5 Rekomendasi Cairan Ban Tubeless yang Terbaik untuk Kendaraan

Ketahanan ban tubeless bisa dijaga dengan memberikan cairan antibocor khusus untuk ban tersebut. Ada rekomendasi cairan ban tubeless terbaik yang bisa Anda gunakan pada ban kendaraan untuk menjaganya agar tetap awet. 

 

Sesuai namanya, cairan antibocor untuk ban tubeless mampu memberikan perlindungan maksimal pada ban, terutama jika ban terkena benda tajam, seperti paku. Ban tidak akan mudah kempes dan bocor, sehingga bisa lebih tahan lama untuk digunakan. 

5 Rekomendasi Cairan Ban Tubeless untuk Kendaraan 

Ada banyak jenis cairan ban tubeless yang bisa dipilih untuk menjaga ketahanan ban. Namun, bagi Anda yang mencari rekomendasi terbaik, berikut adalah beberapa merek cairan ban yang bisa digunakan sebagai referensi.

1. Jossz  

Rekomendasi pertama adalah Jossz dengan ukuran 250 ml. Cairan ini dibanderol dengan harga Rp32.000. Cairan ini bisa didapatkan di bengkel kendaraan, salah satunya Planet Ban. 

2. X-Guard   

Selanjutnya ada X-Guard yang memiliki ukuran 350 ml. Sama seperti produk sebelumnya, cairan antibocor ini bisa didapatkan di bengkel Planet Ban dengan harga Rp38.000. 

3. M-One Tyre Sealant  

M-One Tyre Sealant adalah produk cairan antibocor lainnya yang bisa melapisi ban kendaraan untuk mencegah kebocoran dan memperpanjang usia ban. Harga produk berukuran 500 ml ini dibanderol mulai Rp33.000. 

4. Aspira   

Hadir dengan harga yang terjangkau, yakni mulai dari Rp30.000, cairan antibocor berukuran 350 ml dari Aspira bisa menjadi pilihan berikutnya. Cairan ini bisa digunakan untuk ban motor tubeless dengan ukuran ring 14. 

5. KOBY  

Produk cairan untuk ban tubeless lainnya yang bisa dijadikan pilihan datang dari merek KOBY. Menghadirkan cairan dalam ukuran 500 ML, produk ini dibanderol dengan harga yang terjangkau, yakni mulai darai Rp35.000 dan bisa didapatkan melalui e-commerce

Cara Penggunaan Cairan Ban Tubeless dengan Benar

Tidak hanya mengetahui produk yang tepat untuk bisa digunakan pada ban tubeless kendaraan, Anda juga wajib tahu cara penggunaan cairan tersebut dengan benar. Penggunaan yang tepat akan memberikan efek maksimal pada ban kendaraan. Caranya adalah sebagai berikut:

 

  1. Siapkan cairan ban yang akan digunakan dan kocok terlebih dahulu apabila diperlukan. 

  2. Kempiskan ban tubeless dengan membuka katup atau pentil ban.

  3. Buka botol cairan antibocor dan salurkan cairan ke dalam ban menggunakan selang atau alat bantu lainnya. 

  4. Tunggu hingga seluruh cairan masuk ke dalam ban dan pastikan tidak ada cairan yang meluber keluar ban.

  5. Setelah cairan berhasil masuk, bersihkan bagian pentil dan pasang kembali katup ban. 


Setelah mengetahui rekomendasi cairan ban tubeless tersebut, kini Anda bisa memilih produk yang diinginkan untuk memberikan ketahanan pada ban kendaraan yang dimiliki. Pastikan untuk menggunakan cairan dengan benar agar ban tetap awet.