Alat dan Bahan Mengganti Oli Motor beserta Langkah Mudahnya, Cukup di Rumah Saja

Penggantian oli adalah salah satu cara merawat motor untuk menjaga performanya. Tak harus di bengkel, hal ini bisa dilakukan di rumah, karena alat dan bahan mengganti oli motor cukup mudah ditemukan.  

 

Selain itu, langkah penggantian oli di rumah juga tidak sulit dan tergolong lebih murah daripada dilakukan di bengkel, terlebih bengkel resmi. Namun, sebelum menggantinya, pemilik kendaraan harus memahami langkah-langkahnya dengan baik dan benar. 

Alat dan Bahan Mengganti Oli Motor 

Terdapat sejumlah alat dan bahan mengganti oli motor yang perlu disiapkan terlebih dahulu, yakni: 

1. Oli Mesin Motor yang Baru

Beli oli mesin sesuai kapasitas motor yang dimiliki. Agar tidak salah beli, ikuti instruksi yang ada di manual (buku petunjuk penggunaan) yang didapat saat membeli motor tersebut.    

2. Kunci Pas 

Dibutuhkan kunci pasyang sesuai untuk membuka baut lubang pembuangan oli. 

3. Filter Oli yang Baru 

Saat mengganti oli, sebaiknya ganti juga filternya guna menjaga kebersihan dari sistem pelumasan. 

4. Sekat Roda  

Sekat roda atau yang kadang disebut wheel chock mampu menjaga stabilitas motor selama penggantian oli. 

5. Penyedot Oli 

Manfaatkan penyedot oli alias oil drain pan untuk mengeluarkan oli lama dengan bersih dan praktis.     

6. Alat Pembersih dan Wadah Penampung     

Siapkan juga wadah yang cukup besar untuk menampung oli bekas. Anda bisa memakai ember atau panci sebagai wadah penampung. Selain itu, siapkan juga lap dan air bersih untuk membersihkan tangan dan bodi motor yang kotor. 

Langkah Mengganti Oli Motor 

Berikut adalah langkah lengkap untuk mengganti oli motor sendiri di rumah: 

1. Parkir Motor 

Pertama, parkirkan motor di tempat yang nyaman dengan permukaan jalan yang rata dan tidak ramai, agar tidak mengganggu aktivitas orang lain.   

2. Dinginkan Motor  

Mengganti oli saat mesin motor masih panas dapat mengakibatkan memuainya baut mesin, sehingga sulit dibuka. Selain itu, hal ini juga bisa menimbulkan risiko melepuhnya kulit jika tidak sengaja menyentuh bagian yang panas. Jadi, sebelum mengganti oli, pastikan motor sudah dalam kondisi dingin. 

3. Ganti Filter Oli 

Oleskan sedikit oli baru di seal filter. Kemudian, ganti filter oli dengan yang baru.   

4. Kuras Oli Mesin 

Selanjutnya, letakkan wadah penampung di bawah lubang pembuangan oli. Lalu buka baut penutup dari lubang pembuangan oli tersebut menggunakan kunci pas. 

 

Usai membukanya, sedot oli lama menggunakan penyedot oli dan biarkan mengalir begitu saja. Jangan semprotkan tekanan angin kompresor karena akan mengotori bagian dalam mesin kotor. 

 

Setelah oli lama terkuras habis, pastikan kebersihan baut penutup. Lalu pasang baut penutup itu kembali. Pasang ring aluminium untuk mencegah kebocoran oli mesin. Putar baut dengan tangan sampai maksimal. Sesudah itu, putar sampai kencang.  

5. Tuangkan Oli yang Baru 

Terakhir, tuangkan oli yang baru sesuai takaran yang dianjurkan pihak produsen sepeda motor. Setelah itu, bersihkan sisa-sisa oli yang mungkin ada di bodi motor atau bagian lainnya.   

 

Demikian alat dan bahan mengganti oli motor dan langkah-langkah selengkapnya. Ingatlah untuk mengganti oli secara rutin guna menjaga performa motor.