10 Tempat Wisata Bali Selain Pantai, Tak Kalah Memukau

Pulau Bali memang terkenal akan keindahan pantai-pantainya yang sangat memukau. Namun, selain pantai, sebenarnya masih banyak tempat wisata Bali yang tak kalah memukau. 

 

Baik tempat wisata alam maupun tempat wisata buatan, berbagai tempat wisata di Bali menawarkan keindahan yang memanjakan mata dan cocok untuk melepas penat. 

Tempat Wisata Bali Selain Pantai

Inilah berbagai tempat wisata Bali selain pantai, yang bisa dikunjungi untuk melepas penat. 

1. Desa Wisata Ubud 

Desa wisata di Kabupaten Gianyar ini menyuguhkan panorama persawahan yang memanjakan mata. Selain itu, para pengunjung juga bisa menonton tari kecak, menikmati keseruan ayung rafting, membeli oleh-oleh berupa kerajinan khas Bali, dan melihat monyet-monyet eksotis di Monkey Forest.     

2. Desa Temukus Karangasem

Di desa ini ada dua spot foto yang sangat indah, yakni Taman Gemitir dan Padang Bunga Kasna. Taman Gemitir didominasi bunga marigold yang memesona dan instagramable

 

Sementara di Padang Bunga Kasna, ada hamparan bunga kasna yang menyerupai salju yang lembut. Ini membuat para merasa seolah berada di negara empat musim saat musim dingin.  

3. Air Terjun Leke-Leke 

Jika ingin bermain air, tetapi bosan dengan pantai, maka Air Terjun Leke-Leke adalah pilihan yang tepat. Meskipun jarak tempuhnya sekitar satu jam dari Kuta, tetapi bentangan sawah dan perkebunan di sepanjang perjalanan itu akan menyegarkan mata.   

 

Terletak di Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Tabanan, lokasi air terjun ini sangat segar dan tenang, lengkap dengan kesejuian dari pepohonan yang rindang dan gemercik suara air yang menghantam batu.  

4. Pura Tirta Empul

Selanjutnya, ada Pura Tirta Empul yang akhir-akhir ini ramai dikunjungi turis lokal maupun mancanegara untuk melukat. Melukat sendiri adalah ritual membersihkan diri dan jiwa menggunakan air sebagai sarananya. 

5. Patung Garuda Wisnu Kencana 

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) melambangkan Dewa Wisnu yang menunggangi Garuda. Pembangunan patung ini sebenarnya telah digagas sejak tahun 1989, tetapi akhirnya baru selesai pada September 2018 lalu.   

6. The Blooms Garden 

Sesuai namanya, taman ini menyuguhkan hamparan bunga yang cantik dan membuat para pengunjung betah. Terdapat berbagai taman yang menjadi spot foto unik, yakni taman merak dan taman Belanda. Selain itu, ada juga Patung Dewi Danu yang tak kalah cantik.  

7. Bukti Campuhan

Untuk berolahraga ringan, seperti bersepeda atau jogging, maka Bukti Campuhan adalah tempat yang tepat. Pepohonan dan rerumputan yang asri akan menemani para pengunjung menyusuri jalan setapak yang mencapai 2 km. Di bukit ini, para pengunjung juga bisa menikmati keindahan matahari terbit.   

8. Gunung Batur 

Di sisi utara dari Pulau Bali ada beberapa gunung untuk menyaksikan keindahan terbitnya sang surya. Untuk pendaki pemula, disarankan untuk mendaki Gunung Batur. Di dekat Gunung Batur juga ada Danau Batur yang eksotis. Namun, jika sudah berpengalaman dan ingin berkemah, maka bisa mendaki Gunung Agung. 

9. Werdhi Budaya Art Centre 

Sesuai namanya, tempat ini merupakan pusat budaya dan hiburan di Bali. Terletak di tengah Denpasar, Werdhi Budaya Art Centre kerap menjadi tempat penyelenggaraan berbagai atraksi seni.  

10. Kebun Raya Bedugul

Disebut juga Kebun Raya "Eka Karya", kebun raya ini merupakan yang terbesar di Indonesia. Kebun Raya ini telah menjadi kawasan konservasi ex-situ bagi tumbuhan yang berasal dari pegunungan tropika timur Indonesia. 

 

Terletak di tengah Pulau Bali. Tepatnya di kaldera bekas gunung berapi, tempat wisata ini cukup mudah dijangkau dari berbagai titik. 

 

Saat mengunjungi setiap tempat wisata Bali di atas, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan keamanan barang-barang pribadi.