5 Rekomendasi Oli Motor Honda dan Harganya

Oli motor Honda mempunyai fungsi yang sangat penting untuk menunjang kinerja mesin kendaraan. Memilih merek oli perlu dilakukan dengan tepat agar motor terawat dengan baik dan awet. Oli mesin perlu dicocokkan dengan karakter mesin dan tipe motornya. 

Mengganti oli merupakan agenda rutin bulanan, tetapi tergantung juga pada kapasitas mesin. Idealnya penggantian oli dilakukan setiap interval 3.000–5.000 km. 

Rekomendasi Oli Motor Honda 

Ada banyak oli motor Honda dengan manfaat masing-masing tergantung kebutuhan mesin. Berikut adalah berbagai rekomendasi pelumas terbaik yang dapat menjadi pilihan para pengendara motor Honda.  

  1. AHM Oil

AHM oil merupakan jenis oli yang direkomendasikan oleh pabrikan Honda langsung dan terdiri dari berbagai varian, yaitu oli AHM MPX 1, AHM MPX 2, AHM MPX 3, AHM SPX 1, dan AHM SPX 2. 

Oli ini dapat diperuntukkan untuk motor jenis matic, bebek, dan sport. Untuk membedakannya, lihat kode angka di belakang tipe oli. 

Oli MPX menggunakan bahan dasar mineral, sedangkan oli SPX sintetik sepenuhnya. Oli MPX 1 dan SPX 1 mempunyai kekentalan yang sama dan digunakan untuk motor manual. 

Oli MPX 2 dan SPX 2 ditujukan khusus bagi untuk melindungi motor matic agar lebih irit dan bertenaga. Oli MPX 3 ditujukan bagi motor tipe kopling basah semi otomatis dan manual. 

Harga AHM Oil MPX 1 mulai dari Rp39.000, MPX 2 mulai dari Rp40.500, MPX 3 mulai dari RP34.000, SPX 1 mulai dari Rp48.000, dan SPX 2 mulai dari Rp39.000. 

  1. X-Ten

Oli X-Ten memiliki kandungan full synthetic ester yang membuat oli ini dua kali tahan lebih lama dibandingkan dengan merk dan varian oli lainya. 

Oli X-Ten tersedia dari 3 jenis. Pertama, botol biru yang ditujukan untuk semua jenis oli motor matic sesuai standar pabrikan dengan harga mulai dari Rp49.500. 

Kedua, botol ungu untuk motor matic berkapasitas 150 cc, seperti PCX dengan harga mulai dari Rp66.000. Kemudian ada juga botol oranye untuk motor manual dengan kapasitas di atas 150 cc dengan harga mulai dari Rp63.000.  

  1. Top 1 Action Matic 10W-4

Top 1 Action Matic 10W-4 ini memiliki kandungan full synthetic yang sangat tinggi, sehingga pemakaiannya awet. Oli ini menjadi salah satu pilihan oli terbaik untuk motor matic, karena mampu menghemat penggunaan bahan bakar dan dapat menghilangkan kerak di mesin. Oli ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp30.000. 

  1. Castrol Power-1 Scooter 10W-40

Oli Castrol Power-1 Scooter 10W-40 ditujukan khusus untuk mesin motor matic keluaran terbaru guna meningkatkan tenaga mesin kendaraan. Oli ini dijual dengan harga mulai dari Rp48.500.

  1. Pertamina Enduro Matic-V 10W-40

Oli ini diproduksi langsung oleh PT. Pertamina khusus motor matic dengan kapasitas di atas 150cc. Oli Enduro ini dijual dengan harga mulai dari Rp45.000.

Demikian rekomendasi oli motor Honda terbaik. Pilihlah oli motor dengan bijak dan teliti sesuai dengan kebutuhan agar motor terlindungi dan tidak cepat rusak.