4 Tips Memilih Bengkel Tambal Ban yang Akurat beserta Metodenya

Kerusakan pada ban kendaraan bermotor adalah hal yang umum terjadi. Berkendara di jalan tidak selalu lancar, kadang terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti ban yang kempis atau bocor. Maka dari itu, penting untuk mengetahui tips memilih bengkel tambal ban dengan tepat. 

Memilih bengkel yang tepat untuk tambal ban perlu dilakukan dengan cermat karena tak jarang ada petugas tambal ban yang curang. Bisa jadi ban yang awalnya hanya bocor justru terancam harus segera diganti dengan yang baru. Perhatikan selalu saat petugas tambal ban memperbaiki ban motor yang bocor.

Tips Memilih Bengkel Tambal Ban

Untuk menghindari kecurangan dari petugas tambal ban yang tidak jujur, berikut adalah tips memilih bengkel tambal ban dengan tepat.  

  1. Perhatikan Sekeliling Lokasi Bengkel Tambal Ban

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu memperhatikan sekeliling lokasi bengkel tambal ban. Pastikan lokasi bengkel terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan tergolong cukup aman. Lihatlah dari penerangan cahayanya, warga sekitar lokasi, atau toko yang berada di dekat bengkel tersebut.  

  1. Perhatikan Customer yang Datang

Tidak sedikit petugas tambal ban yang bersekongkol dengan oknum yang memang sengaja menebar paku, dengan tujuan agar pengendara yang mengalami kebocoran langsung mendatangi bengkel tersebut. Jika banyak customer yang datang ke bengkel tersebut dengan keluhan yang sama, maka itu patut dicurigai. 

  1. Perhatikan Lokasi dan Jam Operasional

Perhatikan lokasi bengkel dan jam operasionalnya. Pastikan memilih bengkel yang strategis dengan lokasi yang dikenal agar memudahkan jika ada hal yang perlu dikonsultasikan kembali. Perhatikan pula jam operasional untuk mengetahui kapan bengkel tersebut beroperasi.  

  1. Perhatikan Tambalan Ban

Menambal ban yang bocor perlu dilakukan dengan perlakuan khusus dan hati-hati, karena berhubungan dengan keselamatan pengendara. Tanyakan kepada petugas bengkel apa jenis tambalan yang diberikan dan berapa biaya yang perlu dikeluarkan. Perhatikan juga cara petugas tambal ban ketika bekerja. 

Metode Tambal Ban

Berikut adalah beberapa metode tambal ban yang perlu diketahui. 

  1. Patch

Metode ini dilakukan bagi yang masih menggunakan ban dalam. Caranya adalah dengan menambal ban dengan potongan karet hitam di daerah yang bocor melalui proses pemanasan. Cara ini dapat dilakukan pada saat darurat dengan biaya yang rendah, yaitu mulai dari Rp20.000 per ban. 

  1. Plug and Patch

Metode plug and patch atau tambalan payung adalah menambal dengan cara memasukkan karet penambal, seperti payung yang dilapisi karet di bawah bagian yang bocor menggunakan kompresor, lalu dilapisi lem khusus. Setelah itu ban akan melalui proses pemanasan. Metode ini jarang dilakukan karena biayanya yang cukup tinggi, mulai dari Rp100.000 per ban.

  1. Tire Seal String

Tambalan jenis ini sering disebut tambalan cacing karena menggunakan bahan yang berwarna mirip dengan cacing. Cara kerjanya adalah melebarkan bagian ban yang bocor, lalu dilapisi dengan lem khusus. Lapisan akan tertutup karet yang menyesuaikan dengan tapak ban. Metode ini cocok untuk ban tubeless. Biayanya mulai dari Rp20.000.

Itulah tips memilih bengkel tambal ban dengan tepat dan metode tambal ban yang perlu diketahui. Jaga dan rawatlah terus kendaraan agar terhindar dari bahaya lalu lintas.