3 Cara Melenturkan Ban Motor yang Sudah Keras dengan Sederhana

Ban adalah komponen penting untuk kendaraan, khususnya motor. Tanpa adanya ban, roda motor tidak akan dapat melaju dengan baik. Oleh karena itu, dibutuhkan ban yang baik dan presisi agar nyaman untuk pengendara. Jika ban sudah keras, lakukan cara melenturkan ban yang sudah keras guna meningkatkan stabilitas saat berkendara.

 

Memperhatikan kondisi ban penting untuk mendukung kondisi prima pada kendaraan. Dikutip dari laman stt-wastukancana.ac.id, ban adalah bagian pada kendaraan yang bersentuhan secara langsung dengan keadaan dan kondisi infrastruktur pada jalanan. Jadi, kondisi ban sangat memengaruhi kenyamanan pengendara sesuai dengan keadaan yang ada di jalanan. 

 

Beberapa hal yang bisa membuat ban motor mengeras di antaranya: kelebihan tekanan angin dari dalam, penggunaan semir ban dengan bahan dasar oli atau minyak (oil-based), dan terlalu banyak terpapar cahaya matahari sekaligus terguyur hujan secara terus-menerus.

 

Beberapa kondisi tersebut menyebabkan ban menjadi cepat mengeras dan mengurangi kenyamanan saat berkendara. Jadi, diperlukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.  

Cara Melenturkan Ban Motor yang Sudah Keras 

Sebagai bagian penting untuk mobilitas kendaraan, ban memerlukan perawatan khusus untuk menjaga performanya bagi pengendara. Terdapat beberapa cara melenturkan ban motor yang sudah keras sebagai berikut:

1. Menjemur Ban Motor 

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi ban motor yang sudah keras adalah menjemurnya di bawah paparan sinar matahari secara langsung selama beberapa menit. 

 

Apabila penjemuran ban ini dilakukan secara proporsional, maka ban akan mulai melantur. Namun, jangan terlalu lama dan sering dilakukan karena bisa merusak ban motor.   

2. Mengecek Udara secara Berkala

Kondisi ban dengan tekanan udara tinggi yang melebihi kapasitasnya dapat mengeraskan ban. Jadi, hal selanjutnya yang dapat dilakukan untuk melenturkan ban yang keras adalah mengecek tekanan udara di ban. Pemeriksaan tekanan udara bisa dilakukan dengan bantuan diesel tabung nitrogen yang tersedia di SPBU.   

3. Menggunakan Produk Khusus  

Terdapat beberapa produk yang bisa digunakan untuk merawat karet ban motor. Ketika hendak menggunakan produk khusus untuk perawatan ban, hindari pemakaian produk yang terbuat dari bahan minyak, karena bisa menyebabkan ban menjadi licin, sehingga berbahaya untuk dipakai berkendara. 

 

Sebaiknya gunakan produk perawatan berupa cairan gel. Cairan ini berguna untuk merawat ban yang keras, pecah-pecah, dan kaku. Ada berbagai merek cairan yang bisa dipilih dan dibeli secara online. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan produk menggunakan kuas secara menyeluruh di permukaan ban. 

 

Lakukan secara rutin setiap satu minggu sekali untuk menjaga ban tetap lentur, lembap, dan meningkatkan keamanan berkendara. 

 

Beberapa cara sederhana di atas dapat dicoba saat ban motor mulai keras. Cara tersebut juga dapat menjadi solusi perawatan tepat untuk ban motor. Apabila setelah melakukan beberapa cara di atas, ban motor masih saja keras, maka itu berarti sudah saatnya mengganti ban itu dengan ban yang baru.  

 

Lakukanlah cara melenturkan ban motor yang sudah keras tadi untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara.