aki motor yang mati. Cukup hubungi 0815-6055-605 via telpon atau whatsapp, maka mekanik Planet Ban terdekat akan datang ke lokasi Anda.

Dapatkan ban motor berkualitas dengan harga terjangkau serta pelayanan terbaik dari Planet Ban!