6 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik dan Tahan Lama

Memilih rekomendasi oli motor matic yang tepat dapat membuat performa kendaraan Anda menjadi lebih baik. Terlebih menjelang momen lebaran ini, Anda perlu memastikan kondisi kendaraan tetap prima supaya tali silaturahmi tetap terjaga. 

 

Oli motor memang menjadi bagian yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Hal tersebut karena oli berfungsi sebagai pelumas untuk mengurangi kerusakan akibat gesekan antarsuku cadang. 

 

Selain itu, oli motor juga berfungsi sebagai pendingin ketika mesin motor dihidupkan. Penggunaan oli yang tepat dapat menjaga suhu mesin tetap ideal. 

 

Akan tetapi, seiring pemakaian yang terus-menerus, oli mesin dapat menguap. Jadi, Anda perlu melakukan penggantian oli secara berkala, yang biasanya sekitar 3 sampai 6 bulan setelah penggunaan.  

Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik 

Untuk mendapatkan performa terbaik, Anda perlu jeli dalam menentukan pilihan oli yang ingin digunakan. Intip rekomendasi oli motor matic dengan harga yang ramah kantong berikut ini. 

1. X-Ten 10W30 Matic 0.8L

Bagi pengguna motor matic dengan kapasitas 125 cc, seperti: BeAT, Mio, Vario, Sky Wave, dan Scoopy, merek oli satu ini sangat bagus untuk mendapatkan performa mesin terbaik.  

 

Harganya pun cukup ramah kantong. Hanya dengan Rp49.500, Anda bisa mendapatkan oli merek X-Ten kemasan 800 ml dengan layanan ganti oli secara gratis.   

2. Federal Oil - Federal Matic 30 Ecomaxx 

Oli jenis ini sangat cocok bagi pengguna motor matic dengan kapasitas 125 cc sampai 150 cc. Oli ini mempunyai spesifikasi AE 10W-30 API SL JASO MB yang berfungsi sebagai pelumas sintetik pada motor matic.   

 

Federal Matic Ecomaxx 30 dibanderol dengan harga kisaran Rp28.000 sampai Rp120.000 untuk ukuran kemasan 800 ml.  

3. Yamalube - Super Matic 

Rekomendasi selanjutnya adalah Yamalube Super Matic Oil. Oli jenis ini cocok bagi pengguna motor matic 4 tak premium. 

 

Hal tersebut karena motor matic ini biasanya memerlukan pelumasan maksimal dengan putaran mesin yang cukup tinggi. 

 

Yamalube Super Matic termasuk pelumas sintetik dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk ukuran kemasan 1000 ml, Anda dapat memperolehnya dengan kisaran harga Rp34.000 sampai Rp83.000. 

4. Top 1 Action Matic

Oli merek ini mempunyai masa pakai yang cukup lama, karena menggunakan bahan sintetik yang lebih tinggi. Top 1 Action Matic sudah memiliki standar JASO dan API, sehingga menawarkan sensasi berkendara yang lebih halus.  

 

Hanya dengan uang senilai Rp32.500-Rp90.000 saja, Anda bisa mendapatkan oli ini dengan kemasan 800 ml-1000 ml.    

5. Pertamina Pelumas Enduro Matic G Oli Matic 

Bagi pengguna motor yang sering mengalami kemacetan di jalanan, oli ini menjadi pilihan yang tepat. Kandungan oil sintetik ini menjaga kondisi mesin tetap prima, sehingga tidak mudah panas dan berkarat. 

 

Selain itu, oli ini juga memiliki masa pakai yang lebih lama, karena mampu bertahan dari oksidasi dan degradasi yang disebabkan oleh radiasi panas. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp36.000-Rp100.000 untuk mendapatkan performa terbaik dari oli ini. 

6. Oli Mpx2 Matic Ahm Original 800ml

Oli keluaran Astra Honda Motor (AHM) ini dapat menjadi pilihan tepat untuk mengganti oli motor Anda. Oli jenis ini mempunyai tingkat kekentalan yang lumayan baik, sehingga dapat melumasi bagian mesin secara menyeluruh dengan sempurna. 

 

Dibanderol kisaran harga Rp34.000-Rp100.000, Anda bisa mendapatkan performa mesin yang lebih baik. Apalagi oli jenis ini lebih ramah lingkungan untuk penggunaan dalam jangka panjang. 

 

Itulah beberapa rekomendasi oli motor matic yang dapat dijadikan sebagai referensi sebelum mengganti oli motor Anda. Jangan sampai Anda terlambat mengganti oli motor agar bisa menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.