4 Kelebihan Ban Tubeless yang Membuatnya Banyak Diminati Para Pengendara

Kelebihan ban tubeless membuatnya marak digunakan para pengendara kendaraan bermotor. Sesuai namanya, ban ini dirancang tanpa tabung dalam untuk menahan tekanan udara. 

 

Selain karena daya tahannya yang kuat, ban ini juga mudah ditemukan di pasaran. Tak heran jenis ban ini diminati banyak pengendara. 

Material dan Karakter Ban Tubeless 

Ban tubeless umumnya dibuat dengan material karet fiber. Bahan ini mampu menyerap getaran apa pun dan mencengkeram dengan lebih kuat.  

 

Selain itu, di dalamnya ada lapisan fluid sealant untuk merapatkan permukaan ban. Adanya lapisan ini membuat ban tubeless tidak membutuhkan tabung dalam. 

 

Walaupun tampak mirip dengan ban biasa, tetapi struktur ban ini lebih kokoh. Tak heran ban ini sering digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk touring.  

 

Meski begitu, kemampuan ban ini menahan getaran tidak sebaik ban biasa. Jadi, wajar jika beberapa pengendara merasa kurang nyaman.   

Kelebihan Ban Tubeless

Berikut adalah berbagai kelebihan ban tubeless yang membuatnya marak dipakai. 

1. Tahan terhadap Kebocoran

Ban tubeless sebenarnya tetap bisa bocor. Namun, karena tidak memakai tabung dalam, ban ini menggunakan partikel yang kuat untuk mengurangi resiko kebocoran. Hal ini membuatnya lebih tahan terhadap kebocoran.

 

Bahkam ban tubeless yang terindikasi bocor masih bisa dipakai berkendara sampai jarak tempuh 200 km. Setelah itu, barulah ban benar-benar kehilangan angin. 

2. Daya Tahan yang Kuat

Ban ini memiliki fluid sealant yang mampu merekatkan bagian yang terancam bocor. Ketika ada benda tajam yang menancap, maka fluid sealant akan langsung memadatkan bagian itu, sehingga tidak terjadi kebocoran.  

 

Dengan demikian, pengendara tak perlu takut mengalami kebocoran di tengah jalan. Apabila ada paku yang menancap di ban, maka bisa langsung ditarik dengan memakai cairan khusus untuk penambalan sementara. Tak perlu khawatir, karena setiap pembelian ban tubeless disertai cairan khusus tersebut. 

3. Daya Cengkeram yang Kuat  

Ban ini memiliki relief groove yang lebih dalam dan tapak yang lebih lebar dan daripada ban biasa. Kedua hal tersebut membuatnya mampu mencengkeram lebih kuat, sehingga mengurangi risiko tergelincir di jalanan yang basah. Dengan demikian, kemampuan manuver pun meningkat.   

4. Perawatan yang Simpel 

Berkat daya tahannya yang kuat, maka perawatan ban tubeless pun jauh lebih simpel daripada ban biasa. Pengendara hanya perlu menjaga tekanan angin agar tidak kempis, kebersihan ban, dan velg agar tidak longgar.  

 

Kelebihan ban tubeless di atas, terutama daya tahannya terhadap kebocoran membuatnya banyak diminati para pengendara. Namun, apabila terjadi kebocoran dan sudah ditangani dengan cairan khusus, ingatlah untuk tetap menambal ban di bengkel terdekat dan tepercaya agar tidak timbul celah yang lebih lebar di bagian yang tertusuk.