9 Sepeda Motor Roda 3 dan Fungsinya

Pada umumnya, sepeda motor lebih dikenal sebagai kendaraan roda 2 atau two wheeled vehicle. Namun, ternyata, ada varian sepeda motor yang memiliki roda 3, yaitu sepeda motor roda 3 atau 3 wheeled motorcycle yang akhir-akhir ini mulai marak dijumpai. Apalagi sudah banyak merek dan tipe kendaraan roda tiga ini yang mulai masuk ke pasar otomotif di Indonesia. 

Uniknya, sepeda motor roda tiga ini tidak terbatas hanya sebagai kendaraan transportasi atau mobilisasi sehari-hari. Sebab, dalam proses distribusi, sepeda motor roda tiga juga kerap digunakan untuk mendistribusikan barang dagangan di dalam berbagai industri. 

Berkenalan dengan Sepeda Motor Roda Tiga

Seperti namanya, sepeda motor roda 3 adalah sepeda motor yang memiliki 3 roda, sehingga memiliki parts yang lebih banyak daripada sepeda motor roda 2. Dalam segi keseimbangan, secara sekilas, sepeda motor roda tiga terlihat lebih simetris dan lebih seimbang dibandingkan sepeda motor roda 2 biasa. 

Namun, sebenarnya itu tidak sepenuhnya tepat. Sepeda motor roda tiga memang lebih mudah untuk diseimbangkan, tetapi sepeda motor roda tiga juga rawan terguling. Selain itu, sepeda motor roda tiga juga akan lebih sulit untuk bermanuver apalagi di belokan tajam. Hal ini menjadi alasan utama mengapa tidak semua sepeda motor dibuat memiliki roda tiga. 

Salah satu alasan untuk memilih sepeda motor roda tiga adalah untuk memudahkan pengangkutan barang dalam jumlah yang cukup banyak. Dengan adanya 2 roda di bagian belakang, pengemudi tidak perlu bersusah payah menyeimbangkan muatan dari sepeda motor roda tiga dan dapat lebih tenang dalam mengendalikan kemudi. Oleh karena itu, sepeda motor roda tiga memiliki beberapa fungsi yang lebih spesifik dibandingkan sepeda motor roda 2.  

Contoh Sepeda Motor Roda 3 

Ada beberapa merek sepeda motor roda 3 yang sudah masuk di pasar Indonesia, yakni: 

  1. Viar Bit

  2.  Viar Karya 150

  3. Viar Karya 200

  4. Viar Karya 300

  5. TVS King Cargo

  6. Honda Gyro

  7. Piaggio Ape

  8. Uwinfly W1

  9. Uwinfly W2

Fungsi Sepeda Motor Roda Tiga

Sepeda motor roda 3 cenderung lebih cocok digunakan sebagai kendaraan untuk niaga, terutama distribusi produk. Hal ini karena sepeda motor roda tiga memiliki perawatan yang tergolong lebih mudah dan harga yang lebih murah dibandingkan truk, dengan kapasitas angkut yang lebih banyak daripada sepeda motor roda 2 atau bahkan beberapa mobil kecil. Berikut adalah beberapa fungsi sepeda motor roda tiga.  

1. Distribusi Barang dengan Harga Terjangkau untuk UMKM

Sepeda motor roda tiga pada umumnya tidak diperbolehkan untuk mengangkut manusia, kecuali memiliki izin khusus. Oleh karena itu, penggunaan sepeda motor roda tiga umumnya diperuntukkan bagi pengusaha yang membutuhkan angkutan untuk distribusi barang ke wilayah sekitarnya dengan jarak di bawah 60 km. 

 

Sepeda motor roda tiga cukup efisien untuk digunakan sebagai kendaraan distribusi dan sering digunakan untuk mengangkut barang oleh pengusaha, seperti pemilik laundry atau distributor air mineral galon dan gas LPG untuk mengantar barang pesanan konsumen.  

2. Kendaraan Alternatif bagi Orang Difabel

Sepeda motor roda tiga tergolong mudah untuk dikendarai, termasuk oleh penyandang disabilitas. Hal ini dikarenakan sepeda motor roda tiga tergolong mudah untuk diseimbangkan. 

Bahkan bagi sebagian penyandang disabilitas, sepeda motor beroda tiga bukan sekadar alat transportasi yang memudahkan mobilitas mereka di luar rumah. Namun, juga memberi kesempatan bagi mereka untuk menjadi pengusaha, memperoleh penghasilan, hingga meningkatkan rasa percaya diri karena tidak lagi banyak bergantung pada orang lain. 

 

3.   Mengangkut Barang di Jalan Sempit  

Di Indonesia, masih banyak daerah yang memiliki jalan tergolong sempit dan sulit dilalui oleh truk, ambulans, atau kendaraan besar lainnya. Sepeda motor roda tiga dapat menjadi solusi bagi permasalahan ini. 

Sepeda motor roda tiga sudah mulai digunakan untuk berbagai kendaraan operasional di Indonesia, mulai dari pengangkutan sampah, hingga sebagai ambulans di beberapa daerah tertentu dengan akses jalan yang tergolong sulit.  

Setelah mengenali apa itu sepeda motor roda 3 dan berbagai contohnya, apakah Anda tertarik untuk memiliki sepeda motor roda tiga?