Salah satu komponen penting selain mesin pada sepeda motor adalah ban. Ban motor memiliki fungsi utama untuk menapak di permukaan jalan. Ban menjadi penyalur tenaga mesin yang dihasilkan terhadap permukaan jalan. Untuk memaksimalkan kinerja motor saat dikendarai, tentunya dibutuhkan ban jenis tertentu untuk kenyamanan berkendara. Selain itu, ban juga membutuhkan perawatan yang optimal agar awet selama pemakaian.

Mengalami kebocoran ban motor adalah hal yang mengerikan, terutama saat berkendara di malam hari. Maka dari itu dibutuhkan kewaspadaan yang lebih tinggi dalam melintasi jalanan. Selain itu pemilihan ban motor yang tepat untuk sepeda motor merupakan kunci utama. Sebagai pengendara, Anda akan lebih memahami tingkat kenyamanan dari ban motor yang digunakan. Selain benda tajam, ada banyak faktor yang dapat mengurangi kualitas ban motor sehingga mudah sobek dan retak.

Ban Motor Tubeless

Terdapat 2 jenis yaitu ban tubeless dan ban tubetype yang biasa menggunakan ban dalam. Ban motor tubeless menjadi pilihan pengendara sepeda motor karena keunggulan ban yang tahan lama dan tidak langsung kempes saat bocor. Keunggulan dari ban motor tubeless adalah, jika terkena benda tajam yang langsung menancap di ban motor maka benda tajam tersebut langsung menutup lubang pada ban motor tubeless. Hal ini mencegah motor terpeleset karena angin yang berkurang.

Untuk perawatan dan penambalan jika terjadi tusukan benda tajam, ban motor tubeless akan lebih cepat namun sedikit lebih mahal dari segi biaya. Penambalan yang dilakukan umumnya akan lebih kuat sehingga pengguna ban motor tubeless tidak harus khawatir pasca tambal ban.

Jenis ban motor tubeless juga memiliki alur yang lebih unik dan bentuk yang lebih baik sehingga memiliki performa daya cengkram yang lebih maksimal dan stabil untuk segala kondisi jalanan. Pada dasarnya, ban motor tubeless hanya bisa dipasang pada kendaraan yang memiliki velg berjenis Casting Wheel (velg racing). Harga ban motor tubeless juga sedikit lebih mahal dibandingkan ban motor tubetype.

Ban Motor Tubetype

Berbeda dari ban motor tubeless, ban motor tubetype atau disebut ban motor dengan ban dalam adalah ban jenis konvensional. Ban motor tubetype ini sedikit lebih lemah dalam menghadapi benda tajam karena strukturnnya yang tidak sekeras ban tubeless sehingga lebih mudah bocor.

Meski demikian, ban motor tubetypr memiliki daya cengkram yang sama nyamannya dengan ban tubeless. Untuk kecepatan tinggi maupun untuk bermanuver, ban tubetype masih tetap nyaman terutama di jalanan basah. Alur ban tubetype biasanya memiliki garis tengah untuk membelah genangan air saat hujan.

Ban motor tubetype memiliki keunggulan sebagai ban yang sangat cocok dipakai di velg jari-jari atau Spoke Wheel (SW). Ban motor tubetype lebih tahan jika digunakan di jalanan yang tidak merata. Dari segi harga, ban motor tubetupe memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan ban tubeless.

Perawatan

Untuk perawatan ban motor baik tubetype maupun tubeless, sebaiknya menggunkan nitrogen dari pada angin biasa. Karena jenis Nitrogen jauh lebih ringan, lebih baik serta tidak mudah memuai sehingga kinerja mesin yang disalurkan oleh ban lebih ringan.

Tidak hanya asal isi nitrogen, jumlah kadar angin pada ban motor juga harus sesuai ketentuan. Ban yang kurang angin akan mengalami kebotakan yang lebih cepat jika seing digunakan. Ban yang kempes terebut akan memakan beban lebih banyak sehingga lebih cepat menipis.

Anda juga harus menghindari ban motor Anda dari jenis cairan selain air biasa. Jika ban terkena minyak oli, bensin ataupun air sabun, segera bilas dengan air bersih dan keringkan. Campuran zat kimia pada cairan tersebut akan merusak konstruk ban sehingga membuat ban menjadi cepat retak. Hindari juga menghantam lubang saat melaju cepat karena besar kemungkinan ban motor akan cepat benjol.

Dapatkan ban motor berkualitas di Planet ban terdekat di kota Anda. Setiap pembelian ban motor di Planet Ban mendapat layanan gratis pemasangan dan gratis isi nitrogen selama pemakaian ban.

Jangan lupa ikutan undian Planet Ban Nyawer 2 Miliyar periode 2! Setiap pembelanjaan produk apa saja senilai Rp 50.000 di Planet Ban, akan mendapat 1 nomor undian. Berlaku kelipatan juga. Yuk, kunjungi Planet Ban sekarang juga!