Apa Itu Nomor Seri Motor dan Fungsinya?

Nomor seri motor merupakan bukti terdaftarnya motor secara resmi di kepolisian. Oleh karena itu, pemilik motor harus mengetahui apa itu nomor seri motor dan fungsinya. 

Angka di nomor seri motor tidak selalu urut. Ada nomor seri yang terdiri dari angka acak. Meski begitu, nomor seri motor tetap bisa menunjukkan klasifikasi kendaraan. 

Mengenal Apa Itu Nomor Seri Motor 

Mari pahami apa itu nomor seri motor. Pengertian nomor seri motor adalah kode unik yang diberikan kepada setiap mesin kendaraan bermotor yang berperan sebagai identitas kendaraan bermotor. Nomor ini terdiri dari 8 digit rangkaian angka.  

Nomor ini tercatat di bagian atas Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bersama informasi lainnya, seperti nama pemilik dan nomor registrasi. Melalui nomor seri motor, jenis dan klasifikasi kendaraan bermotor bisa langsung diketahui.  

Nomor seri motor ini dibutuhkan untuk memperpanjang nomor STNK. Adapun fakta-fakta menarik lainnya tentang nomor seri motor di antaranya yaitu. Oleh sebab itu, pemilik motor sepatutnya mengetahui nomor seri motor miliknya.

Fungsi Nomor Seri Motor 

Nomor ini memiliki berbagai fungsi penting, di antaranya: 

1. Syarat Perpanjang STNK  

Nomor seri motor dibutuhkan untuk memperpanjang STNK. Masa aktif STNK sendiri harus diperpanjang setiap tahun atau setiap 5 tahun sekali untuk kendaraan yang memenuhi syarat. 

2. Bukti Kepemilikan Motor

Nomor seri motor ini merupakan bukti autentik dari kepemilikan kendaraan bermotor. Nomor seri ini menjadi bukti bahwa si pemilik motor telah sah memiliki kendaraan tersebut. 

Karena setiap kendaraan bermotor memiliki nomor seri yang berbeda-beda, maka dianjurkan untuk mengetahui nomor seri motor milik sendiri. Nomor ini dibentuk berdasarkan kode dan pengesahan motor.   

3. Rincian Informasi tentang Motor   

Di dalam nomor seri motor terdapat berbagai informasi mengenai motor. Mulai dari tahun produksi kendaraan, pabrik pembuat kendaraan, hingga model kendaraan. Dengan melihat nomor seri motor, maka pemilik bisa mengetahui semua informasi terperinci tentang motor miliknya.

4. Jenis Kendaraan

Nomor seri motor pada kendaraan juga menunjukkan jenisnya. Di dalam nomor seri tercantum kode berupa jenis kendaraan apakah itu mobil, motor, atau bus. Nomor seri motor tentu berbeda dengan nomor seri mobil dan bus. 

5. Ciri Khas Motor  

Setiap motor memiliki nomor seri yang berbeda-beda. Tidak ada satu pun jenis kendaraan bermotor yang memiliki nomor seri sama. 

Oleh sebab itu, nomor seri motor bisa menjadi ciri khas tersendiri bagi satu motor. Karena merupakan ciri khas dari motor, maka sudah sepatutnya pemilik motor mengenali nomor seri motornya. 

Itulah informasi mengenai apa itu nomor seri motor dan fungsinya. Nomor seri motor ini terletak di sisi atas STNK dan terdiri dari 8 digit yang berisi informasi rinci mengenai motor. Setiap kendaraan bermotor memiliki nomor seri yang berbeda.