3 Keuntungan Penggunaan Cairan Ban Tubeless dan Efek Sampingnya

Ban tubeless adalah salah satu jenis ban yang banyak digunakan pada kendaraan bermotor. Ban jenis ini umumnya dilengkapi cairan ban tubeless yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menjaga ketahanan ban di berbagai jenis medan.  

 

Cairan khusus ban tubeless atau yang disebut juga dengan cairan antibocor ini dapat memberikan perlindungan maksimal saat ban mengalami kontak dengan benda tajam, seperti: paku, pecahan kaca, dan lainnya. Ban akan jadi lebih kuat dan tidak mudah bocor atau pecah.

 

Tidak heran banyak pengendara yang memilih menggunakan jenis ban tubeless beserta cairannya. Walau begitu, penggunaan cairan ini pada ban tubeless juga memiliki efek samping yang juga penting untuk diketahui. 

3 Keuntungan Penggunaan Cairan Ban Tubeless

Setidaknya ada tiga keuntungan yang bisa didapatkan pengendara ketika menggunakan cairan ban tubeless.  

1. Menjaga Kerapatan Ban

Keuntungan yang pertama adalah dapat menjaga kerapatan ban agar tidak mengalami kebocoran saat terkena benda tajam. Dengan demikian, ban akan memiliki daya tahan yang lebih kuat.

 

Selain itu, cairan ini juga dapat mengering dengan sendirinya dan memberikan perlindungan pada ban. Jadi, dapat menutup celah ban ketika ada bagian yang terbuka.   

2. Memperkuat Ketahanan Ban

Sebagai cairan yang memberikan perlindungan pada ban, cairan ini juga dapat memperkuat ketahanan ban, sehingga tidak mudah bocor. Terutama saat ban mengenai benda tajam yang berpotensi membuat kebocoran.   

 

Dengan menggunakan cairan ini, ban akan jadi lebih kuat, sehingga perjalanan akan jadi lebih aman. Jadi, jika terkena benda tajam, ban tidak akan mudah bocor. 

3. Mudah Digunakan 

Cairan ini dapat digunakan dengan mudah untuk mengatasi kebocoran pada ban. Cukup dengan memasukkan cairan ke dalam ban melalui lubang pentil ban, maka cairan akan masuk dan merata ke dalam ban.

 

Cairan ini nantinya akan melapisi bagian dalam ban untuk memberikan perlindungan. Jika terdapat lubang pada ban yang dapat menyebabkan kebocoran, maka cairan ini akan menutup lubang tersebut dengan sendirinya.

3 Efek Samping Penggunaan Cairan Ban Tubeless 

Tidak hanya mendatangkan keuntungan bagi pengendara, penggunaan cairan pada ban tubeless ini juga memiliki efek samping yang perlu dipertimbangkan.    

1. Dapat Merusak Pelek

Efek samping dari penggunaan cairan ban tubeless adalah dapat menyebabkan kerusakan pelek akibat korosi atau karat pada pelek. Ini karena kandungan pH atau tingkat asam basanya terlalu tinggi, sehingga mengakibatkan pelek mudah berkarat. 

2. Berpotensi Menyumbat Lubang Pentil Ban

Efek samping berikutnya adalah cairan ini berpotensi menyumbat lubang pentil ban kendaraan. Cairan ini dimasukkan melalui lubang pentil tersebut, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi penyumbatan yang dapat membuat ban sulit diisi angin ketika diperlukan.

3. Mengganggu Keseimbangan 

Penggunaan cairan ini juga dapat menimbulkan gangguan kenyamanan pada pengendara akibat perputaran roda yang tidak seimbang. Sebab, cairan ini akan mengering di satu titik yang dapat membuat gumpalan, sehingga bisa menyebabkan ketidakseimbangan.   


Cairan ban tubeless ini dapat mendatangkan berbagai keuntungan bagi Anda yang memiliki kendaraan dengan jenis ban tubeless. Walau begitu, diharapkan tetap berhati-hati dalam penggunaannya agar tetap bisa berkendara dengan aman dan nyaman.