5 Rekomendasi Aki Motor Vario 150 yang Terbaik

Aki adalah komponen penting yang terdapat pada motor dan berfungsi sebagai penyimpan energi listrik. Mirip dengan baterai pada smartphone, listrik yang disimpan pada aki digunakan untuk menyalakan mesin dan mengoperasikan sistem kelistrikan. Untuk itu, pemilihan aki yang bagus menjadi hal penting termasuk pada aki motor Vario 150. 

Sebelum mengganti aki motor, pastikan untuk terlebih dahulu mencari tahu mana aki yang berkualitas tinggi. Pilihlah jenis aki yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan dan sesuai dengan anggaran. 

5 Rekomendasi Aki Motor Vario 150

Berikut adalah beberapa rekomendasi aki motor Vario 150 yang dapat dijadikan pertimbangan. 

1. X-SMART NS ACCU (AKI) NTZ 5S

Rekomendasi pertama adalah aki X-SMART NS ACCU NTZ 5S yang dilengkapi dengan teknologi Xtreme Frame. Teknologi ini tahan bocor, tidak menyebabkan korosi pada motor, dan menjaga mesin motor tetap baik.  

Aki kering ini dapat diisi ulang dengan harga yang terjangkau. Dibanderol mulai dari Rp210.000, aki ini memberikan garansi selama 12-18 bulan untuk memberikan pengalaman yang terbaik dalam berkendara. 

2. X-SMART NS ACCU (AKI) NTZ 6V

Selanjutnya, yaitu aki X-SMART NS ACCU NTZ 6V yang lebih premium dibanding sebelumnya. Dilengkapi teknologi Xtreme Frame, aki ini dibanderol lebih mahal dari varian NTZ 5S, tetapi masih terjangkau, yaitu seharga Rp252.000. 

3. Aki Varian Fujiku Battery MF GTZHS

Aki merek ini telah terjamin aman dan memberikan performa yang optimal pada kendaraan bermotor. Baterainya mampu bertahan lama. Banyak pengendara sepeda motor di Indonesia memilih varian aki ini, termasuk para pengendara motor Vario. Aki ini dibanderol dengan mulai dari Rp150.000. 

4. Aki Varian GS Astra MF GTZ5S

Aki dengan merk ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi motor matik. Terkenal sebagai aki yang awet, tahan lama, dan kuat, aki ini dapat mengalirkan listrik dengan jumlah yang besar dan stabil. Harganya mulai dari Rp200.000.

5. Aki Varian Aspira 11-GTZ-6VMF

Aki Apira 11-GTZ-6VMF adalah aki khusus untuk motor matik, seperti: Vario, Scoopy, dan BeAT. Aki ini memiliki tegangan 12 volt dan bebas akan perawatan karena diproduksi dengan teknologi valve regulates lead acid. Harganya dimulai dari Rp200.000.

Cara Merawat Aki

Setelah memilih aki yang tepat, penting untuk merawat aki dengan benar agar kinerjanya tetap optimal. Berikut adalah cara merawatnya: 

  • Rutin berkendara dengan motor dapat menjadi cara yang terbaik menjaga agar aki tetap sehat dan dalam kondisi baik. Ketika jarang dikendarai, maka sel-sel aki akan cepat mati dan mengganggu reaksi antara cairan elektrolit dan pelat elektroda. Jika tidak dikendarai, setidaknya panaskanlah motor selama 15 menit setiap harinya.

  • Matikanlah sistem kelistrikan saat motor tidak digunakan, seperti lampu. Lampu yang menyala terus akan mengganggu suplai listrik dalam jangka panjang.

  • Hindari penggunaan aksesori yang berlebihan, karena pemasangan aksesori baru dapat menambah beban listrik, sehingga cepat merusak aki. 

Demikianlah berbagai rekomendasi aki motor Vario 150 yang terbaik. Pilihlah aki yang sesuai dengan jenis kendaraan dan kebutuhan Anda.