Melakukan perjalanan jarak jauh dengan mengendarai sepeda motor kesayangan, bisa menjadi salah satu alternatif untuk melepas penat. Jika Anda memiliki sepeda motor yang nyaman untuk dikendarai dalam jarak jauh dan memiliki keinginan untuk mengunjungi tempat-tempat baru yang lumayan jauh, Anda bisa mencoba untuk melakukan kegiatan touring.

Umumnya aktifitas ini diadakan oleh komunitas motor. Kebanyakan komunitas motor ini adalah pengguna sepeda motor besar dengan kapasitas mesin 150cc Namun sebetulnya, tidak ada standar khusus untuk sepeda motor yang digunakan untuk touring. Selama motor Anda dalam kondisi mesin yang prima, menggunakan pelumas baru dan kondisi ban yang masih bagus, tentunya bisa digunakan.

Persiapan Touring

Melakukan touring bersama teman-teman sesama pecinta motor, tentunya harus memiliki destinasi yang dituju. Untuk memulainya, Anda butuh sejumlah persiapan. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum mulai melakukan perjalanan touring.

Mula-mula, persiapkan sepeda motor Anda. Pastikan kualitas mesin motor dalam kondisi yang baik. Untuk memastikan kondisi motor dengan lebih meyakinkan, lakukanlah servis motor di bengkel resmi, sekirang-kurangnya, 3 hari menjelang keberangkatan. Jika Anda merasa kondisi mesin motor masih prima, setidaknya gantilah oli mesin. Penggantian oli mesin ini bisa dilakukan jika waktu penggantian Anda sudah berjarak sekitar 1 bulan dari waktu penggantian terakhir.

Tidak hanya oli mesin, aki motor juga penting untuk diperiksa kondisinya, terutama untuk sepeda motor modern tipe injeksi. Pengecekan aki motor bisa dilakukan di Planet Ban terdekat. Pastikan juga ban motor Anda masih jauh dari keausan: memiliki alur yang masih dalam, kompon yang baik dan berkualitas. Jika membutuhkan ban motor baru, Anda bisa membelinya di toko Planet Ban.

Fisik Dan Mental Yang Tangguh

Tidak hanya sepeda motor, sebagai pengemudi, Anda juga harus mempersiapkan fisik dan mental. Perjalanan yang menempuh jarak jauh dan memakan waktu lebih banyak, harus disikapi dengan kondisi fisik yang bugar. Saat melakukan perjalanan touring nanti, pastikan Anda pergi tanpa tekanan. Suasana hati yang senang membuat perjalanan Anda akan terasa menyenangkan.

Untuk melakukan touring, pastikan Anda melakukannya karena memang tertarik untuk mengunjungi suatu tempat dengan menggunakan sepeda motor. Meski menggunakan sepeda motor, bukan berarti Anda tidak akan kelelahan. Fisik yang sehat dan bugar akan menentukan kondisi Anda selama perjalanan.

Agar tetap bisa berkendara dengan nyaman, pastikan Anda menjaga kesehatan, jauh sebelum melakukan touring. Menjaga asupan nutrisi dan istirahat yang cukup adalah kunci kebugaran. Bila perlu, lakukan juga olah raga ringan seperti jogging agar tubuh selalu segar.

Perhatikan Barang Bawaan

Melakukan perjalanan touring tidak semata-mata hanya membawa diri dan sepeda motor saja. Ada beberapa benda yang harus Anda bawa sendiri untuk mengantisipasi kemungkinan yang bisa saja terjadi.

Jika Anda melakukan perjalanan dalam 1 hari saja, Anda bisa membawa 1 tas ransel. Tidak usah terlalu besar, tapi setidaknya harus mencukupi barang bawaan Anda. Akan lebih baik jika tas bawaan Anda dibungkus dengan jaring bagasi di jok belakang. Namun jika Anda menggunakan box tambahan, tentunya akan lebih mudah karena tidak harus ribet memanggul tas.

Beberapa barang yang Anda bawa, di anataranya adalah:

Jas Hujan
Perjalanan touring dengan sepeda motor tentunya akan memakan waktu yang lama, terutama jika destinasi tujuannya terhitung jauh. Meski cuaca saat berangkat terlihat cerah, namun bisa saja berubah menjadi hujan. Jika Anda pergi secara bergerombol, tentunya akan merepotkan jika mencari tempat berteduh. Dengan membawa jas hujan, Anda bisa menghemat waktu perjalanan meski hujan turun. Namun jika hujan terlalu deras, ada baiknya Anda berteduh sambil beristirahat.

Air Minum
Membawa perbekalan yang cukup, terutama air minum tentunya sangat penting. Meski Anda mempersiapkan budget untuk membeli makan dan minum saat di perjalanan, namun ada baiknya Anda tetap membawa minum sendiri. Jika Anda merasa lelah dan kesulitan menemukan penjual minuman, setidaknya Anda telah memilikinya.

Pakaian Ganti
Setidaknya, Anda membawa baju ganti saat melakukan touring. Berkendara dalam cuaca yang cerah bisa membuat tubuh berkeringat. Jika berkendara dengan baju yang basah akibat keringat, Anda bisa masuk angin lho. Dengan membawa baju ganti, Anda bisa menjaga kondisi tubuh tetap stabil dan terhindar dari masuk angin akibat baju yang basah.

Peta Digital
Jangan sampai Anda meninggalkan ponsel jika hendak melakukan touring. Selain untuk bertukar kabar dengan keluarga di rumah, ponsel Anda juga berguna untuk penunjuk jalan. Ponsel pintar Anda tentunya dilengkapi dengan peta digital yang bisa berguna sebagai penujuk jalan. Anda bisa mendapat petunjuk jalanan mana yang lebih dekat untuk mecapai destinasi tujuan.

Solo Riding

Jika Anda lebih menyukai solo riding, pastikan Anda juga menyiapkan fisik yang sehat sebelum melakukan perjalanan. Solo riding sering kali dianggap terlalu beresiko. Selain tersesat sendirian, jarak riding yang terlalu jauh memungkinkan seorang riders mengalami kelelahan tanpa adanya bantuan.

Solo riding tidak bisa dilakukan hanya dengan modal nekat saja. Dibutuhkan perhitungan dan persiapan yang matang agar terhindar dari bahaya selama perjalanan. Sebaiknya, Anda tidak memilih jalanan yang terlalu sepi. Jalanan perkotaan jauh lebih aman karena Anda bisa mampir untuk beristirahat dan jaga-jaga jika motor Anda bermasalah.

Karena Anda berkendara seorang diri, gunakanlah jaket yang cukup tebal dan anti air agar terlindung dari cuaca panas dan hujan. Anda juga sebaiknya mengenakan celana jeans dan sepatu boots untuk melindungi kaki. Lengkapi juga dengan sarung tangan, pelindung sikut serta lutut untuk menjaga keselamatan berkendara.

Perlu diingat untuk tidak memaksakan berkendara jika kondisi tubuh Anda sudah mulai lelah atau mengantuk. Utamakan keselamatan saat solo riding karena semua resiko yang membahayakan hanya ditanggung oleh Anda sendiri.