5 Penyebab Ban Motor Kempes yang Perlu Dihindari

Ban motor kempes tentunya akan sangat mengganggu aktivitas berkendara, terlebih saat berada di tengah perjalanan. Ban motor adalah komponen vital yang digunakan agar motor bisa berjalan, sehingga memainkan fungsi penting, seperti: menjaga stabilitas, memungkinkan akselerasi, dan memberikan daya cengkeram pada motor. 

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan ban motor menjadi kempes. Pemilik motor harus mengetahui berbagai penyebab ban kempes agar tidak panik saat mengalaminya. Ban yang kempes bisa menjadi petunjuk bahwa komponen tersebut harus diganti agar tidak mengganggu performa motor. 

Penyebab Ban Motor Kempes

Penyebab ban motor kempes yang paling umum adalah karena tusukan benda tajam yang ada di jalan. Namun, ternyata masih banyak hal lain yang bisa membuat ban kempes, sehingga membahayakan pengendara.  

1. Kebocoran

Kebocoran pada ban bisa disebabkan berbagai hal, di antaranya: tertusuk benda tajam, adanya kerusakan di dinding ban, dan permukaan ban yang robek. 

Letak kebocoran bisa saja sangat kecil, sehingga sulit untuk langsung terdeteksi. Namun, ban yang bocor akan tampak kempes dan mengeluarkan suara udara yang terdengar dari letak kebocoran. 

2. Katup Ban Tidak Tertutup

Katup ban yang tidak tertutup rapat juga bisa membuat ban menjadi kempes. Katup sendiri merupakan bagian dari ban yang membuat udara masuk dan keluar dari ban motor. 

Jika katup rusak, maka udara akan keluar sepenuhnya dari dalam dan ban akan menjadi kempes. Jadi, pastikan katup atau pentil ban tertutup dengan benar guna menghindari ban kempes. 

3. Kurang Tekanan Angin

Penyebab ban motor kempes yang selanjutnya adalah kurangnya tekanan angin. Ban yang kurang tekanan angin dapat mengurangi kemampuan lipatan di dinding samping ban untuk menahan beban sepeda motor. Jika ban tidak mampu menahan beban sepeda motor, maka itu akan menyebabkan kecelakaan di jalan.  

4. Ban Sudah Tipis

Kondisi ban yang sudah tipis bisa menyebabkan ban jadi kempes. Hal ini karena daya tahannya tidak lagi dapat menahan beban motor. Ban motor yang sudah tipis tidak akan tahan lama untuk digunakan, karena besar kemungkinan udara akan keluar sendirinya melalui permukaan ban yang sudah tipis. 

5. Pelek Bermasalah

Pelek motor yang sudah berumur akan memunculkan bagian yang keropos dan membuat bibir ban menjadi sobek. Bibir ban yang sobek meningkatkan risiko ban untuk menjadi kempes. Sela-sela bibir pelek yang bengkok juga bisa menjadi penyebab bocornya ban motor.  

Ban motor kempes bisa disebabkan karena berbagai faktor. Bukan hanya tertusuk benda tajam di jalanan, kempesnya ban motor juga dapat diakibatkan oleh kondisi buruk dari komponen lainnya. Oleh karena itu, rutinlah mengecek kondisi ban dan komponen lainnya dari motor untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.