4 Perbedaan BeAT CBS ISS dan Deluxe

Motor BeAT adalah salah satu kendaraan favorit masyarakat Indonesia. Motor ini memiliki banyak seri dan varian. Dua varian yang paling diminati adalah BeAT CBS ISS dan Deluxe. Sebelum memutuskan pembelian, penting untuk mengetahui perbedaan BeAT CBS ISS dan Deluxe.   

Skuter matik ini ringan dan cenderung mudah dikendalikan. Motor ini diproduksi oleh Astra Honda Motor dan pertama kali dirilis tahun 2008, sehingga produksi Honda BeAT untuk pasar sepeda motor tanah air sudah memasuki tahun ke-16.   

Sejak tahun 2020, seri entry level motor Honda dibagi menjadi 3 varian. Mulai dari yang terendah, yaitu Honda BeAT CBS, lalu BeAT CBS ISS, dan yang paling tinggi, yakni BeAT Deluxe. 

Varian CBS dan ISS diluncurkan sejak tahun 2019, sedangkan Honda BeAT Deluxe diluncurkan pada tahun 2020. Dengan berbagai fitur yang menarik, pengendara bisa menghemat bahan bakar dan berkendara dengan aman serta ramah lingkungan.  

Perbedaan BeAT CBS ISS dan Deluxe

Motor BeAT CBS ISS dan Deluxe sekilas memang tampak serupa, tetapi sebenarnya ada 4 perbedaan BeAT CBS ISS dan Deluxe. 

  1. Perbedaan Eksteriornya 

Penampilan luar Honda BeAT Deluxe dan BeAT CBS ISS memang hampir sama. Namun, yang membuatnya berbeda adalah warna. BeAT Deluxe adalah varian Honda BeAT yang paling mahal dengan warna yang terlihat mewah dengan finishing yang doff. Motor ini tersedia dalam empat varian warna, yaitu deluxe black, brown, silver, dan blue.  

Sementara BeAT CBS ISS menggunakan cat dengan finishing yang glossy. Motor ini tersedia dalam lima varian warna, yaitu: dance white, grage black, hard rock,black, alektra blue, dan funk red black. Hal yang membedakan BeAT CBS ISS dan Deluxe adalah BeAT CBS ISS memiliki grafis dan striping, yang membuatnya tampak simpel dan elegan. 

  1. Perbedaan Interiornya

BeAT CBS ISS menggunakan desain standar dan fungsional. Dashboard dan konsol tengahnya menggunakan material plastik standar, emblem standar, dan warna interior netral. Sementara joknya terbuat dari bahan yang standar. 

Sementara BeAT Deluxe menggunakan desain yang lebih elegan. Motor ini hadir  dengan emblem 3D dan aksen yang lebih eksklusif. Sementara joknya menggunakan pelapis premium.  

  1. Perbedaan Harga dan Spesifikasinya   

Honda BeAT CBS ISS menggunakan mesin 110 cc dengan bobot 90 kg. Dimensi lengkapnya adalah panjang 1877 mm, lebar 669 mm, dan tinggi 1074 mm. Tinggi joknya 740 mm dengan jarak terendah ke tanah 147 mm. Motor ini dibanderol dengan harga Rp18.043.000. 

Honda BeAT Deluxe menggunakan mesin 110 cc dengan bobot. Dimensi lengkapnya sama dengan BeAT CBS ISS. Namun, harganya lebih mahal karena menggunakan desain yang premium, yakni mulai dari Rp19.901.000.    

Persamaan BeAT CBS ISS dan Deluxe

Honda BeAT CBS ISS sama-sama dilengkapi dengan fitur combi brake system yang membantu menyeimbangkan antara rem roda depan dan roda belakang. Tidak hanya itu, ada juga fitur idling stop system yang berguna untuk mematikan sistem secara otomatis saat berhenti sejenak, seperti saat pengisian bahan bakar. 

Di sisi lain, Honda BeAT Deluxe juga dilengkapi dengan fitur CBS ISS, karena itu pengereman dan penghematan bahan bakar sama. 

Setelah memahami perbedaan BeAT CBS ISS dan Deluxe, silakan pertimbangkan motor BeAT mana yang terbaik untuk Anda miliki dan kendarai. Setelah membelinya, ingatlah juga untuk terus merawat motor dengan baik dan benar agar performanya tetap terjaga.