3 Jenis Servis Ringan Motor dan Estimasi Biayanya

Bagi pemilik kendaraan bermotor, servis ringan motor perlu diketahui dan dilakukan secara berkala, karena dapat meningkatkan performa motor dan mengurangi risiko kerusakan besar pada mesin motor. Servis motor dapat dilakukan minimal 1-2 bulan sekali.  

Terdapat beberapa jenis servis, yaitu servis ringan dan servis lengkap atau servis besar. Servis ringan dibutuhkan semua tipe motor, mulai dari motor bebek, motor matik sampai motor sport, terutama ketika hendak bepergian jarak jauh. 

Servis Ringan Motor

Servis ringan motor sering juga disebut sebagai servis rutin yang hanya mencakup bagian tertentu dari motor dan tidak harus dilakukan secara bersamaan. Servis ringan pada motor tidak meliputi pengecekan area mesin secara langsung, sehingga biaya yang dikeluarkan relatif terjangkau. 

Servis ini biasanya meliputi penggantian oli mesin yang berkualitas sesuai dengan jenis motor dan pengecekan kampas rem apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Selain itu juga meliputi pengecekan busi motor, lampu, langsam, aki, ban dan lain sebagainya.   

3 Jenis Servis Ringan Motor dan Biayanya

Berikut adalah berbagai jenis servis ringan motor yang perlu diketahui beserta dengan perkiraan biaya yang dibutuhkan. 

  1. Ganti Oli Mesin

Oli pada mesin adalah bagian terpenting dari motor. Oli berperan sebagai pelumas, pelindung, dan pendingin motor. Jadwal penggantian oli mesin biasanya dilakukan 2-3 bulan sekali. 

Sebelum memutuskan untuk mengganti oli mesin, perlu dilakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui oli apa yang cocok dengan jenis mesin kendaraan dan disarankan untuk tidak mengganti merek oli. Biaya oli mesin umumnya dimulai dari Rp50.000 sampai dengan Rp175.000. 

  1. Penggantian Kampas Rem

Kampas rem menjadi hal penting yang perlu diperhatikan di dalam komponen motor agar terhindar dari kecelakaan. Umumnya kampas rem akan diganti sebulan sekali atau berdasarkan intensitas penggunaannya. 

Kampas wajib diganti ketika ketebalannya sudah menipis dan bergesekan dengan cakram. Biaya untuk mengganti kampas rem cukup terjangkau. Penggantian kampas rem depan dibanderol dengan harga sekitar Rp45.000-Rp50.000. Sementara penggantian kampas rem belakang dibanderol dengan harga sekitar Rp35.000-Rp40.000. 

Selain itu, minyak yang berada di sistem hidrolik juga perlu diperhatikan untuk mengetahui volumenya cukup atau tidak. Jika kurang, maka perlu ditambahkan. 

  1. Perawatan Aki

Pengecekan aki menjadi salah satu hal wajib yang harus dilakukan di dalam servis ringan motor. Aki mempunyai kegunaan yang sangat penting sebagai daya listrik untuk menyalakan starter, fuel pump, dan suplai arus ke dashboard. 

Aki normal akan memiliki tegangan 12,3 – 12,6 V jika mesin motor mati, sedangkan jika mesin motor menyala maka tegangannya akan naik sekitar 13,7 – 14,2 V.

Itulah dia beberapa jenis servis ringan motor dan estimasi biayanya. Pastikan kendaraan bermotor selalu rutin untuk dicek agar terhindar dari segala mara bahaya.