11 Penyebab Kenapa Motor Tidak Bisa di Starter

Kenapa motor tidak bisa di starter? Kadang terjadi tiba-tiba motor tidak bisa distarter, padahal ada keperluan penting. Wah, jangan-jangan sudah lama tidak diservice.

Motor memerlukan service rutin karena mesin apapun jika sering digunakan akan mengalami keausan atau kehabisan bahan tertentu. Service memang tidak menjamin 100% motor tidak bermasalah karena sumber kerusakan bisa saja tak terduga. Tapi paling tidak, service rutin bisa mencegah potensi kerusakan yang umumnya terjadi.

Kenapa Motor Tidak Bisa di Starter?

Aki sering menjadi tertuduh pertama jika motor tidak bisa distarter. Padahal ada beberapa kemungkinan lain yang sering menjadi penyebab motor tidak mau distarter. 

Berikut beberapa 11 penyebab kenapa motor tidak bisa di starter, yang dikutip dari www.mypertamina.id dan beberapa sumber lain, yaitu:

  1. Kehabisan bahan bakar. Tangki motor tidak boleh dibiarkan kosong atau mendekati kosong. Tangki yang kosong akan menyebabkan karat dan pompa bahan bakar akan cepat rusak karena sering kepanasan.

  2. Bahan bakar campuran. Ini akibat sering membiarkan tangki nyaris kosong, sehingga ketika bebar-benar sudah kosong, posisi masih jauh dari SPBU. Pembelian BBM sembarangan di pinggir jalan beresiko terkena campuran, entah sengaja atau tidak sengaja akibat wadah yang tidak bersih.

  3. Aki soak atau harus diganti. Aki kering bisa tahan hingga dua tahun lebih. Jika umur aki sudah 2 tahun, sebaiknya menabung untuk siap-siap ganti aki.

  4. Kabel putus. Hati-hati dengan kabel putus. Jika sekring bekerja, maka hanya sekring yang putus. Jika sekring tidak bekerja bisa menyebabkan konslet dan percikan api.

  5. Sekring putus. Sekring berfungsi sebagai pengaman jika terjadi konslet. Sekring tida bisa diperbaiki, jadi harus diganti. 

  6. Starter Elektrik Kotor. Sebaiknya dibersihkan dulu dari kerak dan debu dulu.

  7. Swith rem rusak. Switch rem bertugas memutus arus listrik jika standar samping pada motor matic diturunkan. Jika switch rusak, motor tetep tidak bereaksi jika distarter.

  8. Kerusakan dinamo stater. Ini terjadi pada motor matic. Tanda-tanda dinamo rusak biasanya ada suara gemeretak di area dinamo.

  9. Busi kotor atau soak. Bersihkan kepala busi menggunakan amplas halus. Jika tetap tidak bisa menyala, segera ganti dengan busi baru.

  10. Karburator kemasukan air. Air masuk melalui celah tali gas. Agar bisa distarter lagi, air harus dikeluarkan.

  11. Klep aus. Klep yang tidak bisa menutup dengan baik mengakibatkan kebocoran kompresi.

Tips Jika Motor Tidak Bisa Distarter

Jika motor tidak bisa distater, berusahalah tetap tenang. Lakukan langkah-langkah di bawah ini agar bisa melanjutkan aktivitas, yaitu:

  • Amankan sekeliling. Tuntun motor ke tempat yang aman, cahaya cukup dan tidak sepi.

  • Teliti bagian-bagian yang kelihatan, misalnya bahan bakar.

  • Teliti bagian-bagian yang bisa dibongkar sendiri, misalnya busi.

  • Jika semua sudah dilakukan tapi motor tetap diam, hubungi bengkel panggilan. Karena itu, penting sekali menyimpan nomor bengkel panggilan di jalur-jalur yang sering atau akan dilewati.

  • Jika terpaksa motor harus dititipkan karena kerusakan parah, jangan lupa memotret KTP orang yang dititipi, serta foto berdua (pemilik motor dengan yang dititipi).

Banyak penyebab kenapa motor tidak bisa di starter. Itu bisa saja merupakan musibah tak terduga. Rajin service rutin dan tetap berpikir tenang ketika motor mogok akan bisa mengatasi masalah tersebut.