7 Ciri Ban Motor Harus Diganti, Kenali Tanda Peringatannya

Ban motor yang dalam kondisi optimal sangat penting untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan saat berkendara. Mengenali ciri-ciri ban motor harus diganti adalah langkah positif dan proaktif untuk menjaga performa kendaraan. 

 

Dikutip dari jurnal Pengaruh Beban dan Tekanan Udara Dalam Ban Terhadap Traksi Maksimum Ban Sepeda Motor Roda Belakang, Sulaeman & Abdul Rahman, (67), di antara banyaknya penyebab kecelakaan lalu lintas, kondisi ban adalah penyebab paling umum. Hal ini karena ban pada roda motor adalah bagian yang bersentuhan langsung dengan medan berkendara.  

 

Maka dari itu, demi keselamatan dalam berkendara, sangat penting untuk memperhatikan kondisi ban dengan saksama dan menggantinya pada waktu yang tepat dengan ban yang berkualitas.   

7 Ciri Ban Motor Harus Diganti 

Ada beberapa hal yang dapat menjadi indikasi bahwa ban motor Anda perlu diganti. Berikut adalah beberapa ciri ban motor harus diganti yang perlu diperhatikan semua pengendara. 

1. Tread Wear

Periksa kedalaman alur ban atau tread secara teratur setiap 3-4 bulan sekali. Jika tread ban sudah mencapai batas minimum yang ditentukan oleh setelan pabrik, biasanya mulai muncul tanda-tanda yang mengindikasikan ketebalan tread yang muncul. Hal ini adalah pertanda bahwa ban motor sudah harus diganti.     

2. Timbul Retakan atau Robekan

Ciri selanjutnya adalah terdapat keretakan atau robekan di dinding samping ban. Hal ini menandakan bahwa struktur karet ban sudah mengalami kerusakan yang sangat serius. Ban yang retak atau robek dapat mengancam keamanan berkendara, karena mengurangi stabilitas kendaraan, sehingga menandakan bahwa ban harus segera diganti.   

3. Bentuk Ban Tidak Rata

Apabila Anda menemukan kondisi ban terlihat tidak rata atau timbul tonjolan di permukaan ban, maka hal itu adalah tanda bahwa ban mengalami masalah di bagian struktural. Ban yang tidak memiliki bentuk rata pasti dapat memengaruhi stabilitas motor, terutama saat membawa beban. Hal itu mengganggu kenyamanan dan menimbulkan risiko saat berkendara, sehingga wajib untuk segera mengganti ban motor ketika ban mulai tidak rata.  

4. Usia Penggunaan Ban 

Ban motor memiliki batas usia penggunaan sekalipun frekuensi berkendaranya terhitung jarang. Apabila ban sudah mencapai usia tertentu, walaupun masih terlihat dalam kondisi baik, tetap disarankan untuk mengganti ban. Hal ini disebabkan karena karet cenderung mengalami pengerasan dan kehilangan elastisitas, atau bahkan menjadi rapuh apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama.

5. Performa Berkendara Mengalami Penurunan

Saat Anda merasakan adanya perubahan dalam performa berkendara, seperti kurangnya traksi atau ketidakstabilan dalam perjalanan, maka itu menandakan bahwa ban sudah tidak lagi bekerja optimal, sehingga harus segera diganti.

6. Ban Tidak Seimbang atau Mengalami Getaran

Motor yang tidak seimbang atau mengalami getaran yang tidak biasa saat berkendara menandakan adanya masalah pada ban. Hal ini terjadi karena ban adalah permukaan yang pertama kali bersentuhan dengan jalan. 

 

Pengecekan dan penyesuaian keseimbangan diperlukan pada kondisi ini. Bahkan penggantian ban perlu dilakukan apabila sudah ketidakseimbangannya sudah cukup parah. 

7. Indikator Tekanan Ban

Saat ini, kebanyakan ban sudah dilengkapi dengan indikator tekanan. Apabila indikator tekanan ban menunjukkan tekanan rendah secara terus-menerus, maka itu menunjukkan adanya masalah di dalam struktur ban atau klep, sehingga harus segera diperiksa.  

 

Apabila ciri-ciri ban motor harus diganti di atas terjadi pada motor Anda, maka segera periksa kondisi ban di bengkel tepercaya. Ikuti saran penggantian ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrik untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.