5 Kelebihan Ban Tubeless untuk Para Pengendara Kendaraan Bermotor

Ban adalah komponen penting dari sebuah kendaraan. Komponen ini menutupi velg roda dan digunakan untuk melindungi roda dari aus dan kerusakan, dikutip dari eprints.ugm.ac.id. Kini, hadir ban tubeless yang bisa menjadi alternatif bagi pengendara motor maupun mobil. Berbagai kelebihan ban tubeless membuatnya banyak diminati. 

 

Ban tubeless sendiri dirancang secara khusus tanpa memiliki ban dalam. Adanya inovasi ini menyebabkan ban tubeless memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan ban biasa.  

Kelebihan Ban Tubeless

Berikut adalah berbagai kelebihan ban tubeless yang perlu diketahui: 

1. Tidak Mudah Bocor

Dibandingkan dengan ban biasa, ban tubeless cenderung lebih tidak mudah bocor. Desainnya yang kokoh dan tanpa ban dalam menyebabkan benda tajam lebih susah menembus area ban dan menyebabkan kebocoran parah. 

 

Ketika mengalami kebocoran,maka ban biasa akan cenderung cepat menghabiskan angin dalam ban yang berujung kempes. Sementara itu, jika ban tubeless mengalami kebocoran, maka pengguna masih bisa menggunakan sepeda motor hingga jarak tempuh sekitar 200 km. 

2. Lebih Praktis saat Ditambal  

Dalam kasus tertentu, misalnya saja dalam perjalanan panjang, pengendara kerap mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan, seperti kebocoran. Pada saat darurat seperti ini, pengguna ban tubeless tidak perlu pusing mencari tukang tambal ban. 

 

Cukup oleskan cairan khusus yang diperoleh saat membeli ban tubeless. Cairan itu bisa dioleskan di bagian ban yang terindikasi tertusuk benda tajam atau lubang. Tunggu hingga cairan mengeras, maka ban akan siap digunakan kembali. 

 

Meskipun demikian, alangkah baiknya ketika ada waktu luang, segera bawa ban tersebut ke tukang tambal. Hal ini bermaksud untuk mencegah rusaknya ban tubeless dan meluasnya area kebocoran. 

3. Daya Tahan Kuat

Desain ban tubeless yang dirancang tanpa menggunakan ban dalam menyebabkan daya tahannya menjadi lebih kuat. Seperti pada kasus kebocoran karena tertusuk benda tajam, ban ini memiliki fluid sealant yang berfungsi untuk merekatkan area berlubang. 

4. Tidak Mudah Tergelincir

Musim hujan memang rawan jalan basah dan licin. Hal ini tentu meningkatkan terjadinya risiko kecelakaan lalu lintas. Maka dari itu, sebagai pengguna kendaraan bermotor tentu harus melakukan pengecekan terhadap keamanan komponen kendaraan yang digunakan, salah satunya ban. 

 

Ban tubeless memiliki desain tapak yang lebih lebar daripada ban biasa. Inilah yang menyebabkan daya cengkeram ban pada jalan lebih kuat. Maka dari itu, saat jalan basah, motor yang menggunakan ban tubeless cenderung lebih aman dan tidak mudah tergelincir.   

5. Lebih Kokoh dan Stabil

Desain tubeless (tanpa ban dalam) membuat ban cenderung lebih kokoh dan stabil. Kestabilan ini menyebabkan daya benturan dan cengkeraman dengan jalan menjadi lebih baik. Inilah alasan ban tubeless lebih sering digunakan pengendara saat ajang balapan.  


Itulah tadi kelebihan ban tubeless dibandingkan ban biasa. Daya tahan yang kuat serta desain yang kokoh tentu perlu dipertimbangkan sebagai bentuk investasi jangka panjang, terutama dalam keselamatan berkendara.