4 Penyebab Motor Mogok dan Solusi untuk Mengatasinya

Pengendara tentu kesal jika motor tiba-tiba menjadi mogok di tengah jalan. Motor mogok bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya karena mesin yang terlalu panas. Motor yang mogok merupakan kendala yang paling menjengkelkan karena motor tidak bisa dihidupkan dan dijalankan.    

Untuk mengatasinya, para pengendara harus mengetahui berbagai penyebab motor menjadi mogok. Dengan mengetahui penyebabnya, maka pengendara bisa menemukan solusi untuk mengatasinya.  

Penyebab Motor Mogok dan Cara Mengatasinya

Mengetahui motor mogok merupakan hal yang harus diketahui oleh pencinta otomotif. Berikut adalah beberapa penyebab motor menjadi mogok lengkap dengan solusinya.

  1. Kontaminasi Bahan Bakar

Penyebab motor menjadi mogok yang paling umum adalah kontaminasi bahan bakar. Ini bisa terjadi jika pengendara membeli bahan bakar di toko nonresmi, sehingga kualitasnya tidak sesuai standar. Akibatnya bahan bakar mengandung campuran zat-zat lain yang menjadikan saluran bahan bakar terkontaminasi. 

Saluran bahan bakar yang terkontaminasi membuat mesin motor tidak bisa dijalankan. Akibatnya, motor menjadi mogok dan tidak bisa dipakai berkendara. Solusinya adalah dengan membawa motor ke bengkel untuk pembersihan saluran bahan bakar. Cara mencegahnya adalah dengan membeli bahan bakar di SPBU resmi. 

  1. Bagian Busi Kotor

Busi yang kotor bisa menjadi penyebab motor tiba-tiba mogok. Busi yang kotor ditandai dengan tampilan yang menghitam dan berdebu. Ketika motor tiba-tiba mogok, ada baiknya untuk memeriksa bagian busi. Lepaskan busi dari mesin dan coba perhatikan bagian elektrodanya.

Jika bagian elektroda dan busi menghitam, maka sudah dipastikan ada partikel asing yang masuk ke dalam saluran mesin. Jika ini terjadi, maka sudah pasti saluran mesin tersumbat dan akibatnya tidak bisa mengalirkan bahan bakar. Solusinya adalah dengan membawa motor ke bengkel terdekat untuk pembersihan bagian busi dan saluran mesinnya. 

  1. Mesin Terlalu Panas

Mesin motor yang terlalu panas dapat membuat motor mogok. Mesin yang terlalu panas ini disebut pula dengan kondisi overheat. Kondisi overheat bisa menyebabkan beberapa komponen motor tidak bisa bekerja dengan baik. Hal ini bahkan bisa menimbulkan kemacetan mesin, sehingga membuat motor tidak bisa dijalankan.   

Apabila mengalami masalah ini, maka solusinya adalah dengan mematikan motor dan mendiamkannya sejenak. Mendiamkan motor beberapa saat bertujuan agar suhu mesin turun dan motor bisa dikendarai kembali. Jika motor sudah bisa digunakan berkendara, pergilah ke bengkel untuk memeriksa kondisi motor. 

  1. Filter Udara Kotor

Komponen motor selanjutnya yang sering bermasalah adalah bagian filter udara. Filter udara bisa menyebabkan motor menjadi mogok jika dalam keadaan yang kotor. Filter udara yang kotor tidak dapat menyaring udara yang masuk ke dalam mesin dengan baik. Jika motor mogok, coba periksa bagian filter udara. 

Jika pengendara menemukan filter udara dalam keadaan yang kotor, maka coba bersihkan bagian ini secara perlahan. Jika perlu, lakukan penggantian filter udara dengan yang baru guna menjaga keamanan saat berkendara. Bawalah ke bengkel jika dirasa tidak memungkinkan untuk menanganinya sendiri.  

Motor mogok merupakan masalah yang sangat menyebalkan untuk dialami oleh pengendara. Jika motor ini digunakan untuk berkendara di jalanan, tentu akan sangat membahayakan jika tiba-tiba mogok. Solusinya adalah dengan mengetahui berbagai penyebab motor tiba-tiba mogok dan cara mengatasinya.