Accu (akumulator) atau yang biasa kita disebut Aki merupakan salah satu alat pada bagian sepeda motor yang cukup penting keberadaannya. Selain untuk menyimpan tenaga listrik, Aki juga berfungsi sebagai supply system kelistrikan pada motor. Bayangkan saja jika alat ini tekor dan itu terjadi pada sepeda motor kesayangan anda, tentu akan membuat anda kesal dan aktifitas pun menjadi terganggu.

Anda telah terbiasa menghidupkan sepeda motor hanya dengan menekan tombol starter di sisi kanan bagian bagian batok kepala motor, kini anda mau tidak mau harus menekan tuas engkol yang terdapat di sisi kanan mesin motor.

Belum lagi jika motor yang anda kendarai berjenis skuter matic. Sungguh pasti bisa menjadi sangat menyebalkan, karena anda harus menurunkan standar tengah lalu mengengkolnya. Betapa repotnya bukan?

Hal yang mungkin bisa anda lakukan saat itu adalah menggantinya dengan aki yang baru. Tapi percaya atau tidak, dengan hanya mengganti aki lama dengan yang baru, anda sebenarnya telah tidak mengatasi permasalahan mengapa aki motor tersebut tekor. Itu sama artinya seperti hanya mengobati penyakit bukan mencegahnya.

Lalu, mengapa aki motor bisa tekor? apa saja penyebab aki tekor pada motor? Dan bagaimana cara mengatasi aki motor tekor terus? Yuk, ketahui jawabannya berikut ini.

Penyebab Aki Tekor pada Motor

Ternyata ada beberapa penyebab kenapa aki motor tekor terus. Berikut beberapa penyebab aki tekor pada motor yang wajib Anda ketahui.

Kurang Menjaga Kebersihan Aki

Meski terlihat sepele, ternyata menjaga kebersihan aki juga sama pentingnya dengan kebersihan mesin. Mengapa? Karena aki memiliki sifat kimiawi, jadi sangat rentan terhadap proses pengkaratan dan memiliki plak, khususnya pada bagian terminalnya. Jika hal ini terjadi, motor akan sulit di starter dan bersiaplah menyalakan motor dengan menurunkan standar tengah lalu mengengkolnya.

Pengikat Aki Terlepas/Rusak

Aki sebagai supply system kelistrikan pada kendaraan bermotor, juga perlu komponen perantara seperti kabel dan komponen pengikat serta sekrup, guna menghubungkan aliran listrik ke seluruh bagian motor.

Jika salah satu komponen ini tidak saling terlepas atau rusak, hampir dipastikan aki tidak akan berfungsi. Selain itu, hal ini juga akan mengakibatkan aki melemah dan mengalami kerusakan.

Kurang Memperhatikan Muatan Kapasitas Listrik

Percaya atau tidak, muatan kapasitas listrik pada aki motor bisa berkurang dalam waktu yang cukup singkat. Hal ini bisa disebabkan karena motor tidak pernah dihidupkan atau selalu dalam keadaan diam untuk waktu yang lama.

Perlu diketahui setiap aki mempunyai muatan kapasitas listrik yang bermacam-macam berdasarkan kegunaannya. Aki yang digunakan untuk sepeda motor biasanya  memiliki muatan kapasitas listrik 3-3.5 ampere bertegangan 12 volt.

Kiprok Bermasalah

Kiprok merupakan suatu komponen pada bagian motor yang berfungsi untuk mengatur pengisian aliran listrik pada aki. Jika kiprok rusak, sedikit banyak akan mempengaruhi produktivitas kerja aki. Hal ini bisa membuat aki cepat soak.

Untuk mengetahui jika kiprok pada motor anda bermasalah atau kerusakan, bisa dideteksi dengan cara menghidupkan mesin motor dan lampu utama, kemudian gas dengan kecepatan kira-kira  4000 hingga 5000 RPM. JIka tegangan listrik kurang atau lebih dari 14 – 15 volt, maka hampir dipastikan kiprok pada motor anda mengalami kerusakan.

Modifikasi Lampu Motor

Bagi anda yang gemar memodifikasi motor, khususnya pada bagian lampu, wajib hukumnya untuk mengetahui bahwa hal tersebut mampu membuat aki motor sangat cepat tekor. Hal ini disebabkan karena variasi lampu yang digunakan untuk motor, memerlukan aliran listrik yang cukup besar.  Dengan demikian kerja aki menjadi tidak seimbang. Ini dianalogikan seperti pemasukan tidak sesuai dengan yang pengeluaran.

Tips Cara Mengatasi Aki Motor Tekor

Nah, setelah Anda mengetahui beberapa penyebab aki tekor pada motor, selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai cara mengatasi aki motor tekor. Yuk, simak jangan sampai kelewatan.

Memeriksa Kebersihan dan Muatan Listrik Aki

Selain membersihkan body motor, ada baiknya di saat bersamaan anda juga membersihkan karat dan plak yang terdapat di terminal aki. Alat yang dapat digunakan untuk membersihkannya bisa menggunakan sikat gigi bekas, lap basah dan taburan vaselin.

Selain itu, perlu juga kiranya bagi anda untuk memeriksa muatan aki listrik. Pemeriksaan berkala ini dapat anda lakukan di saat bersamaan ketika hendak melakukan service motor berkala.  Jika terlewatkan, anda masih bisa melakukan pemeriksaan ini di tempat jasa service aki langganan anda dengan tolong langsung kepada petugasnya untuk melakukan proses ini.

Memeriksa Umur Aki

Aki yang biasanya digunakan untuk sepeda motor rata-rata memiliki durasi pemakaian sekitar 1-2 tahun. Jika durasi pemakaian melebihi dari perkiraan tersebut, hampir dipastikan aki anda sudah uzur.

Kalaupun anda mengganti aki yang rusak dengan yang baru, pastikan anda telah mencatat detail tanggal bulan dan tahun pembeliannya. Hal ini untuk mempermudah melakukan estimasi pergantian selanjutnya.

Melakukan Modifikasi Yang Sesuai

Menyulap atau memodifikasi motor sesuai dengan keinginan kita memang menjadi hal yang paling membanggakan. Tapi, sebelum menuju ke sana, yang harus dipertimbangkan adalah melakukan modifikasi yang sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya, Jika anda ingin menambahkan lampu yang cahayanya terang, maka muatan aliran listrik pun harus juga disesuaikan. Jadi semua harus seimbang antara yang masuk dan yang dikeluarkan.

Demikian alasan kenapa aki motor tekor terus, penyebabnya dan cara mengatasi aki motor tekor. Meski terlihat sederhana dan mudah, tapi tidak ada salahnya untuk anda coba mempraktikannya. Cari aki? #PlanetBanAja!