5 Perbedaan Vario 160 CBS dan ABS yang Perlu Diketahui

Vario 160 CBS dan ABS adalah generasi penerus Honda Vario 150. Honda Vario 160 memberi 2 pilihan tipe, yaitu dilengkapi dengan CBS atau Combi Brake System dan dilengkapi dengan ABS atau Anti-lock Brake System. Calon pembeli memiliki lebih banyak keleluasaan untuk memilih.

Honda dikenal produktif mengeluarkan motor matic untuk kelas di bawah 250cc. Honda juga inovatif dalam memberikan pilihan-pilihan kepada konsumennya, seperti sistem pengereman CBS dan ABS pada Vario 160 ini. Kedua fitur ini memiliki perbedaan yang perlu diketahui sebelum membeli Vario 160.

5 Perbedaan Vario 160 CBS dan ABS

Ditilik dari terjemahannya, CBS dan ABS berkaitan dengan sistem pengereman. Sistem pengeraman berfungsi untuk menjaga agar ban motor tidak slip atau terkunci ketika dilakukan pengereman mendadak. Ban motor yang slip akan membuat pengendara jatuh. Secara detil, keduanya tentu berbeda. Berikut adalah 5 perbedaan Vario 160 CBS dan ABS tersebut.

1. Pengereman

Vario 160 ABS menggunakan rem cakram hidrolik di kedua rodanya yang bekerja secara otomatis. Diameter piringan cakram roda depan adalah 220 mm.

Vario 160 CBS menggunakan rem yang bekerja secara mekanis, yaitu rem cakram hidrolik di bagian depan dan rem tromol di bagian belakang seperti Vario 150.

Selain itu, Vario 160 ABS sudah tidak dilengkapi dengan parking brake lock, sementara yang CBS masih memiliki parking brake lock.

2. Warna

Warna memang bukan merupakan bagian dari fitur teknis, namun sering kali warna justru menentukan keputusan konsumen untuk membeli sebuah motor.

Vario 160 ABS menawarkan pilihan warna grande matte white, active black dan grande matte black. Belum diperolah informasi mengapa pilihan warna yang ditawarkan adalah hanya hitam dan sedikit putih. Sementara peleknya berwarna bronze.

Sedangkan Vario 160 CBS menyediakan pilihan warna grande matte red, active black dan grande matte black. Untuk peleknya berwarna hitam. 

Jadi pembeda warna antara tipe ABS dan CBS adalah di warna merah dan putih. Dengan demikian, Vario 160 secara keseluruhan tampil dengan warna netral dan solid.

3. Bobot

Vario 160 ABS memiliki bobot 117 kg, sementara yang CBS berbobot 115 kg. Ini bisa dipahami karena adanya tambahan komponen pengereman dalam sistem ABS.

4. Logo

Logo kedua motor tentu sama karena semuanya produksi Honda. Namun material atau bahan  logo tersebut berbeda. Logo Vario 160 ABS berbentuk 3D, sementara yang CBS berupa stiker.

5. Harga

Secara logika, Vario 160 ABS akan lebih mahal karena penggunaan rem cakram hidrolik di kedua roda. Dalam situs resmi Astra Honda, Vario 160 ABS dihargai mulai Rp29.413.000, sementara Vario 160 CBS berharga mulai Rp26.539.000.

Itulah 5 perbedaan Honda Vario 160 CBS dan ABS yang perlu diketahui. Dengan informasi tentang detil perbedaan tersebut, calon pembeli bisa menentukan pilihan sesuai dengan keinginan.