5 Ciri Shock Motor Depan Bermasalah dan Cara Mengatasinya

Shock motor depan atau dikenal dengan shockbreaker adalah salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor yang berfungsi untuk meredam guncangan saat melintasi jalan yang tidak rata. Perannya yang penting untuk menjaga kenyamanan bermotor harus terus dijaga dan dirawat agar kinerjanya tetap optimal. 

Jika shock motor bermasalah, maka guncangan yang dirasakan saat melintasi jalan yang rusak akan lebih terasa dan pengendara akan kehilangan kendali atas motornya. Hal ini berbahaya dan memungkinkan terjadinya kecelakaan.

Ciri Shock Motor Depan Bermasalah

Shock motor depan yang bermasalah tidak boleh disepelekan karena dapat berpengaruh pada komponen motor lainnya. Untuk itu ketahuilah ciri-cirinya berikut ini.  

  1. Guncangan atau Hantaman Terasa Lebih Keras

Ciri shock motor depan bermasalah yang pertama dan bisa dirasakan langsung adalah guncangan pada saat melewati jalan yang rusak dan berlubang akan lebih terasa keras. Ini karena shock motor yang bermasalah akan kehilangan kemampuannya untuk meredam guncangan dengan baik.  

  1. Kebocoran Minyak pada Shock Motor

Indikator utama kerusakan pada shock motor depan adalah adanya kebocoran minyak. Jika ciri itu muncul di sekitar shock, maka itu shock perlu diperbaiki. Cara lain untuk mengecek kebocoran adalah dengan menyentuh bagian shock suspense. Cek apakah ada noda minyak atau tidak di tangan.  

  1. Motor Terasa Oleng saat Melaju Kencang atau Berbelok 

Saat sedang melaju kencang atau berbelok, motor akan terasa oleng dan sulit untuk dikendalikan. Ban belakang akan terasa bergoyang dan tidak nyaman. Ketika hal ini sudah dirasakan, lebih baik segera ganti shockbreaker. 

  1. Setang Motor Lebih Bergetar

Saat berkendara, jika shock motor bermasalah, maka motor getarannya akan terasa lebih kuat, terutama di bagian setang motor. Setang tidak akan stabil dan akan bergoyang akibat kehilangan daya cengkeram antara roda dengan jalan. Hal ini sangat membahayakan pengendara.

  1. Bau Tidak Normal

Jika sudah tercium bau tidak normal seperti bau terbakar atau bau bahan kimia dari kendaraan, maka itu merupakan indikasi adanya kerusakan dan masalah di shock motor. Bau ini dapat berasal dari minyak yang bocor atau komponen lain yang aus dan perlu segera diperbaiki.  

Cara Mengatasinya 

Cara mengatasi shockbreaker depan yang bermasalah adalah cari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan kerusakan terjadi. Entah itu kebocoran oli, kerusakan pada tabung shock, atau karena ada komponen lain yang rusak. 

Apabila hanya terjadi kebocoran oli, maka segera isi oli di shockbreaker sesuai panduan. Jika Anda ragu, maka bawa ke mekanik yang lebih tepercaya. Jika kerusakan terjadi di shockbreaker itu sendiri dan perlu diganti, maka bawa kendaraan ke bengkel tepercaya untuk segera diganti.  

Setelah mengetahui ciri shock motor depan bermasalah, lakukan perawatan secara berkala dan pastikan untuk mendeteksi performa shock motor depan agar terhindar dari kerusakan yang lebih dalam.