Pada sepeda motor, ban menjadi satu faktor yang menentukan keselamatan dan kenyamanan berkendara. Ban merupakan komponen yang paling penting karena bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Bentuk, ukuran alur dan komposisi lainnya menjadi pertimbangan yang harus Anda tentukan dengan matang.

Tekanan Angin Ban Motor

Meski terdengar sepele, sebetulnya tekanan angin ban motor merupakan hal yang penting. Besar kecilnya tekanan angin akan mempengaruhi kekerasan ban. Dan ini, sangat mempengaruhi stabilitas serta kenyamanan berkendara.

Jika mengguanakan ban motor yang terlalu kempes, maka sepeda motor akan menjadi lebih berat. Hal ini membuat tapak semakin melebar sehingga motor akan lebih lambat dan ban gampang bocor. Bila dipompa secara asal sehingga ban motor menjadi terlalu keras, maka permukaan ban akan kerasa, sehingga akan sangat tidak nyaman karena daya serap ban berkurang ketika melintas di jalan yang tidak rata.

Lalu, bagaimana tekanan angin ban motor yang tepat?

Perbedaan Ban Motor

Ada banyak jenis motor yang digunakan sebagai kendaraan harian dalam beraktifitas. Yang paling banyak digunakan adalah motor matic, lalu motor bebek dan ada juga pengguna motor sport dengan cc yang besar. Perbedaan jenis motor tersebut juga memberi varian yang berbeda pada ban yang digunakan. Setiap ukuran ban pada jenis motor berbeda tentunya memiliki tekanan angin yang berbeda juga.

Tidak hanya perbedaan antara jenis motornya saja. Setiap ukuran velg dan ban yang digunakan oleh satu motor memiliki 2 ukuran ban yang berbeda antara ban depan dan ban belakang. Hal ini membuat tekanan angin ban motor yang depan dan belakang juga berbeda.

Perbedaan tekanan anggin ban motor depan dan belakang tidak hanya karena ukurannya saja. Hal ini juga akan mempengaruhi fungsi ban itu sendiri. Ban pada roda belakang berfungsi sebagai roda penggerak motor. Sementara ban roda depan berperan sebagai roda pengendali motor. Beban yang diangkut oleh roda belakang juga lebih besar dibandingkan roda depan. Ban belakang tidak hanya menopang bodi motor, namun beban penumpang dan barang bawaannya juga.

Pentingnya Cek Tekanan Angin Ban Motor

Agar ban motor berfungsi dengan baik, maka ban motor harus diisi dengan tekanan angin yang cukup. Ada perbedaan tekanan angin yang berbeda untuk setiap jenis ban motor.

Untuk motor-motor matic dan bebek dengan bobot ringan, maka tekanan angin pada roda depan yang dibutuhkan sekitar 28 sampai 30 PSI (pounds per square inch). Artinya, Anda bisa menggunakan 28 PSI jika sepeda motor Anda lebih sering digunakan sendiri, sementara tekanan angin 30 PSI adalah jika motor Anda digunakan untuk berboncengan atau menanggung beban berat.

Untuk roda belakang motor matic dan bebek, tekanan yang dipakai sekitar 34 - 36 PSI. Sama seperti diatas, tekanan 34 PSI untuk berkendara sendiri dan 36 PSI adalah Untuk digunakan jika berboncengan atau membawa beban tambahan..

Berbeda untuk jenis motor sport. Hal ini karena ukuran ban motor sport cenderung lebih besar dan menopang beban yang lebih berat dari pada motor jenis bebek atau matic.

Pada ban motor sport (dengan beban berkendara yang sama dengan motor bebek dan matic), untuk roda depan, sekitar 32 sampai 34 PSI, sementara ban motor pada roda belakang bisa sekitar 39 - 41 PSI.

Cek Tekanan Angin Ban Motor Secara Rutin

Tidak hanya sekedar mengetahui tekanan angin ban motor saja, Anda juga harus menjaga tekanan angin tetap terjaga selama pemakaian motor. Anda harus melakukan pengecek tekanan angin pada ban motor anda secara rutin. Terutama jika motor yang Anda merupakan alat transportasi harian.

Untuk mempermudah, Anda bisa melakukan pengecekan tekanan angin di Planet Ban terdekat. Bagi Anda yang telah berbelanja ban motor dari merek ban motor terbaik, Anda akan mendapat kartu member Planet Ban. Fasilitas dari kartu member Planet Ban adalah pengecekan tekanan angin secara gratis di seluruh toko Planet Ban terdekat di kota Anda!

Planet Ban menyediakan nitrogen gratis bagi pemilik kartu member Planet Ban yang telah berbelanja ban motor di Planet Ban. Nnitrogen memiliki stabilitas lebih baik dan dan tidak memuai pada suhu yang tinggi. Menjaga tekanan angin ban lebih lama selama digunakan berkendara.

Yuk, cek tekanan angin pada ban motor Anda. Gunakan kartu member Planet Ban untuk pengecekan tekanan angin dan isi ulang nitrogen gratis di Planet Ban terdekat!