4 Rekomendasi Oli Motor Nmax demi Kenyamanan Berkendara

Motor Yamaha Nmax sedang banyak diminati berbagai kalangan. Selain karena tempat duduk dan bagian kaki yang lebar, motor ini juga hadir dengan teknologi yang Untuk meningkatkan efisiensi dalam berkendara. Untuk menunjang performanya, dibutuhkan oli motor Nmax yang berkualitas. 

 

Hadir dalam 3 varian, motor ini berkapasitas mesin 155 cc dengan sistem bahan bakar fuel injection. Teknologi variable valve actuation (VVA) di dalamnya mampu mengatur bukaan klep sesuai putaran mesin. Sementara teknologi blue core di dalamnya bisa membantu menghemat bahan bakar.  

4 Rekomendasi Oli Motor Nmax

Berikut adalah rekomendasi oli motor Nmax yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan:   

1. Yamalube Super Matic

Pertama, ada oli Yamalube Super Matic yang merupakan oli resmi dari motor Yamaha, selaku produsen motor Nmax. Oli seharga Rp85.000 ini dilengkapi teknologi full synthetic, sehingga dapat memaksimalkan power di setiap putaran mesin.  

2. X-TEN Double Ester Matic 10W30 800 ML

Selain oli dari Yamaha, terdapat pula alternatif lainnya, salah satunya oli X-TEN. Oli untuk motor dengan kapasitas mesin di atas 150 cc ini mengandung zat aditif ester yang bisa menjaga daya tahan mesin dan memungkinkan penggantian oli yang lebih lama.   

 

Spesifikasi:

- SAE 10W-30

- JASO MB / API SN

- Ukuran 800 ml 

Harga: Rp90.000 

3. X-TEN Double Ester Matic 10W40 900 ML

Kemudian ada juga oli X-TEN Double Ester Matic dengan SAE 10W-40 untuk motor berkapasitas mesin di atas 150 cc yang juga mengandung ester, sehingga bisa menekan tingkat keausan sampai 0%. Selain itu, kandungan ini juga bisa menjaga stabilitas suhu mesin.   

 

Spesifikasi:

- SAE 10W-40

- JASO MB / API SN

- Ukuran 900 ml 

Harga: Rp95.000 

4. Motul Scooter Expert LE 4T 1L – Rp120.000 

Selanjutnya, ada oli Motul Scooter Expert LE 4T dengan bahan dasar technosynthese. Oli ini memiliki spesifikasi 10W-40 JASO MB dan tersedia dalam dua ukuran, yaitu 800 ml (Rp100.000) dan 1 liter (Rp120.000).   

Kapan Harus Ganti Oli Motor Nmax?   

Berdasarkan buku panduan oli Nmax, batas waktu maksimal untuk penggantian oli motor Nmax adalah ketika mencapai jarak 4.000 km atau saat lampu indikator penggantian oli mulai berkedip.

 

Namun, akan lebih baik jika mengganti oli sebelum mencapai batas maksimalnya agar tidak memaksa oli bekerja keras. Para mekanik menyarankan para pengendara untuk mengganti oli ketika mencapai jarak 3.000 km atau sekitar 3-6 bulan sekali.  

 

Sebagai informasi, kapasitas oli mesin Nmax adalah 900 ml. Dengan demikian, oli yang dibutuhkan untuk setiap penggantian tidak sampai 1 liter.       

 

Setelah mengetahui rekomendasi oli motor Nmax dan waktu yang tepat untuk mengganti olinya, lakukan penggantian oli secara rutin di bengkel yang tepercaya.